Cari Blog Ini

Kamis, 09 Februari 2012

Contoh RPP PKn SD dalam bentuk model pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

       
Nama Sekolah      SD
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan       
Kelas        :  V (Lima)
Semester    :  I (Satu)

Bab 1

Standar Kompetensi       
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar   
1.1.    Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator
1.    Menunjukkan sisi utara, selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
2.    Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
3.    Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
4.    Menjelaskan fungsi wilayah darat NKRI.
5.    Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
6.    Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.

Alokasi Waktu            :        4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
2.     Siswa dapat mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya. 
3.    Siswa dapat memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
4.    Siswa memahami fungsi wilayah darat NKRI.
5.    Siswa memahami fungsi wilayah laut NKRI.
6.    Siswa memahami fungsi wilayah udara NKRI.

B.  Materi Ajar
1.      Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
2.      Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1    Pendekatan Kontekstual.
2    Pendekatan Cooperative Learning.
3    Diskusi dengan teman sebangku.
4    Tanya jawab.
5    Ceramah.
6    Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Awal
a)    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)    Guru dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.

2.   Kegiatan Inti
a)    Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.
b)    Guru menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
c)    Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
d)    Guru menyiapkan kelas diskusi.
e)    Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
f)    Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran.

3.  Kegiatan Penutup
a)    Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b)    Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c)    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.    Kegiatan Awal
a)    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)    Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman naik pesawat terbang.

2.   Kegiatan Inti
a)   Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
b)   Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
c)   Guru mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
d)   Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
c)   Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
d)   Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.

3.  Kegiatan Penutup
a)    Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b)    Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c)    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1    Peta dunia.
2    Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara.
3    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1—3.

    F.  Penilaian   
Teknik            : tugas kelompok.
Bentuk Instrumen           : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keaktifan anak    berdiskusi).
Contoh Instrumen       :   
1    NKRI adalah ....
2    Indonesia merupakan negara berbentuk ....
3    Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
4    Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
5    NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk ....

                                                 
                  
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
    
Nama Sekolah    :  SD
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan           
Kelas        :  V (Lima)
Semester    :   I (Satu)

Bab 1

Kompetensi Dasar   
1.2.    Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator
1    Memahami arti penting keutuhan NKRI.
2    Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
3    Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).

Alokasi Waktu: 6 x 35 menit (3 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat memahami arti penting keutuhan NKRI.
2.    Siswa dapat menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
3.    Siswa dapat menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.

B.   Materi Ajar
1    Arti penting keutuhan NKRI
2    Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa
3    Makna kesatuan wilayah Indonesia

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan Kontekstual.
2.    Pendekatan Cooperative Learning.
3.    Diskusi kelas.
4.    Tanya jawab.
5.    Ceramah.
6.    Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Awal
a)    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b)    Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan apa saja yang siswa lakukan setelah pulang dari sekolah.

2.   Kegiatan Inti
a)   Guru berceramah kepada siswa tentang kehidupan siswa yang damai dan tenang dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian, dan lain-lain); hubungannya dengan keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan Indonesia sebagai negara kesatuan; serta   legalitas negara yang lengkap dengan hukum dan peraturan.
b)   Guru mengatur kelas diskusi dan membagi jumlah siswa dalam beberapa kelompok.
c)   Siswa mendiskusikan arti penting keutuhan NKRI dengan panduan guru.
d)   Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran di depan teman-teman.
e)   Siswa lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.

3.  Kegiatan Penutup
a)    Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b)    Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c)    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.    Kegiatan Awal
a)    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b)    Guru dan siswa bertanya jawab tentang rutinitas siswa belajar di rumah.

2.   Kegiatan Inti
a)   Guru meminta seorang siswa membaca Pancasila dengan lantang di depan teman-teman, lalu siswa lain menirukannya.
b)   Siswa memperhatikan gambar lambang kelima sila pada burung garuda, dan guru menjelaskan makna lambang tersebut.
c)   Guru menunjuk lambang sila pada gambar burung garuda secara acak dan siswa menebak menyebutkan isi silanya secara bersama-sama.
d)   Guru bercerita tentang sebab-sebab dirumuskannya Pancasila.
e)   Guru mengatur kelas untuk berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa kelompok.
f)    Siswa mendiskusikan fungsi  Pancasila bagi NKRI dengan panduan guru.
g)   Siswa melaporkan hasil diskusi secara berkelompok.

3.  Kegiatan Penutup
a)    Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b)    Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c)    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.

Pertemuan Ketiga
1.    Kegiatan Awal
a)    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b)    Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kebiasaan membaca buku.

2.   Kegiatan Inti
a)   Guru memperkenalkan kosakata dalam berbagai segi kehidupan bernegara (misalnya kata “politik”, “sosial”, “budaya”, “ekonomi”, “pertahanan-keamanan”), lalu menjelaskan makna kata-kata itu secara general.
a)    Siswa dan guru bertanya jawab tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial,  budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan secara general.
b)    Guru menyiapkan kelas diskusi.
c)    Siswa berdiskusi tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
d)    Siswa melaporkan hasil diskusi.

3.  Kegiatan Penutup
a)    Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b)    Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c)   Guru mengingatkan siswa untuk memfotokopi gambar pada halaman 14—18 buku teks, serta membawa pensil warna atau cryon pada pertemuan selanjutnya.
c)    Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pertemuan.

E.   Sumber/Bahan Belajar
1.    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 5—9.
2.    Berbagai buku sejarah perjuangan bangsa.
3.    Burung garuda Pancasila, beserta tamengnya.
4.    Lagu ”Garuda Pancasila”.

    F.   Penilaian   
    Teknik            :     tugas berkelompok.
Bentuk Instrumen    :     penilaian lisan dan tertulis.
Contoh Instrumen    :   
1.    Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
2.    Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan? 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
       
Nama Sekolah    :  SD
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan           
Kelas        :  V (Lima)
Semester    :   I (Satu)


Bab 1

Kompetensi Dasar   
1.3.    Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator
Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memberi contoh dan memilih perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B.  Materi Ajar
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan Kontekstual.
2.    Pendekatan Cooperative Learning.
3.    Tanya jawab.
4.    Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Awal
a)    Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b)    Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai siswa berangkat ke sekolah.

2.   Kegiatan Inti
a)    Siswa dan guru bertanya jawab secara general tentang masalah-masalah keutuhan NKRI.
b)    Guru meminta siswa menyiapkan fotokopi gambar yang ada pada halaman 14—18 buku teks dan cryon atau pensil warna masing-masing.
c)   Siswa mulai bekerja mewarnai gambar yang ia pilih. 
d)   Siswa menceritakan isi gambar dan alasan memilih gambar secara lisan dan bergantian di depan teman-teman.

3.    Kegiatan Penutup    
a)    Guru bertanya kepada siswa tentang perasaan dan pikiran mereka tentang kegiatan yang baru saja dilakukan.
b)    Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
c)    Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang peraturan perundang-undangan pusat dan daerah.
d)   Pelajaran diakhiri dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
a)    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 14—18.
b)  Teman
c)    Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

    F.  Penilaian   
   
    Teknik             : tugas individu, ulangan harian.
Bentuk Instrumen    : penilaian lisan, penilaian sikap, penilaian unjuk kerja (keberanian anak menceritakan gambar).

Contoh Instrumen     :   
1.    Sikap pemeluk agama yang berlainan sebaiknya adalah .... (gambar a atau b)
2.    Apabila melakukan demonstrasi, sikap yang seharusnya dilakukan para peserta demonstrasi adalah .... (gambar a atau b)
3.   Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar a atau b)
                          
          
        Bayeun,     Nopember 2011
    Pembimbing (tutor)                                    Mahasiswa Semester VII




    ZAINUDDIN, S.Pd                                        KARTINAH
        NIM. 817367007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar