Cari Blog Ini

Jumat, 10 Februari 2012

Metodologi PAKEM

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu 'alaikum Wr Wb.

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT.  Karena dengan qudrah dan iradah-Nya lah penulis telah dapat menyelesaikan bedah buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “  ini .
Pada kesempatan ini secara khusus penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman dan kerabat yang telah memberi petunjuk serta dorongan untuk menyelesaikan bedah buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “  ini .
Penulis menyadari bahwa bedah buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “  ini masih jauh dari kesempurnaan.  Walaupun penulis telah berusaha semaksimal mungkin serta dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang ada.
Akhirnya penulis mohon kepada Allah SWT memberi kekuatan untuk mendarma baktikan ilmu yang ada.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.



                                                                                                    Langsa,  Juli  2011
                                                                                                                          Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR  ...............................................................................................................           1
DAFTAR ISI ..............................................................................................................................           2
BAB  I  PENDAHULUAN ..........................................................................................................          3
A.    Latar Belakang  ....................................................................................................         3
B.    Masalah  .............................................................................................................         3
C.    Tujuan  ...............................................................................................................         3
BAB II  ISI BEDAH BUKU .........................................................................................................         4
BAB III  ANALISA  ..................................................................................................................          7
BAB  IV  PENUTUP  ................................................................................................................         7
A.    Kesimpulan  .......................................................................................................         7
B.    Saran-saran  .......................................................................................................        7








BAB  I  PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Yang melatar belakangi penulis mengadakan   bedah buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “, karena penulis tertarik  akan buku ini dan berpandanganbahwa buku ini  dapat bermanfaat bagi kalangan pendidik, secara kreatif, inovatif dan profesional yang berkesinambungan untuk kemajuan bangsa dan negara.
B.    Masalah
Berdasarkan analisa dan telaah yang telah penulis lakukan pada buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “  memaparkan secara gamblang dan konkret perihal :
1.    Langkah-langkah memajukan pendidikan
2.    Manajemen pengelolaan pendidikan
3.    Kepemimpinan pendidikan
Yang menjadi hal yang menarik bagi penulis untuk melakukan bedah buku terhadap buku ini, untuk lebih dapat mengambil manfaat yang tersirat di dalam buku ini yang nantinya akan dapat bermanfaat bagi penulis untuk menambah ilmu dan wawasan berfikir penulis dimasa mendatang, maka penulis berkesimpulan untuk segera melakukan bedah buku terhadap buku yan g berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “ ini.
C.    Tujuan
Yang menjadi tujuan utama dalam bedah buku ini bagi penulis adalah untuk dapat lebih dalam mengetahui apa-apa yang telah dipaparkan dan dibahas dan di sajikan oleh pengarang dalam bukunya yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “, yang pada akhirnya dapat memudahkan bagi penulis untuk memahami isi buku dan menelaah keutamaan ini dan kekurangan dalam penulisan buku ini yang tentunya untuk kebaikan dan kesempurnaan isi buku ini  dimasa mendatang.



















BAB  II  ISI BEDAH BUKU BERJUDUL
 “ Manajemen Penglolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional “

MENEROPONG TANTANGAN PENDIDIKAN GLOBAL

A. Tantangan eksternal
     1.  Globalisasi.
     2.  Kompleksitas.
     3.  Turbulence.
     4.  Dinamika.
     5.  Akselerasi.
     6.  Keberlanjutan dari kuno menuju modern.
     7.  Konektivitas.
     8.  Konvergensi.
     9.  Konsolidasi
   10. Rasionalisasi.
   11. Paradok Global
   12. Kekuatan pikiran.

B. Tantangan Internal
    a.  Untuk reputasi Akademik.
    b.  Untuk seleksi mahasiswa.
    c.  Untuk sumber-sumber fakultas.
    d.  Untuk hasil penelitian.

Langkah Efektif Memajukan Pendidikan
A.  Mengembangkan perpustakaan
     1.  Fungsi Edukatif.
     2.  Fungsi Informatik.
     3.  Fungsi Administratif.
     4.  Fungsi Rekreatif.
     5.  Fungsi Penelitian.
B.  Membiasakan Bahasa Asing
C.  Mengembangkan Kualitas Guru
D.  Melengkapi  Sarana Prasarana
E.  Memacu Kreatifitas
F.  Memantapkan Manajemen Kepemimpinan Profesional       

Urgensi Manajemen Pengelolan Pendidikan
A.  Pengertian Manajemen
B.  Manajemen Sebagai  Sistem
C.  Keterampilan Manajemen
     1.  Keterampilan Konsep
     2.  Keterampilan Manusiawi
     3.  Keterampilan Teknik

Urgensi Kepemimpinan Pendidikan
A.  Hakikat  Pemimpin
B.  Tipe-Tipe Kepemimpinan

Manajemen Konflik
A.  Macam-macam konflik
B.  Dampak konflik
C.  Tipe Manajemen Konflik

Tips Menjadi  Pemimpin Pendidikan Profesional
A.  Dua Belas Prinsip Utama
      1.  Visi Progresif
      2.  Manajemen Fungsional
      3.  Konsolidasi Internal
      4.  Profesionalisme
      5.  Transparansi Keuangan
      6.  Mengembangkan Network Relationship
      7.  Antisiatif
      8.  Diversifikasi
      9.  Menerapkan HighTeknology
    10.  Fokus Pembidangan
    11.  Pemberdayaan Masyarakat
   12.  Regenerasi

B.  Menuju Pemimpin Profesional
     1.  Menteri
          a.  Melihat secara obyektif kondisi lembaga pendidikan
          b.  Memberikan peratian yangadil kepada semua
          c.  Menjadi fasilitator dan dinamisator
          d.  Mendorong lahirnya penemuan-penemuan spektakuler
          e.  Memberikan perhatian lebih kepadasiswa berprestasi
     2.  Manajer
           a.  Fokus pada pengunaan jasa pendidikan (pelanggan)
           b.  Kepemimpinan
           c.  Perbaikan yang berkesinambungan
           d.  Manajemen SDM

1)  Dampak manajemen yang sentralistik
2)  Mekanisme pendanaan oleh pemerintah
3)  Manajemen dan organisasi
4)  Sumber daya manusia
1.    Perencanaan dan pengembangan sekolah
2.    Iklim dan budaya sekolah
3.    Harapan yang tinggi untuk berprestasi
4.    Pemantauan terhadap perkembangan siswa
5.    Kepemimpinan kepala sekolah
6.    Pengembangan guru dan staf
7.    Penguatan
8.    Keterlibatan orang tua dan masyarakat
9.    Keterlibatan dan tangggungjawab siswa
10.    Penghargaan dan insentif
11.    Tata tertib dan kedisiplinan

1.    Direktur
a.    Menangkap perubahan yang terjadi dengan ceepat
b.    Membuat kebijakan dan langkah-langkah jangka panjang yang strategis dan visioner
c.    Meendorong kompetisi yang berkualitas
d.    Melakukan koordinasi dan evaluasi komprehensip
2.    Kepala Sekolah
a.    Mengatur struktur dan kewenangan masing-masing
b.    Mengadakan rapat berkala dan situasional
c.    Menetapkan perencanaan kegiatan satu tahun
d.    Melakukan terobosan kegiatan
e.    Mengadakan kerja sama dengan pihak luar demi kemajuan sekolah
f.    Melakukan kaderisasi  kepemimpinan

1.    Kompetensi Kepribadian
a.    Memiliki integritas kepribadian yang kuatsebagai pemimpin
b.    Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah
c.    Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi
d.    Mampu mengendalikan diri dalam menhadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah
e.    Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan
2.    Kompetensi manajerial
a.    Mampu menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan
b.    Mampu mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan
c.    Mampu memimpin guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
d.    Mampu mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
e.    Mampu mengelola hubungan sekolah dengan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar dan pembiayaan sekolah
f.    Mampu mengelola kesiswaaan terutama dalam rangka penerimaan siswa baru, penempatan siswa, dan pengembangan kapasitas siswa
g.    Mampu mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
h.    Mampu mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
i.    Mampu mengelola ketata usahaaan sekolah dalam mendukung kegiatan –kegiatan sekolah
j.    Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan kesiswaan di sekolah
k.    Mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam menciptakan inovasi yang berguna bagi poenembangan sekolah
l.    Mampu menciptakan budaya dan iklim kerja yang kondusif bagi pembelajaran siswa
m.    Mampu mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
n.    Terampil dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah
o.    Terampil mengelola kegiatan produksi/jasa dalam mendukung sumber pembelajaran sekolah dan sebagai  sumber belajar siswa
p.    Mampu melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai standar pengawasan yang berlaku
3.    Kompetensi supervisi
a.    Mampu melaksanakan supervisi sesuai prosedur dan teknik-tekik yang tepat
b.    Mampu melaksanakan Monitoring, evaluasi dan pelaporan program pendidikan sesuai dengan prosedur yang tepat
4.    Kompetensi sosial
a.    Terampil bekerja sama dengan orang lain berdasarkan prinsip yang saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi sekolah
b.    Mampu berpartisipasi dalm kegiatan sosial kemasyarakatan
c.    Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain

Dari tiga peranan kepala sekolah sebagai manajer tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
a.    Peranan hubungan antar perseorangan
b.    Peranan informasional
c.    Sebagai pengambil keputusan
1.    Sebagai pendidik (educator)
2.    Sebagai manajer
3.    Sebagai administrator
4.    Sebagai supervisor
5.    Sebagai leader
6.    Sebagai inovator
7.    Sebagai motivator
5.    Wali kelas
a.    Seminggu sekali mengecek kondisi siswa
b.    Seminggu sekali mengecek kedisiplinan guru
c.    Kreatif memecahkan masalahsecara efektif
d.    Aktif memberikan motivasi
e.    Intensif melaporkan perkembangan siswa kepada kepala sekolah

BAB  III   ANALISA

Dengan terbitnya buku yang berjudul “ Manajemen Penglolaan dan kepemimpinan pendidikan profesional “, akan dapat bermanfaat bagi kalangan pendidik, baik guru, kepala sekolah maupun pelaku pendidikan lainnya, karena isi buku ini dapat menambah wawasan pembaca dari kalangan pendidik dan akan menumbuhkan kreativitas, inovatif dan profesional pendidik yang berkesinambungan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

BAB  IV  PENUTUP

A. Kesimpulan
                Dari hasil analisa penulis bahwa buku yang berjudul : “ Manajemen Pengelolaan dan KepemimpinanPendidikan Profesional”, membahas dan mengupas tentang perihal gaya kepemimpinan, pengelolaan dan pengorganisasian pendidikan secara profesional sesuai kebutuhan dan kemajuan zaman ini.

B.  Saran
Saran penulis sebaiknya didalam penulisan buku ini juga menekankan pengembangan pendidikan karakter bangas dan menejemen yang berbasis pada otoritas satuan pendidikan, yang kesemuanya itu dapat menumbuh kembangkan gaya kepemimpinan kependidikan,  pengelolaan pendidikan yang profesional dan berwawasan kebangsaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar