Cari Blog Ini

Jumat, 10 Februari 2012

Perkembangan hidup pribadi

KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu 'alaikum Wr Wb.


    Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT.  Karena dengan qudrah dan iradah-Nya lah kami telah dapat menyelesaikan makalah ini .
    Pada kesempatan ini secara khusus kami mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman dan kerabat yang telah memberi petunjuk dan dorongan untuk menyelesaikan makalah ini.
    Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.  Walaupun kami telah berusaha semaksimal mungkin serta dengan segala kemampuan dan penghetahuan yang ada.
    Akhirnya kami mohon kepada Allah SWT memberi kekuatan untuk mendarma baktikan ilmu yang ada.

    Wassalamu'alaikum Wr Wb.

                                                                                            Langsa,  Maret  2011
                                                                                                                     Penyusun

                                                                                                                 Kelompok V
                                                                                                  

DAFTAR ISI
            
KATA PENGANTAR        ………….........................................……………………………………………                      1
DAFTAR ISI      ………….........................................……………………………………………………...                         2

BAB      I     PENDAHULUAN     ………………......................................……………………………..                        3
   
BAB     II    PEMBAHASAN      ………………………....................................................……….                           3
            A.   Perkembangan Kehidupan Pribadi sebagai Individu   …...............………………….                      3
            B.   Perkembangan Kehidupan Pendidikan dan Karier       ……….........................….                      5
            C.   Tugas Perkembangan Remaja Berkenaan dengan Kehidupan Berkeluarg   ……                       7
            D.   Implikasi Tugas-Tugas Perkembangan Remaja dalam Penyelenggaraan
                   Pendidikan        …………............................................................………………….                         9

BAB    III   KESIMPULAN          ..................................................................................             10

DAFTAR PERPUSTAKAAN          ..............................................................................           11






PERKEMBANGAN KEHIDUPAN PRIBADI, PENDIDIKAN DAN KARIER, DAN KEHIDUPAN BERKELUARGA
BAB    I.   PENDAHULUAN
Pertumbuhan dan perkembangan individu secara positif dan komprehensif, pribadi-sosial, tujuan pendidikan, dan tujuan karir. kompetensi siswa yang mencakup Kehidupan keluarga.
Dalam hal ini pengunaan instrumen asesmen perkembangan dan kegiatan  baik masalah sosial-pribadi, karier, atau masalah pengembangan pendidikan.  Manajemen Stress,  Masalah dalam keluarga. Mengembangkan pemikiran tentang kehidupan beragama.
Lebih jauh pelaksanaan pendidikan di sekolah didasarkan pada kurikulum  bidang pendidikan, bidang karier,  bidang budaya maupun keluarga atau masyarakat.  Kehidupan global akan meningkatkan ekspektasi manusia akan status dan mutu.  Perkembangan dan kehidupannya, baik perkembangan dan kehidupan pribadi.

BAB.  I I.  PEMBAHASAN
A.    Perkembangan Kehidupan Pribadi sebagai Individu
1.     Pengertian Kehidupan Pribadi dan Karakteristiknya
©      Pada hakikatnya manusia merupakan pribadi yang utuh dan memiliki sifat-sifat sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
©      Kehidupan pribadi seseorang menyangkut berbagai aspek, yakni aspek emosional, sosial psikologis dan sosial budaya, dan kemampuan intelektual yang terpadu secara integrative dengan faktor kehidupan lingkungan.
2.     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Pribadi
©      Kehidupan keluarga beserta aspeknya.
©      Keturunan.
©      Lingkungan.
3.     Perbedaan Individu dalam Perkembangan Pribadi
©      Dua orang anak yang dibesarkan dalam satu keluarga akan menunjukkan sifat pribadi yang berbeda, karena hal itu ditentukan oleh bagaimana mereka masing-masing berinteraksi dan mengintegrasikan dirinya dengan lingkungannya.
4.     Pengaruh Perkembangan Kehidupan Pribadi terhadap Tingkah Laku
©      Jika sejak awal perkembangan kehidupan pribadi terbentuk secara terpadu dan harmonis, maka dapat diharapkan tingkah laku yang merupakan pengejawantahan berbagai aspek pribadi itu akan baik.
5.     Upaya Perkembangan Kehidupan Pribadi
©      Hidup sehat dan teratur serta pemanfaatan waktu secara baik.
©      Mengerjakan tugas dan pekerjaan praktis sehari-hari secara mandiri dengan penuh tanggung jawab.
©      Hidup bermasyarakat dengan melakukan pergaulan dengan sesama, terutama dengan teman sebaya.

B.    Perkembangan Kehidupan Pendidikan dan Karier
1.     Pengertian Kehidupan Pendidikan dan Karier
©      Kehidupan pendidikan merupakan pengalaman proses belajar yang dihayati sepanjang hidupnya, baik dalam jalur pendidikan sekolah maupun di luar sekolah.
©      Kehidupan karier merupakan pengalaman seseorang di dunia kerja.
2.     Karakteristik Kehidupan Pendidikan dan Karier
©      Lingkungan pendidikan keluarga
©      Masyarakat
©      Sekolah
3.     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kehidupan Pendidikan dan Karier
©      Faktor sosial ekonomi
©      Faktor lingkungan
©      Faktor pandangan hidup
4.     Pengaruh Perkembangan Kehidupan Pendidikan dan Karier terhadap Tingkah Laku dan Sikap
©      Pada jenjang pendidikan dasar yang kurikulumnya masih sangat umum, sekolah tersebut menyediakan pelajaran dasar yang belum bermakna sebagai pembekalan anak-anak untuk siap bekerja dan belum terarah kepemberian keterampilan tertentu untuk terjun ke dunia kerja di dalam masyarakat
©      Banyak pandangan yang menyatakan bahwa sekolah itu kurang membawa manfaat bagi hidupnya, mereka (golongan yang sosial ekonominya lemah) memandang bahwa sekolah tidak dapat memberikan pekerjaan baginya.
5.     Perbedaan Individu dalam Perkembangan Pendidikan dan Karier
©      Pencapaian tingkat pendidikan dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan atau IQ. Kehidupan pendidikan akan sangat bervariasi atau berbeda-beda seiring dengan perbedaan kemampuan berpikir atau IQ.

6.     Upaya Pengembangan Kehidupan Pendidikan dan Karier
a.      Perkembangan karier remaja
1.     tahap minat (umur 11-12 tahun)
2.     tahap kapasitas (12-14 tahun)
3.     tahap nilai (15-16 tahun)
4.     tahap transisi (17-18 tahun)
b.      Masalah yang dihadapi
©      Shertzer menyarankan untuk menghadapi remaja yang mengalami masalah atau kesulitan dalam memilih karier:
1.     pelajari dirimu sendiri
2.     di bidang apa kamu merasa paling sreg (comfortable)
3.     tulislah rencana dan cita-citamu secara formal
4.     dll
©      Dalam sistem pendidikan di Indonesia, remaja dapat dibantu mengatasi masalah perkembangan dan pilihan karier melalui layanan bimbingan karier di SMP dan SMA melalui kegiatan:
1.     pemahaman diri.
2.     pemahaman lingkungan.
3.     cara-cara mengatasi masalah dan hambatan dalam perencanaan dan pemilihan kerier sehubungan dengan kemungkinan keterbatasan lingkungan dan keadaan diri.
4.     perencanaan masa depan.
5.     usaha penyaluran, penempatan, pengaturan, dan penyesuaian.

C.    Tugas Perkembangan Remaja Berkenaan dengan Kehidupan Berkeluarga
1.     Pengertian Kehidupan Berkeluarga
©      Secara biologis pertumbuhan remaja telah mencapai kematangan seksual, yang berarti bahwa secara biologis remaja telah siap melakukan fungsi produksi. Kematangan fungsi seksual tersebut telah berpengaruh terhadap dorongan seksual remaja dan telah mulai tertarik dengan lawan jenis.
©      Berkenaan dengan upaya menetapkan pilihan pasangan hidup, perkembangan sosial psikologis remaja ditandai dengan upaya menarik lawan jenis dengan berbagai cara yang ditunjukkan dalam bentuk perilaku.
2.     Timbulnya Jatuh Cinta
©      Alasan atau faktor yang seseorang mengalami jatuh cinta bermacam-macam, antara lain adalah faktor kepribadian, faktor fisik, faktor budaya, latar belakang keluarga, dan faktor kemampuan.
©      Secord dan Backman (1974) menyatakan bahwa menciptakan hubungan yang intim, dicapai melalui tiga tahap, yaitu tahap eksplorasi, tahap panawaran, dan tahap komitmen.
©      Burgess dan Huston mengidentifikasi perubahan-perubahan perilaku remaja dalam melakukan pergaulan dengan lawan jenis, di antaranya:
1.     mereka lebih sering berhubungan dalam periode waktu agak lama.
2.     mereka terbuka satu sama lain tentang perasaan yang mereka rahasiakan dan secara fisik menunjukkan keakraban.
3.     mereka menjadi lebih terbiasa dan saling berbagi persaan suka dan duka.
4.     dll.
3.     Masyarakat dan Perkawinan
©      Perkawinan antara pria dan wanita bukan saja masalah yang didorong oleh faktor biologis, melainkan diatur oleh berbagai aturan atau norma yang berlaku di dalam kehidupan social kemasyarakatan
©      Di samping faktor fisik (biologis) dan psikologis, faktor-faktor lain yang menjadi pertimbangan dalam menetapkan calon pasangan hidup adalah kesamaan-kesamaan dalam hal ras, bangsa, agama, dan status sosial ekonomi.
D.    Implikasi Tugas-Tugas Perkembangan Remaja dalam Penyelenggaraan Pendidikan
a.      Pendidikan yang berlaku di Indonesia, baik pendidikan yang diselenggarakan di dalam sekolah maupun di luar sekolah, pada umumnya diselenggarakan dalam bentuk klasikal.
b.      Beberapa usaha yang perlu dilakukan di dalam penyelenggaraan pendidikan, sehubungan dengan minat dan kemampuan remaja yang dikaitkan terhadap cita-cita kehidupannya antara lain:
1.     bimbingan karier.
2.     memberikan latihan-latihan praktis terhadap siswa dengan berorientasi terhadap kondisi (tuntutan) lingkungan.
3.     penyusunan kurikulum yang komprehensif dengan mengembangkan kurikulum muatan lokal.
c.       Keberhasilan dalam memilih pasangan, hidup untuk membentuk keluarga benyak ditentukan oleh pengalaman dan penyelesaian tugas-tugas perkembangan masa-masa sebelumnya. Untuk mengembangkan model keluarga yang ideal maka perlu dilakukan bimbingan dan  etika  pergaulan, dan bimbingan siswa untuk memahami norma kehidupan masyarakat.
d.      Pendidikan tentang nilai kehidupan untuk mengenalkan norma kehidupan sosial masyarakat perlu dilakukan.

BAB. II.  KESIMPULAN
Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai  masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir.  Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu  diri dari berbagai permasalahan yang dapat menghambat perkembangan dirinya.
Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik, anggota keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas.  Perkembangan karir serta kehidupan-nya di masa yang akan datang.

       





DAFTAR PERPUSTAKAAN

1.    “Psikologi Perkembangan Remaja” /GAI, Aoes Dariyo, Psi , PENERBIT Ghalia Indonesia, 1997.
2.    “Bagaimana Anda Mendidik Anak”,     M. Sahlan Syafei, Drs. ,   PENERBIT Ghalia Indonesia, 1999. 
3.     Dedy N. Hidayat, "Paradigma dan Perkembangan Penelitian Komunikasi," Jurnal Ikatan ..... ”Judul skripsi/tesis/disertasi.” Level karya, fakultas dan universitas, ... Makalah disampaikan dalam Temu Ilmiah Nasional, Fakultas Psikologi , 2009.
4.    ......................., hakikat pendidikan, sosiologi hukum suatu pengantar (soerjono soekanto), 2011.
5.    http://www.find-docs.com/judul-judul-skripsi-psikologi-perkembangan-doc.html                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar