Ujian Nasional
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan
Tahun 2006
UN-SMP-06-01
Prilaku yang
didasari
keimanan dan
ketaqwaan ter-
hadap Tuhan YME dalam
kehidupan
sehari-hari di
1ingkungan sekolah adalah ...
A.
mengikuti pelajaran dengan tekun dan rajin
B. mendengarkan nasihat guru sewaktu mengalami kesulitan
C. berdoa sebelum dan sesudah belajar
D.
menganjurkan untuk menggunakan produksi dalam
negeri.
UN-SMP-06-02
Sikap warga negara yang bangga
bertanah air
Indonesia adalah ...
A.
bangga menggunakan barang-barang produksi luar
negeri
B. bangga menggunakan barang-barang produksi
dalam
negeri
C. menganggap produksi luar negeri lebih bagus
daripada produksi dalam negeri
D.
menganjurkan untuk menggunakan produksi dalam
negeri
UN-SMP-06-03
Contoh bekerja keras dalam kehidupan keluarga dapat
dilihat di bawah ini ...
A.
membuat kita disenangi oleh anggota masyarakat
B. memperlancar seluruh kegiatan di lingkungan
C. giat membantu orang tua setiap hari dalam mencari
nafkah
D.
belajar, membantu orang tua dan beribadah
UN-SMP-06-04
Sikap tenggang rasa dalam
kehidupan masyarakat
sangat penting dibina karena dapat ...
A.
membuat kita disenangi oleh anggota masyarakat B. memperlancar seluruh kegiatan di lingkungannya C.
menciptakan masyarakat yang mematuhi peraturan D.
menciptakan hubungan yang rukun dan harmonis.
UN-SMP-06-05
Sebagai warga negara yang beragama memiliki harkat
dan martabat
yang sama, untuk
itulah perlu di- kembangkan sikap ...
A.
menjaga keseimbangan antara
hak dan kewajiban
B. dapat bergaul dengan orang yang kita senangi
C. tidak sewenang-wenang terhadap orang lain
D.
selalu mengikuti keinginan dan orang tua
UN-SMP-06-06
Peristiwa 28 Oktober 1928 merupakan suatu landasan
yang kuat dalam perjuangan kemerdekaan
bangsa Indonesia yaitu....
A.
timbulnya semangat juang para pemuda
B. merupakan organisasi perintis perjuangan bangsa
C. mantapkan rasa kebersamaan dalam berorganisasi D.
tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa
Indonesia
UN-SMP-06-07
Contoh
perilaku
rela
berkorban dalam
kehidupan
sehari-hari di sekolah antara lain …
A.
membela teman yang lagi berkelahi
B. menyisihkan uang saku/jajan untuk membantu korban bencana alam
C. mengganti uang teman yang dipinjam
D.
mengakui kesalahan sendiri di depan umum
UN-SMP-06-08
Pasal 29 ayat 2 UUD 1945 menjamin kebebasan tiap- tiap penduduk untuk ...
A.
memeluk agama dan menjalankan ibadah
B. mengeluarkan pendapat dan berorganisasi
C. memperoleh pekerjaan dan kehidupan yang layak
D.
membela dan mempertahankan Negara
UN-SMP-06-09
Salah
satu wujud kesederhanaan hukum yang
dapat dilakukan oleh siswa di sekolah adalah ...
A.
rajin dan tekun belajar
B. aktif dalam semua kegiatan OSIS C.
selalu mengerjakan tugas dari guru
D.
mentaati peraturan tata tertib sekolah
UN-SMP-06-10
Perhatikan pernyataan berikut!
1. menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung
2. mengurangi kebutuhan hidup sehari-hari
3. dapat memanfaatkan sesuatu yang dimiliki
4. menyesusaikan diri dengan lingkungan kehidupan
5. membudayakan hidup yang bersifat konsumtif
6. membiasakan hidup wajar sesuai dengan
kemampuan
Dari pernyataan di atas yang sesuai dengan pola hidup sederhana adalah …
A.
1, 3 dan 6
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 5 dan 6
D.
3, 4 dan 5
Menjalin hubungan kerjasama antarbangsa bertujuan
untuk ...
A.
memperkuat pertahanan negara
B. menciptakan perdamaian dunia
C. meningkatkan pendapatan negara
D.
menambah devisa negara
UN-SMP-06-12
Kerjasama antara Indonesia dan Jepang bersifat ...
A. Regional
B. Bilateral
C. Internasional
D.
Multilateral
UN-SMP-06-13
Sikap warga Negara yang setia terhadap pembangunan
nasional adalah ...
A.
mau bekerja meskipun tidak diberi uang
B. menyerahkan sebagian kekayaannya
C. tidak bersedia bekerja ditempat terpencil
D.
selalu bekerjakeras sesuai kemampuan
UN-SMP-06-14
Salah satu contoh kebiasaan hidup bersih dan sehat yang dilakukan siswi di sekolah adalah …
A.
duduk di kelas dengan tertib dan rapi
B. mengecat dinding kelas
C. membuang sampah pada tempatnya
D.
mengucapkan salam apabila masuk kelas
UN-SMP-06-15
Seseorang dikatakan bersikap bersih
menurut aturan
agama apabila ...
A.
perbuatan sesuai dengan ucapan B.
selalu menjaga kebersihan diri
C. terhindar dari berbagai penyakit
D.
jujur dalam ucapan dan perbuatan
UN-SMP-06-16
Contoh menjaga harga diri dalam pergaulan adalah ...
A.
berpenampilan baik di hadapan umum
B. menepati janji yang telah dibuat
C. selalu tenang dalam menghadapi masalah
D.
memiliki percaya diri yang tinggi
UN-SMP-06-17
Sikap disiplin
sangat diperlukan bagi seseorang, contohnya antara lain ...
A.
dapat mengerjakan tugas dengan baik
B. melaksanakan tugas sesuai ketentuan
C. hasil pekerjaan sangat memuaskan
D.
mengerjakan tugas sesuai dengan kemauan
UN-SMP-06-18
Pengendalian diri dalam kehidupan masyarakat harus
dibina karena dapat menciptakan kehidupan yang ...
A. aman, tentram, seimbang
B. tenang, sejahtera, bahagia
C. selaras, sejahtera, seimbang
D.
adil, makmur, sentosa
Salah satu contoh pengendalian diri dalam kehidupan sehari-sehari adalah ...
A.
membeli sesuatu sesuai keinginan
B. mengikuti gaya hidup orang lain
C. tidak memakai perhiasan berlebihan
D.
memberikan
sesuatu kepada orang lain
UN-SMP-06-20
Di bawah ini merupakan perbuatan yang mencermin-
kan
kepatuhan terhadap norma/peraturan yang berlaku
...
A.
meniyisihkan uang untuk ditabung
B. memakai helm saat mngendarai motor
karena takut ditilang
C. membayar pajak tepat pada waktunya
D.
menolong orang yang sedang kesulitan
UN-SMP-06-2
Yang bertugas dalam memutuskan perkara di
pengadilan adalah ... A. Hakim
B. Jaksa
C. Pengacara
D.
Polisi
UN-SMP-06-22
Setiap warga negara memiliki
hak dan kewajiban yang
sama dalam hukum dan pemerintahan.
Hal
ini diatur dalam UUD 1945 pasal ...
A.
26
B. 27 ayat (l) C.
28 ayat (l) D.
29 ayat (l)
UN-SMP-06-2
Hak Warga negara dalam bidang politik berdasarkan
UUD 1945 adalah ...
A.
menjadi anggota koperasi
B. membela negara
C. mendirikan sekolah
D.
berserikat dan berkumpul
UN-SMP-06-25
Warga negara Indonesia yang baik dalam melaksana-
kan hak dan kewajiban ditunjukan dengan perilaku di bawah ini ...
A.
menuntut hak terlebih dahulu dan pada kewajiban
B. mendahulukan hak daripada kewajiban
C. kewajiban dan hak dilakukan secara bergiliran
D.
menjaga
keseimbangan antara hak dan kewajiban
UN-SMP-06-25
Diantara norma-norma yang ada dalam
kehidupan
masyarakat yang memiliki sangsi yang
paling tegas
adalah ...
A.
agama
B. kesusilaan
C. hukum
D.
kesopanan
Patuh terhadap peraturan yang berlaku dalam
masyarakat berarti kita ...
A.
mematuhi hukum yang berlaku
B. memanami tata tertib masyarakat
C. menghayati setiap Undang-undang D.
membuat hukum masing-masing
UN-SMP-06-27
Perhatikan pernyataan di bawah
ini!
1. menuruti nasehat orang tua
2. menaati rambu-rambu
lalu lintas
3. minta
maaf jika melakukan kesalahan
4. membayar pajak pada waktunya
5. berpakaian secara sopan
6. membuang sampah pada tempatnya
Pada pernyataan di atas contoh perbuatan yang sesuai norma hukum
adalah ...
A.
1, 3 dan 5
B. 1, 2 dan 6
C. 1, 3 dan 6
D.
3, 5 dan 6
UN-SMP-06-28
Perbuatan yang mencerminkan ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku di sekolah
adalah ...
A.
menata pekarangan sekolah sesuai anjuran guru
B. mengunjungi perpustakaan setiap hari
C. mengenakan pakaian seragam sekolah sesuai ketentuan
D.
memanfaatkan fasilitas-fasilitas
yang dimiliki sekolah
UN-SMP-06-29
Salah satu contoh sikap rukun antara umat beragama adalah ...
A.
bersama-sama mendirikan organisasi keagamaan
B. beribadah secara bersama-sama
C. memecahkan masalah agama bersama-sama
D.
menghormati umat beragama lain yang sedang beribadah
UN-SMP-06-30
Cara membina kerukunan hidup antarumat beragama
dapat dilakukan dengan cara ...
A.
mengendalikan diri dan menumbuhkan sikap saling menghormati antar umat beragama
B. meningkatkan keimanan masing-masing pemeluk
agama
C. menumbuhkan rasa percaya diri antar pemeluk
agama
D.
ikut merasakan musibah yang dialami umat beragama
UN-SMP-06-31
Kedaulatan
ke dalam
suatu negara berarti
bahwa
negara tersebut bebas ...
A.
membantu negara lain
B. mengakui kemerdekaan bangsa lain dan negara lain
C. mengadakan hubungan kerjasama dengan negara lain
D.
membentuk pemerintahan sendiri
Yang merupakan ciri-ciri
dari teori kedaulatan rakyat
adalah ...
A.
pemimpin pemerintahan dianggap dewa
B. hukum merupakan sesuatu yang tertinggi
C. adanya partisipasi rakyat dalam pemerintahan
D.
kepala pemerintahan adalah seorang raja
UN-SMP-06-33
Kedaulatan yang dianut R.I seperti tercermin dalam 7 kunci pokok sistem
pemerintahan Indonesia adalah ...
A.
kedaulatan rakyat
B. kedaulatan negara
C. kedaulatan Tuhan
D.
kedaulatan pemerintahan
UN-SMP-06-34
Contoh
peran serta
masyarakat
dalam pemerintahan
adalah ...
A.
membantu petugas sensus penduduk untuk mendata penduduk
B. melaksanakan siskamling
C. membentuk karang taruna
D. memelihara
satwa langka yang :dilindungi negara
UN-SMP-06-35
Makna
kesanggupan diri
berperan serta dalam
pembangunan adalah ...
A.
kesediaan dalam mengisi
pembangunan
B. kesediaan membantu pemerintahan dalam
mensukseskan pembangunan nasional
C. kesediaan dan kemampuan berperan serta dalam
pembangunan
D.
kesediaan dan kepercayaan pada diri sendiri terhadap pembangunan nasional
UN-SMP-06-36
Hakekat pembangunan nasional adalah pembangunan
...
A.
yang merata di seluruh tanah air serta dapat
dirasakan oleh rakyat
B. dari, oleh dan untuk rakyat yang meliputi semua
aspek kehidupan
C. manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat
seluruhnya
D.
berencana dan terpadu dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.
UN-SMP-06-37
Dibawah ini yang bukan termasuk Trilogi pembangun-
an adalah ...
A.
delapan jalur pemerataan pembangunan nasional
B. pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya
C. pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi
D.
stabilitas nasional
yang cukup tinggi
UN-SMP-06-38
Salah satu syarat dipilih dalam pemilu adalah ...
A. Warga negara asli bukan keturunan
B. Pendidikan minimal S-1
C. WNI yang telah berusia 21 tahun dan bertaqwa pada Tuhan YME
D.
bertempat tinggal di Indonesia
UN-SMP-06-39
Sistem pemilu yang dilaksanakan pada pemilu 2004
adalah ...
A.
propesional/perwakilan berimbang
B. distrik
C. daftar
calon tertutup
D.
demokrasi
UN-SMP-06-40
Berperan serta dalam pemilu dapat diwujudkan dengan
cara ...
A.
menggunakan hak pilihnya dengan baik
B. mengakui hasil pemilu
C. menghormati hak-hak pemilih dengan baik
D.
mengamati pelaksanaan pemilu
UN-SMP-06-41
Sistem
perekonomian Indonesia yang berdasarkan
UUD adalah ...
A.
memberikan kebebasan bersaing kepada
masyarakat
B. usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan
C. pemusatan kekuatan ekonomi pada rakyat banyak
D.
usaha bersama dikuasai negara sepenuhnya
UN-SMP-06-42
Tata kehidupan perekonomian Indonesia menurut pasal
33 ayat 1 harus berdasarkan atas asas ...
A. ekonomi pasar bebas
B. kekeluargaan
C. kapitalisme
D.
Etatisme
UN-SMP-06-43
Contoh perbuatan yang menggambarkan prinsip keadilan adalah ...
A.
Memberikan sesuatu
sama besar sesuai jenis
kelaminnya
B. seorang ayah memberikan
uang jajan anaknya sama rata
C. memberikan upah sama besamya pada setiap
karyawan
D.
memberikan upah sesuai dengan pekerjaannya
UN-SMP-06-44
Sukses tidaknya pembanguhan nasional tergantung
pada ...
A.
pemerintah
B. negara
C. masyarakat
D.
segenap masyarakat Indonesia
UN-SMP-06-45
Bentuk usaha
yang sesuai dengan asas kekeluargaan
adalah ... A.
PT
B. Perum
C. Koperasi
D.
CV
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
UN-SMP-06-46
Sebutkan
4
pasal UUD yang
menjamin hak
dan kewajibab warga negara Indonesia!
UN-SMP-06-47
Berikan 3 contoh perbuatan yang sesuai dengan pola hidup sederhana!
UN-SMP-06-48
Sebutkan 3 contoh tolerasi/hormat menghormati antar
umat beragama !
UN-SMP-06-49
Sebutkan ciri-ciri negara yang harus dihindari dalam
kehidupan perekonomian Indonesia!
UN-SMP-06-50
Sebutkan 4 jenis keadilan menurut Arsitoteles !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar