Cari Blog Ini

Minggu, 12 Februari 2012

MENJAGA KEBERSIHAN ORGAN REPRODUKSI

1.    MENJAGA KEBERSIHAN ORGAN
REPRODUKSI

    Sejak lahir, manusia dikaruniai organ reproduksi.  Organ reproduksi diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk manusia, agar manusia dapat terus melangsungkan keturunannya.  Organ tersebut  sangat penting.  Bila kita tidam  mempunyai organ reproduksi, apa jadinya?  Salah satunya kita akan kesulitan untuk buang air kecil (kencing).

    Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita bersyukur atas apa-apa yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita. Diciptakan organ reproduksi untuk manusia sudah tentu ada fungsiny.  Apa yang harus kita lakukan terhadap organ reproduksi kita?

    Tuhan menciptakan manusia atas laki-laki dan perempuan.  Sudah tentu laki-laki dan perempuan memiliki organ reproduksi yang berbeda.  Berbeda bentuk, fungsi serta cara menjaga kebersihannya.

    Bagaimana cara kita menjaga kebersihan organ reproduksi? 

    Setiap manusia perlu menjaga kebersihan organ reproduksinya.  Terutama bagi wanita, apabila saat haid atau menstruasi.  Pada saat itu, tubuh wanita rentan terhadap penyakit. Cara membersihkan organ reproduksi untuk wanita, Mandi dengan air bersih sehari dua kali.  Bila haid atau menstruasi hendaknya mengganti pembalut setiap beberapa jam sekali, menggunakan pembalut yang bersih bebas kotoran dan berolah raga secara teratur, membasuh organ bila habis buang air kecil agar tidak gatal.

    Begitu pula dengan laki-laki, untuk menjaga kebersihan organ reproduksinya, hendaknya mandi dua kali sehari, mengganti pakaian dalam sehari dua kali, membasuh organnya sehabis buang air kecil, serta olah raga secara teratur.



2.    BERBAGAI PENYAKIT YANG BERHUBUNGAN
DENGAN ALAT PENCERNAAN MAKANAN

Kamu telah mempelajari alat pencernaan manusia.  Alat pencernaan tersebut dapat mengalami gangguan dan penyakit. Sariawan merupakan penyakit radang pada rongga mulut dan lidah.  Penyebab penyakit ini, diantaranya kekurangan vitamin C dan za besi, mengkomsumsi makanan dan minuman yang panas, serta kkurang terjaganya kebersihan.

MAG (radang lambung) adalah penyakit yang membuat lambung terasa perih dan mual.  Penyebab mag adalah asam lambung yang terlalu banyak, makan tidak teratur dan beban pikiran dapat menimbulkan penyakit ini.

Penyakit lainnya adalah penyakit diare.  Penyakit ini ditandai buang air besar terus-menerus.  Diare disebabkan oleh bakteri yang menyerang usus halus dan usus besar.


3.    KARBOHIDRAT

Karbohidrat berguna sebagai sumber energi utama bagi manusia.  Energi yang didapatkan dari karbohidrat digunakan manusia untuk melakukan aktifitas hidupnya, seperti  bekerja dan berolah raga.


4.    PROTEIN

Apakah kegunaan protein?  Protein berguna membangun sel tubuh, mengganti  telah sel-sel yang rusak, menghasilkan tenaga, dan memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit.


5.    LEMAK MINYAK

Jika kamu tidak makan dalam waktu yang cukup lama, karbohodrat dalam tubuhmu akan habis terpakai.  Jika karbohidrat telah habis, energi dari lemaklah yang kamu gunakan.  Lemak juga berguna melarutkan vitamin A, D, dan E, serta menjaga kehangatan suhu tubuh.

   
6.    VITAMIN

Jenis vitamin bermacam-macam. Setiap vitamin memiiki kegunaan yang bermacam-macam.  Untuk lebih jelasnya, bacalah uraian berikut.

    Salah satu jenis vitamin adalh vitamin A.  Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata dan kesehatan kulit.  Pernahkah kamu melihat orang yang rabun senja?  Orang tersebut mengalami kesulitan untuk melihat dengan jelas pada waktu senja.  Penyakit ini terjadi akibat kekurangan vitamin A.  Selain itu, vitamin A juga berguna menjaga kesehatan kulit.  Vitamin A terkandung dalam ikan, susu, hati, telur, wortel, papaya, dan tomat.

    Vitamin B berfungsi mencegah gangguan saraf, membantu pertumbuhan, menambah selera makan, serta menjaga kesehatan kulit dan mata.  Beras tumbuk dan  kacang tanah banyak mengandung vitamin B.

    Pernahkan kamu sariawan?  Penyakit tersebut dapat diakibatkan kekurangan vitamin C.  Vitamin C juga berguna meningkatkan daya tahan tubuh.  Vitamin C banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan segar.

    Vitamin lainnya adalah vitamin D, E dan K.  Vitamin D banyak terkandung dalam minyak ikan, susu, keju, mentega, kuning telur.  Vitamin ini berguna dalam pembentukan tulang dan gigi.  Vitamin E berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit.  Kuling telur, minyak ikan, minyak jagung, susu, dan wortel banyak mengandung vitamin E.  Adapun , vitamin K berguna untuk membantu mempercepat pembekuan darah.  Vitamin K banyak terkandung dalam sayur-sayuran, kacang kedelai, dan susu.


7.    MINERAL

Mineral umumnya berguna membangun rangka tubuh.  Selain itu, mineral juga berguna mengatur fungsi dan jalannya alat dalam tubuh.  Kalsim merupakan salah satu contoh mineral.  Kalsium berguna dalam pembentukan tulang dan gigi.  Kalsium terdapat didalam makanan, seperti susu, keju, dan kuning telur.


8.    A I R

Air berguna membantu melarutkan makanan dan mengangkut zat-zat makanan  dalam tubuh.  Air juga berguna mengatur pengeluaran sisa makanan yang tidak dibutuhkan.  Pengeluaran sisa makanan ini, yaitu melalui air seni (urin) dan keringat.  Fungsi yang lain dari air  adalah mengatur suhu tubuh dan sebagai penyusun tubuh.  Selain dari air yang kamu minum, air dapat diperoleh dari buah-buahan dan makanan yang kamu makan.


9.    CARA MENGOLAH SAYURAN YANG BENAR

Manfaat sayuran untuk kesehatan tidak perlu disangsikan.  Selain mengandung serat tinggi, sayuran juga merupakan sumber yang baik untuk pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral tertentu.  Namun zat gizi yang dikandung akan menurun jika sayuran itu rusak karena tidak tepat penanganannya.
Untuk mengurangi resiko kerusakan zat gizi yang terkandung dalam sayuran, dapat dilakukan hal-hal berikut :
1.    Sayur jenis umbi-umbian atau akar segera dicuci dengan air mengalir.  Mencuci sayuran dengan air mengalir dapat membersihkan kotorakan tanah dan pasir, menghilang binatang kecil, serta sisa bahan kimia, pupuk dan anti hama yang mungkin masih menempel.  Sebaiknya sayuran yang akan dimasak dicuci dahulu  lalu dipotong-potong.  Cara tersebut, selain praktis, juga mampu memperkecil kehilangan zat gizi yang larut air dan lebih mudah membersihkannya.
2.    Sayuran berdaun sebaiknya dimasak jangan terlalu lama.  Jangan mrebus atau menumis sayuran sampai daunnya berubah menjadi kekuningan karena struktur molekul klorofil dan vitamin A yang dikandungnya akan berubah.
3.    Jika hendak mengonsumsi sayuran dalam keadaan mentah sebagai lalapan sudah dicuci bersih atau disiram dengan air panas mengalir, lalu tiriskan.  Sayuran mentah yang kurang bersih mencucinya, termasuk sisa-sisa bahan kimia yang mungkin berbahaya.


10.    STRUKTUR DAN FUNGSI ALAT PEREDARAN
DARAH MANUSIA

    Didalam tubuh manusia terdapat suatu alat. Alat itu beredar dan berfungsi membawa zat makanan dan oksigen keseluruh tubuh.  Selanjutnya alat itu membawa zat sisa dari seluruh tubuh yang dibuang melalui alat ekskresi (alat pengeluaran).

    Alat yang berfungsi mengangkut dan mengedarkan zat makanan keseluruh tubuh disebut alat peredaran darah.  Zat yang beredar dan berfungsi sebagai pengangkut adalah darah.  Agar darah dapat beredar, diperlukan alat peredaran darah, yaitu jantung dan pembuluh darah.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar