Cari Blog Ini

Kamis, 01 Oktober 2020

Definisi Iman

*Definisi Iman*

 

Al-Iman secara bahasa berarti kepercayaan. Sedangkan secara istilah, iman adalah suatu keadaan yang didasarkan pada keyakinan dan mencakup segi-segi perkataan dan perbuatan. Yaitu perkataan hati dan lisan, serta perbuatan hati dan anggota badan. Perkataan hati adalah ilmu yang diyakini. Perbuatan hati, seperti niat yang ikhlash, kecintaan kepada Alloh _subhanahu wa ta’ala_ takut kepada-Nya, tawakkal dan lainnya.

 

Perkataan lisan seperti dua kalimat syahadat, tasbih dan istighfar. Perbuatan anggota badan seperti  sholat, haji dan lainnya.

 

*Rukun Iman*

Ketika Rosululloh _solallohu ‘alaihi wa sallam_ ditanya oleh malaikat Jibril ‘alaihi salam_  tentang arti Islam dan Iman, maka beliau menjawab bahwa arti Islam adalah rukun Islam yang lima (yaitu amal serta perkataan anggota tubuh dan lisan) dan arti iman adalah rukun iman yang enam (yaitu amal dan perkataan hati), yaitu:

1)  Iman kepada Alloh _subhanahu wa ta’ala_

2)  Iman kepada para malaikat,

3)  Iman kepada kitab-kitab,

4)  Iman kepada para rosul,

5)  Iman kepada hari akhir,

6)  Iman kepada al-qodar, baik dan buruknya dari Alloh _subhanahu wa ta’ala_

Rosululloh _solallohu ‘alaihi wa sallam_ bersabda:

"Iman itu adalah engkau beriman kepada Alloh, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rosul-Nya dan hari akhir, serta beriman kepada qodar (takdir) yang baik dan yang buruk.” (HR. Muslim No. 8; Tirmidzi No. 2613 dan Abu Dawud No. 4695)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar