Cari Blog Ini

Jumat, 27 September 2019

SMP_-_PPKn_2006-www.examsworld.us


Ujian Nasional
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tahun 2006




UN-SMP-06-0
Melaksanakan   semua   perintah-Nya   dan   menjauhi semua larangan-Nya termasuk pengertian ...
A.  iman
B.   taqwa C. ibadah D.  Islam

UN-SMP-06-02
Sikap   warga   negara   yang   bangga   bertanah   air
Indonesia adalah ...
A.  bangga menggunakan barang-barang produksi luar negeri
B.   bangga menggunakan barang-barang produksi dalam negeri
C.   menganggap produksi luar negeri lebih bagus daripada dalam negeri
D.  menganjurkan untuk menggunakan produksi dalam negeri

UN-SMP-06-03
Contoh perilaku sebagai seorang pelajar adalah ... A.  bekerja keras tanpa mengenal waktu
B.   belajar dengan baik ketika akan menghadapi ulangan
C.   be1ajar dengan teratur, mengerjakan PR, datang ke sekolah tepat waktu
D.  belajar berkelompok karena akan menghadapi
ujian nasional

UN-SMP-06-04
Sikap tenggang rasa dalam kehidupan beragama antara lain ...
A.  menghormati orang lain yang sedang melaksana-
kan ibadah
B.   beribadah bersama dengan penganut agama lain C.   menyuruh orang lain untuk melaksanakan ibadah D.  umat non-muslim ikut berpuasa di bulan
Ramadhan

UN-SMP-06-05
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.    Beban berat menjadi ringan
2.    Menghormati hak dan kewajiban orang lain
3.    Mempererat rasa kekeluargaan
4.    Pekerjaan akan cepat selesai
5.    Masalah yang dapat diselesaikan
Dan pernyataan di atas, yang merupakan makna gotong royong adalah ...
A.  1 – 2 – 3
B.   2 – 3 – 5
C.   1 – 3 – 4
D.  2 – 4 – 5

UN-SMP-06-06
Si  Badu  malu  bertindak  sewenang-wenang  terhadap orang lain karena , tindakan itu ...
A.  akan merugikan dirinya
B.   akan merugikan orang lain
C.   tidak menghargai harkat, martabat, dan derajat manusia
D.  akan merugikan lingkungannya

UN-SMP-06-07
Senjata  yang  ampuh  dalam  mengusir  penjajah  dan
berhasil     dalam    memproklamasikan   kemerdekaan adalah
A.  semangat yang tinggi dari bangsa Indonesia
B.   tinggi rasa persatuan dan kesatuan
C.   senjata bambu runcing yang ditakuti penjajah
D.  banyaknya jumlah para pejuang bangsa

UN-SMP-06-08
Perilaku  yang  menunjukkan  rela  berkorban  dalam
kehidupan sehari-hari adalah ... A.  senang membantu orang lain B.   menengok orang yang sakit
C.   membantu pekerjaan orang tua
D.  merelakan sebagian tanahnya untuk pelebaran jalan

UN-SMP-06-09
Pasal 29 ayat 1 UUD 1945 menjamin setiap penduduk untuk ...
A.  memeluk agama dan beribadah sesuai dengan
keyakinannya masing-masing
B.   mengeluarkan pendapat dan berorganisasi
C.   memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak
D.  memperoleh pendidikan dan pengajaran

UN-SMP-06-10
Melangkahi orang tua yang sedang duduk merupakan perbuatan yang bertentangan dengan ...
A.  ajaran agama yang dianut
B.   norma kesopanan
C.   norma hukum
D.  norma kesusilaan

UN-SMP-06-11
Berikut  ini  merupakan  ciri-ciri  dari  kesederhanaan,
kecuali ...
A.  hidup cermat B.   hidup hemat C.   hidup kikir
D.  tidak bergaya hidup mewah

Sikap yang perlu dikembangkan untuk menunjukkan kerja sama antarumat beragama adalah ...
A.  tidak mengganggu umat beragama lain yang sedang beribadah
B.   mau bekerja sama dengan pemeluk agama lain
dalam beribadah
C.   bersedia mengembangkan ajaran agama lain
D.  membangun tempat beribadah bersama-sama

UN-SMP-06-13
Pernyataan di bawah ini merupakan pernyataan akan
kesetiaan pada bangsa dan negara, kecuali ...
A.  cinta dan rela membela tanah air dan bangsa
B.   patuh dan taat dalam melaksanakan peraturan yang berlaku
C.   bekerja keras untuk kemakmuran diri sendiri dan keluarganya
D.  memiliki disiplin yang tinggi dalam melaksanakan tugas bangsa dan negara

UN-SMP-06-14
Seseorang  yang  mampu  menjaga  nama  baik  dengan
selalu  menaati  peraturan  yang  berlaku  berarti  telah melaksanakan kebersihan dalam bidang ...
A.  hukum
B.   sosial
C.   keagamaan
D.  kemasyarakatan

UN-SMP-06-15
Hak dasar atau hak pokok yang dimiliki sejak lahir dan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa merupakan pengertian dari ...
A.  hak kebebasan manusia
B.   hak azasi manusia
C.   hak dan kewajiban manusia
D.  kewajiban manusia

UN-SMP-06-16
Salah satu contoh pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A.  membela sesuatu sesuai dengan keinginan
B.   tidak memakai perhiasan yang berlebihan
C.   mengikuti gaya hidup mewah orang lain
D.  memberikan sesuatu pada orang lain dengan senang hati

UN-SMP-06-17
Setiap warga negara dituntut ikut berpartisipasi dalam usaha  pembangunan.  Seorang  siswa  dikatakan  ikut
berpartisipasi dalam pembangunan seandainya ...
A.  ikut bekerja bakti membersihkan jalan
B.   selalu mengikuti upacara bendera
C.   datang ke sekolah tepat waktu
D.  belajar dengan baik dan teratur serta mematuhi tata tertib

Pernyataan di bawah ini yang merupakan perilaku rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ...
A.  menyisihkan waktu untuk membantu orang tua
B.   selalu mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi
C.   selalu membela teman yang sedang berkelahi
D.  selalu membayar pajak tepat pada waktunya

UN-SMP-06-1
Sikap siswa yang menampilkan perilaku disiplin dalam lingkungan sekolah adalah ...
A.  selalu   mengikuti   darmawisata   yang   diadakan sekolah
B.   datang ke sekolah tepat waktu dan mematuhi tata tertib sekolah
C.   selalu menghargai teman sekolah
D.  menjaga nama baik sekolah

UN-SMP-06-20
Contoh perbuatan yang rnenunjukkan pengendalian diri dalam bidang ekonomi adalah ...
A.  membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan
B.   menggunakan uang jajan semuanya C.   senang mentraktir teman di sekolah D.  senang berbelanja di supermarket

UN-SMP-06-21
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.     Ketika membawa kendaraan, selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas.
2.     Membeli barang sesuai dengan kemampuan.
3.     Memberi bantuan sesuai dengan kemampuan.
4.     Datang ke sekolah selalu tepat waktu.
5.    Bergotong royong membiiat saluran air.
6.     Membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Pernyataan  di  atas  yang  sesuai  dengan  kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku adalah ...
A.  1 – 3 – 6
B.   2 – 4 – 5
C.   1 – 3 – 5
D.  1 – 4 – 6

UN-SMP-06-22
Penegak  hukum  yang  bertugas  mengajukan  tuntutan
hukum adalah ... A.  hakim
B.   jaksa
C.   kepolisian
D.  polisi

UN-SMP-06-23
Hak dan kewajiban warga negara Indonesia mengenai
usaha pembelaan negara terdapat dalam ... A.  pasal 29 UUD 1945
B.   pasal 30 UUD 1945
C.   pasal 31 UUD 1945
D.  pasal 32 UUD 1945

Hak  dan  kewajiban  warga  negara  Indonesia  diatur dalam pasal ...
A.  27 sampai dengan pasal 34
B.   26 sampai dengan pasal 30
C.   31 sampai dengan pasal 24
D.  18 sampai dengan pasal 34

UN-SMP-06-25
Contoh perilaku warga masyarakat yang memperhati- kan keterlaksanaan hak dan kewajiban warga negara
dalam bermasyarakat di antaranya, kecuali ...
A.  taat membayar pajak
B.   turut menjaga keamanan lingkungan
C.   main hakim sendiri
D.  menghargai jasa orang lain

UN-SMP-06-26
Patuh terhadap peraturan yang berlaku dalam masyara- kat berarti kita ...
A.  mematuhi hukum yang berlaku
B.   memahami tata tertib masyarakat C.   menghargai setiap undang-undang D.  membuat hukum masing-masing

UN-SMP-06-27
Perbuatan yang mematuhi peraturan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat adalah...
A.  menyisihkan uang untuk di tabung
B.   memakai helm saat berkendaraan motor C.   menolong orang yang sedang kesusahan D.  selalu berhemat

UN-SMP-06-28
Contoh perilaku siswa yang mematuhi peraturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah adalah ...
A.  tidak mengenakan atribut sekolah
B.   selalu menggunakan uang SPP untuk keperluan sendiri
C.   menyontek ketika ulangan
D.  selalu mengenakan pakaian seragam sekolah sesuai ketentuan

UN-SMP-06-29
Salah  satu  contoh  sikap  rukun  antarumat  beragama adalah ...
A.  beribadah bersama-sama
B.   memecahkan masalah agama
C.   menghormati umat beragama lain yang sedang beribadah
D.  bersama-sama mendirikan organisasi keagamaan

UN-SMP-06-30
Cara   meningkatkan   kerukunan   hidup   antarwarga
negara yang berbeda-beda adalah ...
A.  meningkatkan keimanan masing-masing pemeluk agama
B.   menumbuhkan rasa percaya diri antarpemeluk agama
C.   mengendalikan diri dan menumbuhkan sikap
saling menghormati antarumat beragama
D.  mengikuti upacara ibadah agama lain

Kedaulatan dalam suatu negara berarti bahwa negara tersebut bebas ...
A.  membantu negara lain yang menghendakinya
B.   mengadakan hubungan kerja sama dengan negara lain
C.   membentuk pemerintahan sendiri
D.  mengakui kemerdekaan bangsa dan negara lain

UN-SMP-06-32
Ciri dari teori kedaulatan rakyat adalah ...
A.  hukum merupakan sesuatu yang tertinggi
B.   pemimpin pemerintahan dianggap dewa
C.   kepala pemerintahan adalah seorang raja
D.  adanya partisipasi rakyat dalam pemerintahan

UN-SMP-06-33
Kedaulatan  yang  dianut  negara  kesatuan  Republik
Indonesia adalah kedaulatan ... A.  rakyat
B.   negara
C.   Tuhan
D.  pemerintahan

UN-SMP-06-34
Contoh  bentuk  dari  peran  serta  masyarakat  dalam
pemerintahan adalah ...
A.  melaksanakan Siskamling
B.   membentuk karang taruna
C.   memelihara satwa langka yang dilindungi negara
D.  membantu petugas sensus penduduk untuk men- data jumlah penduduk

UN-SMP-06-35
Kemampuan   dan   kesanggupan   untuk   melakukan sesuatu disebut ...
A.  kesanggupan diri
B.   kesadaran diri C.   kemauan diri D.  kehendak diri

UN-SMP-06-36
Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan
...
A.  bangsa yang adil dan makmur
B.   rakyat yang berkeadilan sosial
C.   manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat
Indonesia seluruhny a
D.  masyarakat yang gemah ripah dan berkeadilan

UN-SMP-06-37
Bukan    merupakan    unsur     Trilogi      Pembangunan
Nasional adalah ...
A.  pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya di seluruh Indonesia
B.   pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi
C.   kemajuan antarkota dan desa secara merata
D.  stabilitas nasional yang sehat dan merata

Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.    Warga negara Indonesia yang sudah berusia
17 tahun atau sudah menikah.
2.    Terdaftar dalam Panitia Pemilihan.
3.    Pendidikan serendah-rendahnya SLTA atau sederajat.
4.    Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
5.    Cakap berbicara, membaca, dan menulis bahasa Indonesia.
6.    Serendah-rendahnya berusia 21 tahun atau lebih.
Dari pernyataan di atas, yang termasuk syarat untuk dapat dipilih dalam Pemilu adalah ...
A.  1, 2, 3, 4, dan 5
B.   1, 3, 4, 5, dan 6
C.   2, 3, 4, 5, dan 6
D.  1, 2, 3, dan 6

UN-SMP-06-39
Sistem pemilihan yang digunakan di Indonesia adalah
...
A.  proporsional dengan daftar calon terbuka
B.   sistem multi partai
C.   proporsional dengan daftar calon tertutup, D.  sistem distrik

UN-SMP-06-40
Peran serta siswa dalam Pemilu antara lain diwujudkan
dengan cara ...
A.  mengikuti rapat di desa
B.   ikut kampanye partai
C.   beramai-ramai datang ke tempat Pemilu dan TPS D.  menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu
berlangsung

UN-SMP-06-41
Sistem perekonomian di Indonesia yang berdasarkan azas  kekeluargaan  merupakan  penjabaran  dari  UUD
1945 ...
A.  pasal 31
B.   pasal 32
C.   pasal 33
D.  pasal 34

UN-SMP-06-42
Makna  yang  terkandung  dari  pasal  33  UUD  1945 antara lain ...
A.  penguasaan atas sumber kekayaan alam diperguna-
kan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat
B.   produksi penting yang menguasai hajat hidup orang banyak harus dikuasai negara
C.   pihak swasta baik dalam maupun luar negeri diberikan kebebasan dalam berusaha
D.  badan usaha yang sesuai dengan pasar ini adalah ekonomi pasar bebas

Bukan    merupakan   ciri-ciri   positif   perekonomian
Indonesia adalah ...
A.  berlandaskan asas kekeluargaan
B.   hak milik perseorangan tidak diakui
C.   potensi setiap orang dikembangkan sebatas tidak merugikan kepentingan umum
D.  setiap orang memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan

UN-SMP-06-44
Di bawah ini contoh perbuatan yang termasuk dalam
makna keadilan distributif adalah ...
A.  ayah membagikan uang saku pada anak-anaknya dengan jumlah yang sama
B.   seorang pengusaha membayar gaji karyawannya dengan jumlah yang sama
C.   cara rnemberikan penilaian yang sama pada siswa yang .mengikuti ulangan
D.  setiap karyawan digaji berdasarkan pekerjaannya

UN-SMP-06-45
Keberhasilan     pelaksanaan    pembangunan    menuju
terwujudnya keadilan sosial sangat ditentukan oleh ... A.  sarana dan prasarana yang ada
B.   kemajuan teknologi modern
C.   besarnya dana yang tersedia
D.  partisipasi seluruh warga negara beserta pemerintah
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! UN-SMP-06-42
Sebutkan isi dari Sumpah Pemuda!


UN-SMP-06-47
Berikan  2  (dua)  contoh  perbuatan  pengendalian  diri
dalam kehidupan sosial dan budaya!


UN-SMP-06-48
Sebutkan perbedaan antara hukum publik dan hukum privat!


UN-SMP-06-49
Jelaskan maksud dari Tri Kerukunan Hidup Beragama!


UN-SMP-06-50
Sebutkan 4 (empat) jenis keadilan menurut Aristoteles!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar