Ujian Nasional
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan
Tahun 2006
UN-SMP-06-0
Melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya termasuk pengertian ...
A. iman
B. taqwa
C. ibadah D.
Islam
UN-SMP-06-02
Sikap warga negara yang bangga
bertanah air
Indonesia adalah ...
A. bangga menggunakan barang-barang
produksi
luar negeri
B. bangga menggunakan
barang-barang produksi
dalam negeri
C. menganggap
produksi
luar
negeri lebih bagus daripada dalam
negeri
D.
menganjurkan
untuk menggunakan
produksi dalam negeri
UN-SMP-06-03
Contoh perilaku sebagai
seorang pelajar adalah ...
A. bekerja
keras tanpa mengenal waktu
B. belajar
dengan baik ketika akan menghadapi ulangan
C. be1ajar dengan
teratur, mengerjakan PR, datang
ke sekolah tepat waktu
D. belajar berkelompok karena akan menghadapi
ujian nasional
UN-SMP-06-04
Sikap tenggang
rasa dalam kehidupan
beragama antara lain ...
A. menghormati orang lain yang sedang
melaksana-
kan ibadah
B. beribadah bersama dengan penganut
agama lain C. menyuruh orang lain
untuk melaksanakan ibadah
D. umat non-muslim ikut
berpuasa di bulan
Ramadhan
UN-SMP-06-05
Perhatikan pernyataan
di bawah ini!
1. Beban berat
menjadi ringan
2. Menghormati hak
dan kewajiban orang lain
3. Mempererat
rasa kekeluargaan
4. Pekerjaan akan
cepat selesai
5. Masalah yang dapat
diselesaikan
Dan pernyataan di atas, yang merupakan makna gotong royong adalah ...
A. 1 –
2 – 3
B. 2 – 3 – 5
C. 1 – 3 – 4
D. 2 – 4 – 5
UN-SMP-06-06
Si Badu malu
bertindak
sewenang-wenang terhadap orang lain karena , tindakan itu ...
A. akan
merugikan dirinya
B. akan merugikan orang lain
C. tidak menghargai harkat, martabat,
dan derajat manusia
D. akan merugikan lingkungannya
UN-SMP-06-07
Senjata
yang
ampuh dalam mengusir
penjajah
dan
berhasil dalam memproklamasikan kemerdekaan
adalah …
A. semangat yang
tinggi dari bangsa Indonesia
B. tinggi
rasa persatuan dan
kesatuan
C. senjata bambu runcing yang ditakuti
penjajah
D. banyaknya
jumlah para
pejuang bangsa
UN-SMP-06-08
Perilaku yang
menunjukkan rela berkorban
dalam
kehidupan sehari-hari adalah ... A. senang
membantu
orang lain B.
menengok orang
yang sakit
C. membantu pekerjaan orang tua
D.
merelakan
sebagian tanahnya untuk
pelebaran jalan
UN-SMP-06-09
Pasal 29 ayat 1
UUD 1945 menjamin setiap
penduduk untuk ...
A. memeluk agama dan beribadah sesuai dengan
keyakinannya masing-masing
B. mengeluarkan pendapat dan
berorganisasi
C. memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang
layak
D. memperoleh
pendidikan dan pengajaran
UN-SMP-06-10
Melangkahi orang tua yang sedang duduk merupakan
perbuatan yang bertentangan
dengan ...
A. ajaran agama yang
dianut
B. norma kesopanan
C. norma hukum
D. norma kesusilaan
UN-SMP-06-11
Berikut ini
merupakan ciri-ciri dari kesederhanaan,
kecuali ...
A.
hidup
cermat B. hidup
hemat
C. hidup
kikir
D. tidak bergaya
hidup mewah
Sikap yang
perlu dikembangkan untuk
menunjukkan kerja sama
antarumat beragama
adalah ...
A.
tidak mengganggu umat
beragama lain yang sedang
beribadah
B. mau bekerja sama
dengan
pemeluk agama lain
dalam beribadah
C. bersedia mengembangkan ajaran
agama lain
D. membangun tempat beribadah bersama-sama
UN-SMP-06-13
Pernyataan di bawah ini merupakan pernyataan akan
kesetiaan pada bangsa dan negara, kecuali
...
A. cinta dan rela
membela tanah air
dan bangsa
B. patuh dan taat
dalam melaksanakan peraturan yang berlaku
C. bekerja keras untuk kemakmuran diri
sendiri dan keluarganya
D.
memiliki
disiplin yang tinggi dalam melaksanakan tugas
bangsa dan negara
UN-SMP-06-14
Seseorang
yang mampu
menjaga
nama baik dengan
selalu menaati peraturan yang
berlaku berarti
telah
melaksanakan kebersihan
dalam bidang
...
A. hukum
B. sosial
C. keagamaan
D. kemasyarakatan
UN-SMP-06-15
Hak dasar atau hak pokok yang dimiliki sejak lahir dan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa merupakan pengertian dari ...
A. hak
kebebasan manusia
B. hak azasi manusia
C. hak dan
kewajiban manusia
D. kewajiban manusia
UN-SMP-06-16
Salah satu contoh pengendalian diri dalam kehidupan
sehari-hari adalah ...
A. membela sesuatu sesuai dengan
keinginan
B. tidak memakai perhiasan yang
berlebihan
C. mengikuti gaya hidup mewah
orang lain
D.
memberikan sesuatu pada orang lain dengan
senang hati
UN-SMP-06-17
Setiap warga negara dituntut ikut berpartisipasi dalam usaha pembangunan.
Seorang
siswa
dikatakan ikut
berpartisipasi dalam pembangunan seandainya
...
A. ikut bekerja bakti
membersihkan
jalan
B. selalu
mengikuti upacara bendera
C. datang
ke sekolah tepat waktu
D.
belajar dengan
baik dan teratur serta mematuhi tata tertib
Pernyataan di
bawah ini yang merupakan perilaku
rela berkorban dalam kehidupan
sehari-hari, kecuali ...
A.
menyisihkan
waktu untuk membantu orang tua
B. selalu
mendahulukan kepentingan
umum daripada
kepentingan pribadi
C. selalu
membela
teman yang sedang berkelahi
D. selalu membayar pajak tepat pada waktunya
UN-SMP-06-1
Sikap siswa yang menampilkan perilaku disiplin dalam
lingkungan sekolah adalah ...
A.
selalu mengikuti darmawisata
yang diadakan sekolah
B. datang ke sekolah tepat waktu dan mematuhi tata
tertib sekolah
C. selalu
menghargai teman sekolah
D. menjaga
nama baik sekolah
UN-SMP-06-20
Contoh perbuatan yang
rnenunjukkan
pengendalian diri dalam bidang ekonomi
adalah ...
A.
membeli
sesuatu sesuai dengan kebutuhan
B. menggunakan
uang
jajan semuanya C. senang
mentraktir teman di sekolah D. senang
berbelanja di supermarket
UN-SMP-06-21
Perhatikan
pernyataan di bawah ini!
1. Ketika membawa kendaraan,
selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas.
2. Membeli barang sesuai dengan kemampuan.
3. Memberi bantuan sesuai dengan
kemampuan.
4. Datang ke
sekolah selalu tepat waktu.
5. Bergotong royong membiiat saluran air.
6. Membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang
berlaku.
Pernyataan di atas yang
sesuai dengan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku
adalah ...
A.
1
– 3 – 6
B. 2 – 4 – 5
C. 1 – 3 – 5
D.
1
– 4 – 6
UN-SMP-06-22
Penegak hukum
yang bertugas
mengajukan
tuntutan
hukum adalah ... A. hakim
B. jaksa
C. kepolisian
D. polisi
UN-SMP-06-23
Hak dan kewajiban warga negara Indonesia mengenai
usaha pembelaan negara terdapat dalam ... A. pasal
29 UUD 1945
B. pasal
30 UUD 1945
C. pasal
31 UUD 1945
D. pasal 32 UUD
1945
Hak dan kewajiban
warga negara
Indonesia diatur dalam pasal ...
A. 27
sampai
dengan
pasal 34
B. 26 sampai dengan pasal
30
C. 31 sampai dengan pasal
24
D. 18 sampai
dengan
pasal 34
UN-SMP-06-25
Contoh perilaku warga masyarakat
yang memperhati- kan keterlaksanaan hak dan kewajiban warga negara
dalam bermasyarakat di antaranya, kecuali ...
A. taat membayar pajak
B. turut menjaga keamanan lingkungan
C. main hakim sendiri
D. menghargai jasa
orang lain
UN-SMP-06-26
Patuh terhadap peraturan yang berlaku dalam masyara-
kat berarti kita ...
A. mematuhi hukum yang berlaku
B. memahami tata tertib masyarakat
C. menghargai
setiap undang-undang D. membuat
hukum masing-masing
UN-SMP-06-27
Perbuatan yang mematuhi peraturan
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat adalah...
A. menyisihkan
uang
untuk di
tabung
B. memakai
helm saat berkendaraan motor C.
menolong
orang yang sedang
kesusahan D. selalu
berhemat
UN-SMP-06-28
Contoh perilaku siswa yang mematuhi peraturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah adalah
...
A. tidak mengenakan atribut sekolah
B. selalu
menggunakan uang
SPP
untuk keperluan
sendiri
C. menyontek ketika ulangan
D. selalu mengenakan pakaian seragam
sekolah sesuai ketentuan
UN-SMP-06-29
Salah satu contoh
sikap rukun antarumat
beragama
adalah ...
A. beribadah
bersama-sama
B. memecahkan masalah
agama
C. menghormati
umat beragama lain yang sedang beribadah
D. bersama-sama mendirikan organisasi keagamaan
UN-SMP-06-30
Cara meningkatkan kerukunan hidup antarwarga
negara yang berbeda-beda adalah ...
A.
meningkatkan
keimanan masing-masing pemeluk
agama
B. menumbuhkan
rasa percaya diri
antarpemeluk agama
C. mengendalikan
diri dan menumbuhkan sikap
saling menghormati antarumat beragama
D. mengikuti upacara
ibadah agama lain
Kedaulatan
dalam suatu negara berarti bahwa
negara tersebut bebas ...
A. membantu
negara lain yang menghendakinya
B. mengadakan
hubungan
kerja sama dengan negara
lain
C. membentuk
pemerintahan sendiri
D. mengakui kemerdekaan
bangsa dan negara lain
UN-SMP-06-32
Ciri dari teori kedaulatan rakyat
adalah ...
A. hukum merupakan sesuatu yang tertinggi
B. pemimpin pemerintahan
dianggap dewa
C. kepala
pemerintahan adalah seorang raja
D. adanya partisipasi
rakyat dalam pemerintahan
UN-SMP-06-33
Kedaulatan yang
dianut negara
kesatuan Republik
Indonesia adalah kedaulatan ... A. rakyat
B. negara
C. Tuhan
D. pemerintahan
UN-SMP-06-34
Contoh bentuk dari peran serta masyarakat
dalam
pemerintahan adalah ...
A. melaksanakan Siskamling
B. membentuk
karang taruna
C. memelihara satwa
langka yang dilindungi negara
D.
membantu
petugas sensus penduduk
untuk men-
data jumlah penduduk
UN-SMP-06-35
Kemampuan
dan
kesanggupan untuk melakukan
sesuatu disebut ...
A. kesanggupan diri
B. kesadaran diri C.
kemauan diri
D. kehendak
diri
UN-SMP-06-36
Hakikat pembangunan nasional
adalah pembangunan
...
A. bangsa yang adil dan makmur
B. rakyat
yang
berkeadilan sosial
C. manusia
Indonesia seutuhnya dan
masyarakat
Indonesia seluruhny a
D. masyarakat
yang gemah ripah
dan berkeadilan
UN-SMP-06-37
Bukan merupakan unsur Trilogi Pembangunan
Nasional adalah ...
A.
pemerataan
pembangunan dan
hasil-hasilnya di seluruh
Indonesia
B. pertumbuhan ekonomi
yang cukup tinggi
C. kemajuan antarkota dan desa secara merata
D. stabilitas nasional yang
sehat dan merata
Perhatikan pernyataan
di bawah ini!
1. Warga negara Indonesia
yang sudah berusia
17
tahun
atau sudah menikah.
2. Terdaftar dalam Panitia
Pemilihan.
3. Pendidikan
serendah-rendahnya
SLTA atau sederajat.
4. Bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa.
5. Cakap berbicara, membaca, dan menulis
bahasa Indonesia.
6. Serendah-rendahnya berusia
21 tahun atau lebih.
Dari pernyataan di atas, yang termasuk syarat untuk dapat dipilih dalam Pemilu adalah ...
A. 1, 2, 3, 4, dan 5
B. 1,
3,
4, 5, dan 6
C. 2,
3,
4, 5, dan 6
D. 1, 2, 3, dan
6
UN-SMP-06-39
Sistem pemilihan yang digunakan di Indonesia adalah
...
A. proporsional dengan daftar calon terbuka
B. sistem multi partai
C. proporsional dengan
daftar calon tertutup,
D. sistem distrik
UN-SMP-06-40
Peran serta siswa dalam Pemilu antara
lain diwujudkan
dengan cara ...
A. mengikuti rapat di desa
B. ikut
kampanye partai
C. beramai-ramai datang
ke tempat Pemilu dan
TPS D. menjaga keamanan dan ketertiban
selama Pemilu
berlangsung
UN-SMP-06-41
Sistem perekonomian di Indonesia yang berdasarkan
azas kekeluargaan
merupakan
penjabaran
dari
UUD
1945 ...
A. pasal 31
B. pasal
32
C. pasal
33
D. pasal 34
UN-SMP-06-42
Makna
yang
terkandung dari
pasal
33
UUD 1945
antara lain ...
A. penguasaan atas
sumber kekayaan alam diperguna-
kan
sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat
B. produksi penting
yang menguasai
hajat hidup
orang banyak harus dikuasai negara
C. pihak swasta baik dalam maupun luar
negeri diberikan kebebasan
dalam berusaha
D.
badan usaha yang
sesuai
dengan pasar ini adalah ekonomi
pasar bebas
Bukan merupakan ciri-ciri positif perekonomian
Indonesia adalah ...
A. berlandaskan asas kekeluargaan
B. hak milik perseorangan tidak diakui
C. potensi setiap
orang dikembangkan sebatas tidak
merugikan
kepentingan umum
D.
setiap orang memiliki kebebasan dalam memilih
pekerjaan
UN-SMP-06-44
Di bawah ini contoh perbuatan yang termasuk dalam
makna keadilan distributif adalah ...
A.
ayah membagikan uang saku pada anak-anaknya dengan jumlah yang sama
B. seorang
pengusaha membayar gaji karyawannya dengan jumlah yang sama
C. cara
rnemberikan penilaian
yang sama pada siswa yang .mengikuti
ulangan
D.
setiap karyawan
digaji berdasarkan
pekerjaannya
UN-SMP-06-45
Keberhasilan pelaksanaan pembangunan menuju
terwujudnya keadilan sosial sangat ditentukan oleh ... A. sarana dan prasarana yang ada
B. kemajuan teknologi
modern
C. besarnya dana yang tersedia
D.
partisipasi seluruh warga negara beserta
pemerintah
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
UN-SMP-06-42
Sebutkan isi dari Sumpah Pemuda!
UN-SMP-06-47
Berikan 2 (dua) contoh perbuatan pengendalian
diri
dalam kehidupan sosial dan
budaya!
UN-SMP-06-48
Sebutkan perbedaan antara hukum publik dan hukum
privat!
UN-SMP-06-49
Jelaskan maksud dari
Tri Kerukunan
Hidup
Beragama!
UN-SMP-06-50
Sebutkan
4 (empat) jenis keadilan menurut Aristoteles!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar