Evaluasi Belajar
Tahap Akhir Nasional
Tahun 2000
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan
EBTANAS-SMP-00-01
Salah satu ciri manusia yang beriman
dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu ...
A. selalu melakukan kegiatan sosial
B. berusaha
berbuat baik kepada
orang lain
C. berbudi pekerti yang
luhur
D.
mengetahui
akan hak dan kewajiban
EBTANAS-SMP-00-02
Contoh
penerapan sikap
tenggang rasa
dalam
kehidupan sehari-hari adalah ...
A.
mengucapkan selamat hari raya kepada
pemeluk agama yang berbeda
B. bantu
membantu
dalam
semua
segi
kehidupan
tanpa memandang asal
usul
C. bekerja sama
dalam mendirikan
tempat ibadah
tanpa
memandang perbedaan agama
D. tukar meaukar pengetahuan agama kepada
pemeluk agama lain
EBTANAS-SMP-00-03
Pada saat pemeluk agama lain sedang merayakan hari
besar agamanya, sikap kita sebaiknya ...
A.
berusaha untuk
memeriahkan
perayaannya B. mengikuti dengan baik
perayaan agamanya C.
memberi kesempatan untuk merayakannya
D. membantu segala
keperluan perayaan
EBTANAS-SMP-00-04
Makna memperingati
hari besar agama yaitu ...
A. meningkatkan
keimanan dan ketakwaan
B. menambah pengalaman dan wawasan
C. mengingat kembali
peristiwa masa lalu
D. dapat
menjauhkan diri
dari segala larangan
EBTANAS-SMP-00-05
Di bawah ini merupakan tindakan kerja sama
antarumat beragama, yaitu ...
A.
membantu umat
agama lain yang tertimpa bencana
B. membantu pelaksanaan ibadah suatu
agama
C. mencari
dana pembangunan tempat
ibadah
D.
ikut membantu menyebarkan ajaran agama lain
EBTANAS-SMP-00-06
Salah satu cara memperkokoh persatuan dan kesatuan
bangsa dapat ditempuh melalui ...
A.
kerja sama
intern umat beragama
B. hubungan
baik antara pemuka agama
C. dialog antar agama
yang berbeda
D.
kerja sama
antarumat beragama
EBTANAS-SMP-00-07
Makna yang terkandung dari adanya kerja sama antar-
umat beragama adalah ...
A. menumbuhkan rasa saling menghargai
B. tercipta
keharmonisan hidup
bermasyarakat
C. menghindari rasa kecurigaan antarumat
beragama
D. memberikan
ketenangan menjalankan ibadah
EBTANAS-SMP-00-08
Manfaat
dari ketaatan dan
kepatuhan menjalankan
perintah agama dalam kehidupan
sehari-hari.adalah ... A. akan
terpenuhinya kebutuhan sehari-hari
B. terciptanya keadaan
masyarakat
yang
aman, tentram dan
damai
C. menjadi manusia yang selalu
berpartisipasi dalam
pembangunan
D.
menjadikan manusia dihormati
oleh masyarakat di sekitarnya
EBTANAS-SMP-00-09
Contoh perbuatan yang tidak mencerminkan ketakwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah ...
A. melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya
B. menjadi orang tua asuh yang
baik
C. berlaku
sopan
dan tertib terhadap norma yang
berlaku
D. menanamkan benih
kebencian kepada orang lain
EBTANAS-SMP-00-10
Salah satu contoh perbuatan yang mencerminkan ketaatan dan
kepatuhan
terhadap peraturan yang
berlaku
di sekolah ialah ...
A. ikut
serta menjadi pengurus OSIS
B. mengikuti semua kegiatan OSIS
C. menaati
tata tertib sekolah
D. mematuhi. semua perintah guru
EBTANAS-SMP-00-11
Contoh perilaku mensyukuri anugerah yang
dilimpahkan Tuhan kepada kita
adalah ...
A. mengagungkan
dan
memuji kebesaran Tuhan
B. melestarikan dan mendayagunakan
sumber
daya alam
C. bersikap dan
bertindak dengan baik
D. mengucapkan rasa terima kasih kepada Tuhan
A.
Wujud
nyata
perilaku masyarakat
yang
hidup rukun
antarumat beragama ...
B. terciptanya kerukunan
antarumat beragama
C. terbinanya
sikap
saling menghormati antarumat
beragama
D. terpeliharanya sarana komunikasi antarumat
beragama
E. terdapat rasa senasib sepenanggungan antarumat
beragama
EBTANAS-SMP-00-13
Salah satu aspek yang mendorong kerukunan antar-.
umat beragama di Indonesia adalah ...
A. kekeluargaan
dan gotong royong
B. historis dan kultural
C. sosial
dan filosofis
D. ekonomis dan yuridis
EBTANAS-SMP-00-14
Manfaat kesadaran tentang hak dan kewajiban dalam
kehidupan sehari-hari adalah ...
A. dapat
mengembangkan
sikap sambung
rasa
B. berani
menyatakan
kesalahan orang lain
C. menumbuhkan hubungan antara pdmimpin
D. dapat
mencegah tindakan
sewenang-wenang
EBTANAS-SMP-00-15
Sikap
yang menunjukkan
kesadaran
seseorang akan
pentingnya menghormati dan menghargai orang lain,
misalnya ...
A. memberikan segala
miliknya bila diminta
B. selalu menegur
setiap orang yang bertemu dengannya
C.
mendengarkan setiap orang yang berbicara dengannya
D. selalu tersenyum bila
bertemu orang lain di jalan
EBTANAS-SMP-00-16
Kita harus memperlakukan orang lain sesuai dengan
kenyataan hidup.karena ...
A.
membedakan kedudukan bertentangan dengan
peraturan
B. manusia
tidak bisa hidup
sendiri tanpa orang lain
C. masing-masing diberi akal,
pikiran untuk
berbuat
D. memiliki
persamaan harkat, derajat,
dan martabat
EBTANAS-SMP-00-17
Anda akan
membangun rumah
di
atas
tanah
milik
Anda yang selama ini menjadi jalan umum. Bagaimanakah
tindakan Anda yang terbaik ?
A. Membatalkan rencana membangun rumah
B. Menjual sebagian tanah kepada warga RT untuk jalan
C. Merelakan
sebagian tanahnya untuk jalan umum
D.
Melanjutkan
pembangunan
rumah di atas tanah milik anda.
Tindakan yang tepat terhadap seorang yang melanggar hukum
demi terwujudnya
kesadaran hukum adalah
...
A. diberi
penyuluhan hukum
B. dimasukkan dalam lembaga pemasyarakatan
C. diberi hukuman oleh penangkapnya
D. diproses dalam
peradilan yang sesuai
dengan
Undang-Undang
EBTANAS-SMP-00-19
Tugas kepolisian sebagai aparat penegak hukum
adalah
...
A.
mewakili
pihak yang
dirugikan dalam
suatu
perkara
B. memutuskan
perkara sesuai dengan yang berlaku
C.
mengusut dan menyelidiki pelanggaran dan
kejahatan
D.
menolong warga masyarakat yang menjadi korban kecelakaan
EBTANAS-SMP-00-20
Contoh seseorang yang memiliki
harga
diri
dalam
kehidupan sehari-hari adalah ...
A.
polisi memberi tilang pengendara yang melanggar
lalu lintas
B. menyelesaikan
persoalan pelanggaran hukum
di
luar lembaga peradilan
C. seorang dinyatakan
bersalah tetapi tidak diproses
secara hukum
D.
penjambret tertangkap oleh masyarakat kemudian dipukuli di pos keamanan
EBTANAS-SMP-00-21
Mempelajari agama mempunyai arti
penting untuk ...
A. meningkatkan kualitas keimanan
B. menambah wawasan keagamaan
C. mendorong seseorang
berbuat kebajikan
D. memahami
perintah dan larangan agama
EBTANAS-SMP-00-22
Kewajiban warga
negara di bidang hukum
menurut
UUD 1945
pasal 27 ayat 1 adalah ...
A. menggerakkan
masyarakat
untuk
beribadah
B. mendukung suksesnya wajib
belajar sembilan
tahun
C. kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan
D. kewajiban membuat
peraturan yang adil
EBTANAS-SMP-00-23
Salah satu syarat untuk dapat dipilih dalam pemilihan
umum di Indonesia ialah ...
A. umur 21 tahun
B. umur 17 tahun
C. sudah
kawin
D. pengurus OPP tertentu
Koperasi merupakan soko guru dari perekonomian rakyat, karena
berasaskan kekeluargaan sesuai dengan UUD 1945 yaitu pada ...
A. pasal 23 ayat
5
B. pasal
33 ayat 1
C. pasal
33 ayat 2
D. pasal 33 ayat
3
EBTANAS-SMP-00-25
Salah satu
usaha menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa
dalam masyarakat
yang
majemuk
adalah ...
A.
membiasakan berbahasa
Indonesia dengan baik
dan benar dalam pergaulan
B. menggabungkan berbagai kebudayaan daerah yang
ada di Indonesia
C. meniadakan segala
jenis perbedaan yang ada di dalam masyarakat
D.
menggalang kekuatan
dana untuk membantu
masyarakat yang miskin
EBTANAS-SMP-00-26
Seorang siswa anak orang kaya, dalam
pergaulannya
sehari-hari siswa tersebut
tidak
pernah
membeda-
bedakan
orang
lain, baik dalam hal agama,
suku
ataupun kepercayaan. Terhadap
sikap siswa
tersebut
seharusnya ...
A.
dipuji dan
disanjung
B. dikagumi
dan disanjung
C. dicontoh dan
ditiru
D.
dipupuk dan dipelihara
EBTANAS-SMP-00-27
Salah satu contoh pembauran dalam masyarakat
untuk membina persatuan dan kesatuan
bangsa adalah ...
A.
mempererat rasa
persatuan umat beragama
B. saling tukar menukar cendera mata
C. meningkatkan pergaulan dengan satu suku bangsa
D.
bergaul
tanpa membedakan asal
usulnya
EBTANAS-SMP-00-28
Perbuatan setia terhadap bangsa dan negara dapat di
wujudkan dalam
bentuk ...
A.
menaati dan patuh terhadap hukum dan peraturan
yang berlaku
B. menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan
sesuai keinginan
C. mengamalkan
Pancasila bila sudah mengikuti
penataran P4
D.
menaati dan
patuh
terhadap
ajaran
agama
yang
dianut
EBTANAS-SMP-00-29
Salah satu
tujuan
dikembangkannya
budaya daerah
menjadi budaya nasional adalah
...
A.
melestarikan
dan
memanfaatkan
kebudayaan
bangsa
B. melestarikan kebudayaan agar tidak kehilangan jati
diri bangsa
C. melestarikan kebudayaan
agar terlihat jati diri
D. mewujudkan rasa persatuan dan
kesatuan bangsa
Makna kedaulatan
bagi suatu negara adalah ...
A. menyelenggarakan segala yang dikehendaki
pemerintah
B. adanya kekuasaan untuk
menentukan nasib sendiri
C. terciptanya kebebasan untuk melakukan berbagai
kepentingan
D.
terselenggaranya berbagai program tanpa bantuan
pihak lain
EBTANAS-SMP-00-31
Salah satu
sistem Pemerintahan negara Indonesia
menurut UUD 1945adalah ...
A.
pemerintahan berdasarkan kekuasaan yang tidak
terbatas
B. negara berdasarkan sistem konstitusi
C. negara Indonesia berdasarkan alas kekuasaan
D. presiden
bertanggung jawab kepada DPR
EBTANAS-SMP-00-32
Kedaulatan. yang
dianut negara
Republik
Indonesia
seperti tercermin
dalam 7
kunci pokok
sistem
pemerintahan
Indonesia adalah …
A. kedaulatan pemerintah
B. kedaulatan
Tuhan C. kedaulatan
negara D. kedaulatan rakyat
EBTANAS-SMP-00-33
Salah satu
peran serta
siswa yang
dapat dilakukan dalam
kehidupan
bermasyarakat,
bernegara menurut
UUD 1945 adalah ....
A. mempelajari cara hidup bermasyarakat
B. menyesuaikan diri
dengan lingkungannya
C. menjaga ketertiban
dan
keamanan
D. mengetahui semua peraturan yang ada
EBTANAS-SMP-00-34
Contoh perilaku rela berkorban dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan adalah ...
A.
memelihara dap menjaga tumbulvtumbuhan
B. menanamkan cara hidup
yang sehat
C. memberikan penerangan listrik untuk jalan umum
D. menciptakan lingkungan yang bersih
EBTANAS-SMP-00-35
Pada masa Orde Baru keputusan yang diambil
kebanyakan melalui ...
A.
musyawarah untuk mencapai mufakat
B. akal sehat
dan hati nurani yang luhur
C. kehendak para peserta
musyawarah
D.
usul, saran dan
pendapat yang dikemukakan
Pernyataan
|
A.
IV B. III C. II
D.
I
EBTANAS-SMP-00-37
Contoh nyata perbuatan disiplin dalam kehidup sehari-
hari yaitu ...
A. Susi pergi ke sekolah setiap hari
B. Pak Adi pergi ke
kantor memakai sepeda
motor
C. Ahmad melaksanakan sholat
tepat waktu
D. Pak Amin selalu mengajak anaknya rekreasi
EBTANAS-SMP-00-38
Disiplin yang tinggi sangat penting dalam menciptakan
Ketahanan Nasional bangsa dan
negara, sebab ... A. menciptakan
bangsa yang kuat
dan dinamis
B.
mempercepat terwujudnya masyarakat yang
sejahtera
C. memperlancar pelaksanaan pembangunan
nasional
D.
membantu tercapainya
cita-cita hukum nasional
EBTANAS-SMP-00-39
Kekuasaan membentuk undang-undang merupakan
tugas DPR bersama … A. Presiden
B.
MPR C. DPA D. BPK
EBTANAS-SMP-00-40
Di bawah ini adalah fraksi-fraksi yang ada dalam MPR
hasil
Pemilu 1997, kecuali ... A. Fraksi utusan golongan
B. Fraksi ABRI
C. Fraksi
Utusan
Daerah
D. Fraksi
Karya Pembangunan
EBTANAS-SMP-00-41
Organisasi sosial yang menyalurkan aspirasi generasi
muda adalah ...
A. KNPI B.
HKSN
C. LKMD
D. KNIP
Pentingnya Pemilu bagi kehidupan bangsa Indonesia
adalah ...
A. warga negara menyalurkan aspirasi
demi kemajuan bangsa
B. memberi kesempatan
warga
negara menentukan
wakil rakyat
sesuai pilihan
C. melaksanakan kedaulatan
rakyat dan memper- tahankan tegaknya
negara RI
D. memperkokoh
persatuan dan kesatuan sehingga
pembangunan berjalan
lancar
EBTANAS-SMP-00-43
Sikap dan perilaku warga negara untuk mensukseskan
pelaksanaan pemilu di Indonesia adalah
... A. menjaga keamanan dan ketertiban
B. mendaftar
menjadi pemilih
C. menggunakan
hak pilih
D. mendatangi
Tempat Pemungutan Suara
EBTANAS-SMP-00-44
Dalam pemilihan umum rakyat memberikan suaranya sesuai
menurut hati nuraninya tanpa perantara. Asas itu
disebut ... A. umum
B. rahasia
C. bebas
D. langsung
EBTANAS-SMP-00-45
Ciri-ciri orang yang suka bekerja
keras adalah ...
A. menyelesaikan
pekerjaan dengan baik
dan
tepat waktu
B. berusaha mencari
nafkah siang dan
malam
C. mampu menanggulangi segala rintangan
D. mengeluarkan tenaga
dan kemampuannya
EBTANAS-SMP-00-46
Salah satu
contoh
kesederhanaan
dalam kehidupan
sehari-hari adalah ...
A. hidup yang
wajar dan tidak berlebihan
B. berbelanja sesuai
dengan keinginan
C. menikmati
hidup
berkekurangan
D. pengeluaran
uang untuk kegiatan bersama
EBTANAS-SMP-00-47
Jalan di desa
Suka Maju
sudah lama
rusak berat.
Penduduk desa tiap hari sibuk bekerja di sawah dan
ladang atau berdagang untuk mencari nafkah. Sebagai
akibatnya, jalan yang rusak dan terlantar itu mengganggu dan menghambat lalu
lintas di desa itu.
Bagaimanakah sikap
Anda terhadap ilustrasi
di
atas agar
keadaan itu tidak menghambat perekonomian dan
1alu lintas?
A. Melaporkan keadaan
itu kepada kepala desa agar pemerintah
segera menanganinya
B.
Menutupi lubang-lubang di jalan itu dengan tanah atau batu kemudian meminta upah dari para pemakai jalan
C. Memperbaiki jalan
itu bersama-sama penduduk
agar pekerjaan
menjadi mudah dan ringan
D. Menghimbau masyarakat agar segera memperbaiki
jalan itu secara
gotong royong.
Sesuai peraturan yang berlaku setiap warga yang,
memiliki sebidang
tanah, diberikan kesempatan untuk mengurus
surat kepemilikan
tanah. Seorang
warga tidak sabar mengikuti
prosedur yang ada, ia menghubungi
petugas
untuk mempercepat.
Sikap orang tersebut
tidak mencerminkan ...
A. Gerakan Disiplin
Nasional
B. tugas
dan tanggung
jawab sebagai warga negara
C. nilai-nilai kemanusiaan
D. nilai-nilai keadilan dalam-kehidupan
EBTANAS-SMP-00-49
Salah satu contoh hemat dalam kehidupan sehari-hari
adalah ...
A. berpola hidup yang
bersifat konsumtif
B. menyisihkan
sebagian uang saku untuk
ditabung
C. memenuhi
semua
kebutuhan
hidupnya
D. membatasi diri
dari
lingkungan
EBTANAS-SMP-00-50
Nilai-nilai hidup sederbana,
tidak bergaya hidup mewah dan tidak bersifat boros terkandung dalam sila
...
A. Kemanusiaan yang adil dan
beradab
B. Persatuan Indonesia
C. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
D. Keadilan
sosial
bagi seluruh rakyat Indonesia
EBTANAS-SMP-00-51
Bila kita mengikuti
musyawarah
kita harus
mampu
melakukan
pengendalian
diri, contohnya ...
A. mengikuti musyawarah dengan baik, tanpa
mengajukan pendapat/saran
B. menghormati pendapat orang lain, walaupun berbeda
C. mengakui seluruh pendapat orang lain yang diajukan dalam musyawarah
D. menerima pendapat orang lain tanpa
memperhatikan pendapat sendiri
EBTANAS-SMP-00-52
Sumber
dana utama bagi pembangunan nasional di
Indonesia yang
berasal dari rakyat adalah ...
A. devisa negara
B. pajak
C. ekspor impor
D. jasa-jasa
EBTANAS-SMP-00-53
Usaha yang dilakukan dalam upaya mewujudkan
keadilan sosial
sesuai
dengan pasal 34 UUD
1945
adalah ...
A. membantu teman yang tertimpa
musibah
B. membantu anggota keluarga yang
sedang susah C. menyumbangkan kepada korban bencana alam D. menyantuni
fakir miskin dan
anak telantar
Pasal
33 UUD 1945 mengandung makna bahwa perekonomian didasarkan pada demokrasi ekonomi adalah
...
A. sumber-sumber kekayaan berasal
dari rakyat
B. perekonomian dilaksanakan secara teratur
C. laju
perkembangan ekonomi perlu
dikembangkan
D. perekonomian disusun sebagai usaha
bersama atas asas
kekeluargaan
EBTANAS-SMP-00-55
Wujud nyata bertindak adil dalam bidang kehidupan
ekonomi adalah ...
A. memberikan kebebasan kepada para pekerja untuk
menentukan besarnya upah
B.
menyerahkan hak istimewa kepada para
pekerja berdasarkan
hasil yang dicapai
C. memberikan upah kepada para pekerja tanpa
membedakan
jasa yang dihasilkan
D.
memberikan upah kepada para pekerja berdasarkan
hasil kerja yang telah
dicapai.
EBTANAS-SMP-00-56
Contoh perilaku
yang mencerminkan keadilan dalam kehidupan keluarga yaitu ...
A.
seluruh anak berhak
mendapatkan
kasih sayang
dari orang tuanya tanpa ada kewajiban apapun bagi
mereka.
B.
orang tua memberi uang sekolah dan jajan bagi anak-anaknya sesuai
dengan kebutuhan
C. kakak berhak menggantikan peran orang tua terhadap adik-adiknya dalam berbagai bidang
kehidupan
D. adik berkewajiban melakukan
tindakan
hukum untuk setiap kepentingan
kakaknya bila kakaknya tidak ada
EBTANAS-SMP-00-57
Tujuan
pembangunan
di bidang ekonomi adalah
... A. bertambahnya devisa negara
B. meningkatkan kesejahteraan masyarakat
C. meningkatkan
stabilitas nasional
D.
menyempurnakan
kebutuhan hidupnya
EBTANAS-SMP-00-58
Peran serta siswa
dalam mengembangkan kehidupan
koperasi
di sekolah dapat dalam bentuk ...
A. membeli
barang keperluan belajardi koperasi
B. memenuhi kebutuhan
seluruh warga sekolah
C. menjadi
pengurus
dan melayani pembeli setiap hari
D.
memberikan pelayanan simpan pinjam
seluruh warga
sekolah
EBTANAS-SMP-00-59
Salah satu contoh hasil kerja sama antara dua lembaga yang
memegang kekuasqan
legislatif
dan
kekuasaan
eksekutif adalah ...
A. melaksanakan gerakan disiplin nasional
B. melaksanakan pembangunan di setiap daerah C. menyusun
dan
menetapkan
Undang-Undang D. mengadakan
kerja sama dengan bangsa lain
EBTANAS-SMP-00-60
Sistem perekonomian yang
harus
dihindari
dalam
demokrasi ekonomi
di Indonesia
ialah ...
A. perekonomian yang berasas kekeluargaan
B. yang mengakui hak milik orang lain
C. kebebasan memilih pekerjaan
D. sistem ekonomi yang
seluruhnya
dikuasai
negara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar