Cari Blog Ini

Minggu, 12 Februari 2012

Makanan

    MAKANAN

Makanan yang baik adalah makanan yang bergizi tinggi, mudah dicerna, dan higienis.  Makanan dikatakan bergizi apabila mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh.  Apapun makanan yang higienis adalah makanan yang tidak mengandung bibit penyakit dan racun.  Makanan bergizi dapat menyehatkan tubuh sehingga makanan bergizi dikatakan sebagai makanan sehat.

    Fungsi Makanan

Apakah makanan yang kamu makan memiliki fungsi yang sama untuk tubuhmu?  Tiap makanan memiliki fungsi yang bergantung kepada zat makanan yang terkandung di dalamnya.  Secara umum, makanan berfungsi sebagai sumber energi, pembangunan, pengganti sel-sel yang rusak, pengatur kerja alat-alat tubu, dan pelindung tubuh dari penyakit.

    Makanan sebagai sumber energi
Pada saat respirasi berlangsung, di dalam sel-sel tubuh terjadi proses pembakaran zat-zat makanan.  Proses ini disebut oksidasi biologis.  Pada prosesoksidasi biologis terjadi reaksi pengubahanmakanan menjadi karbon dioksida, uap air, dan energi. Proses ini dibantu oleh oksigen.

Makanan  +  oksigen   karbon dioksida   +  uap air  +  paket energi
C6H12O6      +        O2                    CO2                    +     H2O    +        ATP


Proses pembakaran  juga menghasilkan panas (kalor). Panas berguna untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetapsetabil. Suhu tubuh manusia yang sehat berkisar antara 36℃-37℃.  Itulah sebabnya ketika suhu menjadi dingin, kamu membutuhkan lebih banyak makanan.
Energi hasil oksidasi biologi berupa energi kimia dalam bentuk paket energi yang disebut ATP (adenosine triphos phat). Energi ini disimpan di dalam sel dan berguna untuk melakukan berbagai proses kehidupan. Itulah sebabnya makanan dikatakan sebagai sumber energi.  Energi dihitung dalam satuan kilokalori atau kilojoule (1 kilokalori = 4,2 kilojoule).
Zat makanan yang berfungsi sebagai sumber enegi utama adalah karbohodrat dan lemak/  Protein juga mengahasilkan energi, namun protein lebih berperan sebagai zat pembangun sel-sel tubuh.

    KarbohidratKarbohidrat disebut juga hidrat arang.  Karbohidrat merupakan senyawa kimia organic dan tersusun atas unsure karbonj ©, hydrogen (H), dan oksigen (O).  Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi.  Apabila dioksidasi, setiapgram karbahidrat menghasilkan 4,1 kilokalori akan menghasilkan energi sekitar 17,22 kilojoule (kj).
Karbohidrat terutama berasal dari tumbuhan, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian.  Karbohidrat dikelompokkan menjadi tiga golomgan, yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida.  Monosakarida merupakan karbohidrat yang paling sederhana.  Monosakarida dapat larut dalam air.  Contoh monosakarida yaiitu gula fruktosa, glukosa, dan galaktosa yang banyak terdapat dalam sayur-sayuran dan buah-buahan.
Disakarida lebih kompleks dibandingkan dengan monosakarida.  Disakarida terdiri atas dua buah monosakarida.  Seperti halnya monosakarida, disakarida juga larut dalam air.  Contoh disakarida adalah sukrosa (terdapat dalam gula tebu), laktosa (terdapat dalam susu), dan maltosa.
Polisakarida terdiri atas tiga atau lebih monosakarida.  Polisakarida sukar larut dalam air.  Contoh polisakarida adalah pati atau amilum yang terdapat dalam beras, jagung, dan umbi-umbian.
Pada saat proses pencernaan makanan, sumber karbohidrat ini akan dirombak menjadi monoisakarida.  Dalam bentuk monosakarida ini, karbohidrat diserap oleh tubuh.  Apabila kebutuhan karbohidrat telah terpenuhi, karbohidrat akan disimpan dalam tubuh.  Daerahpengimpanan Lemak, yaitu perut, sekeliling ginjal, dan jaringan bawah kulit. Deangan demikian, orang tersebut akan menjadi gemuk .  Sebaliknya, jika tubuh kekurangan karbohidrat, darah akan bersifat asam atau asidosis.  Keadaan ini menyebabkan kadar gula darah menjadi rendah atau hipoglikemia.  Gejala hipoglikemia antara lain kurus dan lemah, semangat kerja menurun, sering gugup, dan daya tahan tubuh berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar