Cari Blog Ini

Jumat, 27 September 2019

SMP_-_PPKn_2000-www.examsworld.us


Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional
Tahun 2000
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan




EBTANAS-SMP-00-01
Salah  satu  ciri  manusia  yang beriman  dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu ... A.  selalu melakukan kegiatan sosial
B.   berusaha berbuat baik kepada orang lain
C.   berbudi pekerti yang luhur
D.  mengetahui akan hak dan kewajiban

EBTANAS-SMP-00-02
Contoh    penerapan    sikap    tenggang    rasa    dalam
kehidupan sehari-hari adalah ...
A.  mengucapkan selamat hari raya kepada pemeluk agama yang berbeda
B.   bantu  membantu  dalam  semua  segi  kehidupan tanpa memandang asal usul
C.   bekerja  sama  dalam  mendirikan  tempat  ibadah
tanpa memandang perbedaan agama
D.  tukar     meaukar    pengetahuan    agama    kepada pemeluk agama lain

EBTANAS-SMP-00-03
Pada saat pemeluk agama lain sedang merayakan hari
besar agamanya, sikap kita sebaiknya ...
A.  berusaha untuk memeriahkan perayaannya B.   mengikuti dengan baik perayaan agamanya C.   memberi kesempatan untuk merayakannya D.  membantu segala keperluan perayaan

EBTANAS-SMP-00-04
Makna memperingati hari besar agama yaitu ...
A.  meningkatkan keimanan dan ketakwaan
B.   menambah pengalaman dan wawasan
C.   mengingat kembali peristiwa masa lalu
D.  dapat menjauhkan diri dari segala larangan

EBTANAS-SMP-00-05
Di   bawah   ini   merupakan   tindakan   kerja   sama antarumat beragama, yaitu ...
A.  membantu umat agama lain yang tertimpa bencana
B.   membantu pelaksanaan ibadah suatu agama
C.   mencari dana pembangunan tempat ibadah
D.  ikut membantu menyebarkan ajaran agama lain

EBTANAS-SMP-00-06
Salah satu cara memperkokoh persatuan dan kesatuan
bangsa dapat ditempuh melalui ...
A.  kerja sama intern umat beragama
B.   hubungan baik antara pemuka agama
C.   dialog antar agama yang berbeda
D.  kerja sama antarumat beragama

EBTANAS-SMP-00-07
Makna yang terkandung dari adanya kerja sama antar-
umat beragama adalah ...
A.  menumbuhkan rasa saling menghargai
B.   tercipta keharmonisan hidup bermasyarakat
C.   menghindari rasa kecurigaan antarumat beragama
D.  memberikan ketenangan menjalankan ibadah

EBTANAS-SMP-00-08
Manfaat  dari  ketaatan  dan  kepatuhan  menjalankan
perintah agama dalam kehidupan sehari-hari.adalah ... A.  akan terpenuhinya kebutuhan sehari-hari
B.   terciptanya   keadaan   masyarakat   yang   aman, tentram dan damai
C.   menjadi manusia yang selalu berpartisipasi dalam pembangunan
D.  menjadikan manusia dihormati oleh masyarakat di sekitarnya

EBTANAS-SMP-00-09
Contoh perbuatan yang tidak mencerminkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah ...
A.  melaksanakan     perintah-Nya      dan      menjauhi larangan-Nya
B.   menjadi orang tua asuh yang baik
C.   berlaku  sopan  dan  tertib  terhadap  norma  yang berlaku
D.  menanamkan benih kebencian kepada orang lain

EBTANAS-SMP-00-10
Salah   satu   contoh   perbuatan   yang   mencerminkan ketaatan   dan   kepatuhan   terhadap   peraturan   yang
berlaku di sekolah ialah ...
A.  ikut serta menjadi pengurus OSIS B.   mengikuti semua kegiatan OSIS C.   menaati tata tertib sekolah
D.  mematuhi. semua perintah guru

EBTANAS-SMP-00-11
Contoh      perilaku      mensyukuri      anugerah      yang dilimpahkan Tuhan kepada kita adalah ...
A.  mengagungkan dan memuji kebesaran Tuhan
B.   melestarikan  dan  mendayagunakan  sumber  daya alam
C.   bersikap dan bertindak dengan baik
D.  mengucapkan rasa terima kasih kepada Tuhan

A.  Wujud  nyata  perilaku  masyarakat  yang  hidup rukun antarumat beragama ...
B.   terciptanya kerukunan antarumat beragama
C.   terbinanya  sikap  saling  menghormati  antarumat beragama
D.  terpeliharanya     sarana    komunikasi     antarumat beragama
E.   terdapat  rasa  senasib  sepenanggungan  antarumat
beragama

EBTANAS-SMP-00-13
Salah satu aspek yang mendorong kerukunan antar-. umat beragama di Indonesia adalah ...
A.  kekeluargaan dan gotong royong
B.   historis dan kultural
C.   sosial dan filosofis
D.  ekonomis dan yuridis

EBTANAS-SMP-00-14
Manfaat kesadaran tentang hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A.  dapat mengembangkan sikap sambung rasa
B.   berani menyatakan kesalahan orang lain
C.   menumbuhkan hubungan antara pdmimpin
D.  dapat mencegah tindakan sewenang-wenang

EBTANAS-SMP-00-15
Sikap  yang  menunjukkan  kesadaran  seseorang  akan
pentingnya menghormati dan menghargai orang lain, misalnya ...
A.  memberikan segala miliknya bila diminta
B.   selalu   menegur   setiap   orang   yang   bertemu dengannya
C.   mendengarkan    setiap     orang     yang    berbicara dengannya
D.  selalu tersenyum bila bertemu orang lain di jalan

EBTANAS-SMP-00-16
Kita harus memperlakukan orang lain sesuai dengan
kenyataan hidup.karena ...
A.  membedakan   kedudukan   bertentangan   dengan peraturan
B.   manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain
C.   masing-masing diberi akal, pikiran untuk berbuat
D.  memiliki persamaan harkat, derajat, dan martabat

EBTANAS-SMP-00-17
Anda  akan  membangun  rumah  di  atas  tanah  milik
Anda    yang    selama    ini     menjadi    jalan    umum. Bagaimanakah tindakan Anda yang terbaik ?
A.  Membatalkan rencana membangun rumah
B.   Menjual sebagian tanah kepada warga RT untuk jalan
C.   Merelakan sebagian tanahnya untuk jalan umum
D.  Melanjutkan  pembangunan  rumah  di  atas  tanah milik anda.

Tindakan yang tepat terhadap seorang yang melanggar hukum demi terwujudnya kesadaran hukum adalah ...
A.  diberi penyuluhan hukum
B.   dimasukkan dalam lembaga pemasyarakatan
C.   diberi hukuman oleh penangkapnya
D.  diproses   dalam   peradilan   yang   sesuai   dengan
Undang-Undang

EBTANAS-SMP-00-19
Tugas kepolisian sebagai aparat penegak hukum adalah
...
A.  mewakili   pihak   yang   dirugikan   dalam   suatu perkara
B.   memutuskan perkara sesuai dengan yang berlaku
C.   mengusut     dan    menyelidiki     pelanggaran    dan kejahatan
D.  menolong warga masyarakat yang menjadi korban kecelakaan

EBTANAS-SMP-00-20
Contoh  seseorang  yang  memiliki  harga  diri  dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A.  polisi memberi tilang pengendara yang melanggar lalu lintas
B.   menyelesaikan  persoalan  pelanggaran  hukum  di
luar lembaga peradilan
C.   seorang dinyatakan bersalah tetapi tidak diproses secara hukum
D.  penjambret tertangkap oleh masyarakat kemudian dipukuli di pos keamanan

EBTANAS-SMP-00-21
Mempelajari agama mempunyai arti penting untuk ...
A.  meningkatkan kualitas keimanan
B.   menambah wawasan keagamaan
C.   mendorong seseorang berbuat kebajikan
D.  memahami perintah dan larangan agama

EBTANAS-SMP-00-22
Kewajiban  warga  negara  di  bidang  hukum  menurut
UUD 1945 pasal 27 ayat 1 adalah ...
A.  menggerakkan masyarakat untuk beribadah
B.   mendukung   suksesnya   wajib   belajar   sembilan tahun
C.   kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan
D.  kewajiban membuat peraturan yang adil

EBTANAS-SMP-00-23
Salah satu syarat untuk dapat dipilih dalam pemilihan umum di Indonesia ialah ...
A.  umur 21 tahun
B.   umur 17 tahun
C.   sudah kawin
D.  pengurus OPP tertentu

Koperasi merupakan soko guru dari perekonomian rakyat, karena berasaskan kekeluargaan sesuai dengan UUD 1945 yaitu pada ...
A.  pasal 23 ayat 5
B.   pasal 33 ayat 1
C.   pasal 33 ayat 2
D.  pasal 33 ayat 3

EBTANAS-SMP-00-25
Salah  satu  usaha  menumbuhkan  rasa  persatuan  dan kesatuan  bangsa  dalam  masyarakat  yang  majemuk
adalah ...
A.  membiasakan  berbahasa  Indonesia  dengan  baik dan benar dalam pergaulan
B.   menggabungkan berbagai kebudayaan daerah yang ada di Indonesia
C.   meniadakan  segala  jenis  perbedaan  yang  ada  di dalam masyarakat
D.  menggalang   kekuatan   dana   untuk   membantu
masyarakat yang miskin

EBTANAS-SMP-00-26
Seorang siswa anak orang kaya, dalam pergaulannya sehari-hari  siswa  tersebut  tidak  pernah  membeda-
bedakan  orang  lain,  baik  dalam  hal  agama,  suku
ataupun  kepercayaan.  Terhadap  sikap  siswa  tersebut seharusnya ...
A.  dipuji dan disanjung
B.   dikagumi dan disanjung
C.   dicontoh dan ditiru
D.  dipupuk dan dipelihara

EBTANAS-SMP-00-27
Salah satu contoh pembauran dalam masyarakat untuk membina persatuan dan kesatuan bangsa adalah ...
A.  mempererat rasa persatuan umat beragama
B.   saling tukar menukar cendera mata
C.   meningkatkan pergaulan dengan satu suku bangsa
D.  bergaul tanpa membedakan asal usulnya

EBTANAS-SMP-00-28
Perbuatan setia terhadap bangsa dan negara dapat di
wujudkan dalam bentuk ...
A.  menaati dan patuh terhadap hukum dan peraturan yang berlaku
B.   menjaga   keamanan   dan   ketertiban   lingkungan sesuai keinginan
C.   mengamalkan   Pancasila   bila   sudah   mengikuti
penataran P4
D.  menaati  dan  patuh  terhadap  ajaran  agama  yang dianut

EBTANAS-SMP-00-29
Salah  satu  tujuan  dikembangkannya  budaya  daerah menjadi budaya nasional adalah ...
A.  melestarikan    dan    memanfaatkan    kebudayaan
bangsa
B.   melestarikan kebudayaan agar tidak kehilangan jati diri bangsa
C.   melestarikan kebudayaan agar terlihat jati diri
D.  mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa

Makna kedaulatan bagi suatu negara adalah ...
A.  menyelenggarakan     segala     yang     dikehendaki pemerintah
B.   adanya kekuasaan untuk menentukan nasib sendiri
C.   terciptanya kebebasan untuk melakukan berbagai kepentingan
D.  terselenggaranya berbagai program tanpa bantuan pihak lain

EBTANAS-SMP-00-31
Salah   satu   sistem   Pemerintahan   negara   Indonesia
menurut UUD 1945adalah ...
A.  pemerintahan  berdasarkan  kekuasaan  yang  tidak terbatas
B.   negara berdasarkan sistem konstitusi
C.   negara Indonesia berdasarkan alas kekuasaan
D.  presiden bertanggung jawab kepada DPR

EBTANAS-SMP-00-32
Kedaulatan.  yang  dianut  negara  Republik  Indonesia seperti   tercermin   dalam   7   kunci   pokok   sistem
pemerintahan Indonesia adalah …
A.  kedaulatan pemerintah
B.   kedaulatan Tuhan C.   kedaulatan negara D.  kedaulatan rakyat

EBTANAS-SMP-00-33
Salah  satu  peran  serta  siswa  yang  dapat  dilakukan dalam  kehidupan  bermasyarakat,  bernegara  menurut
UUD 1945 adalah ....
A.  mempelajari cara hidup bermasyarakat
B.   menyesuaikan diri dengan lingkungannya
C.   menjaga ketertiban dan keamanan
D.  mengetahui semua peraturan yang ada

EBTANAS-SMP-00-34
Contoh   perilaku   rela   berkorban   dalam   kehidupan sehari-hari di lingkungan adalah ...
A.  memelihara dap menjaga tumbulvtumbuhan
B.   menanamkan cara hidup yang sehat
C.   memberikan penerangan listrik untuk jalan umum
D.  menciptakan lingkungan yang bersih

EBTANAS-SMP-00-35
Pada   masa   Orde   Baru   keputusan   yang   diambil kebanyakan melalui ...
A.  musyawarah untuk mencapai mufakat
B.   akal sehat dan hati nurani yang luhur
C.   kehendak para peserta musyawarah
D.  usul, saran dan pendapat yang dikemukakan

Pernyataan
















I
1.  hadir tepat waktu
2.   menerima hasil keputusan dengan ikhlas

II
1.   mengikuti pertemuan dengan cermat
2.   memberi saran/pendapat demi kepen- tingan bersama


III
1.  bersedia memikul segala resiko hasil
keputusan
2.   melaksanakan hasil keputusan dengan itikad baik


IV
1.   turut serta aktif membahas dan menetap-
kan keputusan
2.   menghormati pendapat dalam musyawarah

 
Dari pernyataan tersebut di atas, yang menggambarkan sikap perilaku seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab dan keputusan musyawarah. adalah ...
A. IV B. III C.   II
D.  I

EBTANAS-SMP-00-37
Contoh nyata perbuatan disiplin dalam kehidup sehari-
hari yaitu ...
A.  Susi pergi ke sekolah setiap hari
B.   Pak Adi pergi ke kantor memakai sepeda motor
C.   Ahmad melaksanakan sholat tepat waktu
D.  Pak Amin selalu mengajak anaknya rekreasi

EBTANAS-SMP-00-38
Disiplin yang tinggi sangat penting dalam menciptakan
Ketahanan Nasional bangsa dan negara, sebab ... A.  menciptakan bangsa yang kuat dan dinamis
B.   mempercepat     terwujudnya     masyarakat    yang sejahtera
C.   memperlancar pelaksanaan pembangunan nasional
D.  membantu tercapainya cita-cita hukum nasional

EBTANAS-SMP-00-39
Kekuasaan   membentuk   undang-undang   merupakan
tugas DPR bersama … A.  Presiden
B. MPR C. DPA D.  BPK

EBTANAS-SMP-00-40
Di bawah ini adalah fraksi-fraksi yang ada dalam MPR
hasil Pemilu 1997, kecuali ... A.  Fraksi utusan golongan
B.   Fraksi ABRI
C.   Fraksi Utusan Daerah
D.  Fraksi Karya Pembangunan

EBTANAS-SMP-00-41
Organisasi sosial yang menyalurkan aspirasi generasi muda adalah ...
A.  KNPI B.   HKSN
C.   LKMD
D.  KNIP

Pentingnya Pemilu bagi kehidupan bangsa Indonesia adalah ...
A.  warga negara menyalurkan aspirasi demi kemajuan bangsa
B.   memberi  kesempatan  warga  negara  menentukan
wakil rakyat sesuai pilihan
C. melaksanakan kedaulatan rakyat dan memper- tahankan tegaknya negara RI
D. memperkokoh persatuan dan kesatuan sehingga pembangunan berjalan lancar

EBTANAS-SMP-00-43
Sikap dan perilaku warga negara untuk mensukseskan
pelaksanaan pemilu di Indonesia adalah ... A.  menjaga keamanan dan ketertiban
B.   mendaftar menjadi pemilih
C.   menggunakan hak pilih
D.  mendatangi Tempat Pemungutan Suara

EBTANAS-SMP-00-44
Dalam pemilihan umum rakyat memberikan suaranya sesuai menurut hati nuraninya tanpa perantara. Asas itu
disebut ... A.  umum
B.   rahasia
C.   bebas
D.  langsung

EBTANAS-SMP-00-45
Ciri-ciri orang yang suka bekerja keras adalah ...
A. menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu
B.   berusaha mencari nafkah siang dan malam
C.   mampu menanggulangi segala rintangan
D.  mengeluarkan tenaga dan kemampuannya

EBTANAS-SMP-00-46
Salah  satu  contoh  kesederhanaan  dalam  kehidupan sehari-hari adalah ...
A.  hidup yang wajar dan tidak berlebihan
B.   berbelanja sesuai dengan keinginan
C.   menikmati hidup berkekurangan
D.  pengeluaran uang untuk kegiatan bersama

EBTANAS-SMP-00-47
Jalan  di  desa  Suka  Maju  sudah  lama  rusak  berat. Penduduk desa tiap hari sibuk bekerja di sawah dan
ladang atau berdagang untuk mencari nafkah. Sebagai
akibatnya,   jalan    yang    rusak     dan    terlantar    itu mengganggu dan menghambat lalu lintas di desa itu. Bagaimanakah  sikap  Anda  terhadap  ilustrasi  di  atas agar keadaan itu tidak menghambat perekonomian dan
1alu lintas?
A.  Melaporkan keadaan itu kepada kepala desa agar pemerintah segera menanganinya
B.   Menutupi lubang-lubang di jalan itu dengan tanah atau batu kemudian meminta upah dari para pemakai jalan
C.   Memperbaiki  jalan  itu  bersama-sama  penduduk
agar pekerjaan menjadi mudah dan ringan
D.  Menghimbau masyarakat agar segera memperbaiki jalan itu secara gotong royong.

Sesuai peraturan yang berlaku setiap warga yang, memiliki sebidang tanah, diberikan kesempatan untuk mengurus  surat  kepemilikan  tanah.  Seorang  warga tidak sabar mengikuti prosedur yang ada, ia menghubungi petugas untuk mempercepat. Sikap orang tersebut tidak mencerminkan ...
A.  Gerakan Disiplin Nasional
B.   tugas dan tanggung jawab sebagai warga negara
C.   nilai-nilai kemanusiaan
D.  nilai-nilai keadilan dalam-kehidupan

EBTANAS-SMP-00-49
Salah satu contoh hemat dalam kehidupan sehari-hari
adalah ...
A.  berpola hidup yang bersifat konsumtif
B.   menyisihkan sebagian uang saku untuk ditabung
C.   memenuhi semua kebutuhan hidupnya
D.  membatasi diri dari lingkungan

EBTANAS-SMP-00-50
Nilai-nilai   hidup   sederbana,   tidak   bergaya   hidup mewah dan tidak bersifat boros terkandung dalam sila
...
A.  Kemanusiaan yang adil dan beradab
B.   Persatuan Indonesia
C.   Kerakyatan      yang      dipimpin       oleh      hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
D.  Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

EBTANAS-SMP-00-51
Bila  kita  mengikuti  musyawarah  kita  harus  mampu
melakukan pengendalian diri, contohnya ...
A.  mengikuti     musyawarah    dengan    baik,     tanpa mengajukan pendapat/saran
B.   menghormati   pendapat   orang   lain,   walaupun berbeda
C.   mengakui   seluruh   pendapat   orang   lain   yang diajukan dalam musyawarah
D.  menerima        pendapat       orang        lain        tanpa
memperhatikan pendapat sendiri

EBTANAS-SMP-00-52
Sumber  dana  utama  bagi  pembangunan  nasional  di
Indonesia yang berasal dari rakyat adalah ... A.  devisa negara
B.   pajak
C.   ekspor impor
D.  jasa-jasa

EBTANAS-SMP-00-53
Usaha   yang   dilakukan   dalam   upaya   mewujudkan
keadilan  sosial  sesuai  dengan  pasal  34  UUD  1945 adalah ...
A.  membantu teman yang tertimpa musibah
B.   membantu anggota keluarga yang sedang susah C.   menyumbangkan kepada korban bencana alam D.  menyantuni fakir miskin dan anak telantar

Pasal 33 UUD 1945 mengandung makna bahwa perekonomian didasarkan pada demokrasi ekonomi adalah ...
A.  sumber-sumber kekayaan berasal dari rakyat
B.   perekonomian dilaksanakan secara teratur
C.   laju perkembangan ekonomi perlu dikembangkan
D.  perekonomian disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan

EBTANAS-SMP-00-55
Wujud nyata bertindak adil dalam bidang kehidupan
ekonomi adalah ...
A.  memberikan kebebasan kepada para pekerja untuk menentukan besarnya upah
B.  menyerahkan hak istimewa kepada para pekerja berdasarkan hasil yang dicapai
C. memberikan upah kepada para pekerja tanpa membedakan jasa yang dihasilkan
D.  memberikan upah kepada para pekerja berdasarkan
hasil kerja yang telah dicapai.

EBTANAS-SMP-00-56
Contoh perilaku yang mencerminkan keadilan dalam kehidupan keluarga yaitu ...
A.  seluruh  anak  berhak  mendapatkan  kasih  sayang
dari orang tuanya tanpa ada kewajiban apapun bagi mereka.
B.   orang tua memberi uang sekolah dan jajan bagi anak-anaknya sesuai dengan kebutuhan
C.   kakak   berhak   menggantikan   peran   orang   tua terhadap   adik-adiknya   dalam   berbagai   bidang
kehidupan
D.  adik  berkewajiban  melakukan  tindakan  hukum untuk setiap kepentingan kakaknya bila kakaknya tidak ada

EBTANAS-SMP-00-57
Tujuan pembangunan di bidang ekonomi adalah ... A.  bertambahnya devisa negara
B.   meningkatkan kesejahteraan masyarakat
C.   meningkatkan stabilitas nasional
D.  menyempurnakan kebutuhan hidupnya

EBTANAS-SMP-00-58
Peran serta siswa dalam mengembangkan kehidupan
koperasi di sekolah dapat dalam bentuk ...
A.  membeli barang keperluan belajardi koperasi
B.   memenuhi kebutuhan seluruh warga sekolah
C.   menjadi  pengurus  dan  melayani  pembeli  setiap hari
D.  memberikan  pelayanan  simpan  pinjam  seluruh warga sekolah

EBTANAS-SMP-00-59
Salah satu contoh hasil kerja sama antara dua lembaga yang  memegang  kekuasqan  legislatif  dan  kekuasaan
eksekutif adalah ...
A.  melaksanakan gerakan disiplin nasional
B.   melaksanakan pembangunan di setiap daerah C.   menyusun dan menetapkan Undang-Undang D.  mengadakan kerja sama dengan bangsa lain

EBTANAS-SMP-00-60
Sistem  perekonomian  yang  harus  dihindari  dalam demokrasi ekonomi di Indonesia ialah ...
A.  perekonomian yang berasas kekeluargaan
B.   yang mengakui hak milik orang lain
C.   kebebasan memilih pekerjaan
D.  sistem ekonomi yang seluruhnya dikuasai negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar