Cari Blog Ini

Jumat, 02 Oktober 2020

ZAKAT

 

SYARAT WAJIB ZAKAT

_Bismillahirrohmaanirrohim_

Zakat diwajibkan bagi yang memenuhi syarat-syarat berikut:

*a.  Islam*

Zakat hanya diwajibkan bagi orang Islam, adapun orang kafir tidak dibebani kewajiban membayar zakat, baik kafir harbi ataupun kafir dzimmi.

*b.  Merdeka*

Merdeka artinya bukan budak, adapun budak meskipun mampu membayar zakat maka tidak wajib membayarnya kecuali dia sudah merdeka.

*c.  Hartanya mencapai nishob*

Nishob adalah ukuran standar batas (minimal) harta yang ditetapkan syariat untuk dikenai kewajiban zakat. Nishob ini berbeda-beda sesuai dengan jenis harta.

*d. Mencapai Haul*

Harta tersebut telah dimiliki selama satu tahun penuh, kecuali hasil pertanian atau buah-buahan.

*e. Milik sendiri.*

Maksudnya harta itu dimiliki secara penuh oleh seorang diri, sehingga ia bebas mengelolanya dan tidak ada hubungan dengan hak orang lain.

 

ZAKAT FITRAH

 

_Bismillahirrohmaanirrohim_

Berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah

*Definisi Zakat Fitrah*

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan karena selesai dari Shoum Romadhon.

 

*Mereka yang wajib zakat Fitrah*

Zakat fitrah wajib bagi setiap muslim; budak dan orang merdeka, laki-laki dan wanita, anak kecil dan dewasa.

 

*Besaran Zakat Fitrah*

Zakat fitrah wajib dikeluarkan sebanyak 2,25 kg (1 sho) oleh setiap muslim yang keluarganya memiliki kelebihan makanan selama sehari semalam.

Ukuran Zakat fitrah yang wajib dikeluarkan adalah 1 sho dari jenis makanan pokok, seperti kurma, beras, jagung, zabib (kismis atau anggur kering atau susu kering), gandum dan lain-lain.

 

*Waktu Pembayaran Zakat Fitrah*

Zakat fitrah diwajibkan sejak terbenamnya matahari pada malam hari raya Idul Ftri. Dibolehkan mengeluarkan zakat fitrah satu atau dua hari sebelum hari raya. Sedang yang lebih utama adalah sejak terbit fajar hari raya hingga beberapa saat menjelang dilaksanakannya sholat idul fitr.

 

*Penerima Zakat Fitrah*

Orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah sama dengan penerima zakat mal, yaitu 8 kelompok. Akan tetapi, orang-orang faqir dan miskin lebih berhak mendapatkannya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar