Cari Blog Ini

Jumat, 27 September 2019

SMP_-_PPKn_2005-www.examsworld.us

Ujian Nasional
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tahun 2006




UN-SMP-06-01
Prilaku  yang  didasari  keimanan  dan  ketaqwaan  ter- hadap  Tuhan  YME  dalam  kehidupan  sehari-hari  di
1ingkungan sekolah adalah ...
A.  mengikuti pelajaran dengan tekun dan rajin
B.   mendengarkan nasihat guru sewaktu mengalami kesulitan
C.   berdoa sebelum dan sesudah belajar
D.  menganjurkan untuk menggunakan produksi dalam negeri.

UN-SMP-06-02
Sikap   warga   negara   yang   bangga   bertanah   air
Indonesia adalah ...
A.  bangga menggunakan barang-barang produksi luar negeri
B.   bangga menggunakan barang-barang produksi
dalam negeri
C.   menganggap produksi luar negeri lebih bagus daripada produksi dalam negeri
D.  menganjurkan untuk menggunakan produksi dalam negeri

UN-SMP-06-03
Contoh bekerja keras dalam kehidupan keluarga dapat
dilihat di bawah ini ...
A.  membuat kita disenangi oleh anggota masyarakat
B.   memperlancar seluruh kegiatan di lingkungan
C.   giat membantu orang tua setiap hari dalam mencari nafkah
D.  belajar, membantu orang tua dan beribadah

UN-SMP-06-04
Sikap  tenggang  rasa  dalam  kehidupan  masyarakat
sangat penting dibina karena dapat ...
A.  membuat kita disenangi oleh anggota masyarakat B.   memperlancar seluruh kegiatan di lingkungannya C.   menciptakan masyarakat yang mematuhi peraturan D.  menciptakan hubungan yang rukun dan harmonis.

UN-SMP-06-05
Sebagai warga negara yang beragama memiliki harkat
dan  martabat  yang  sama,  untuk  itulah  perlu  di- kembangkan sikap ...
A.  menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
B.   dapat bergaul dengan orang yang kita senangi
C.   tidak sewenang-wenang terhadap orang lain
D.  selalu mengikuti keinginan dan orang tua

UN-SMP-06-06
Peristiwa 28 Oktober 1928 merupakan suatu landasan yang kuat dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu....
A.  timbulnya semangat juang para pemuda
B.   merupakan organisasi perintis perjuangan bangsa C.   mantapkan rasa kebersamaan dalam berorganisasi D.  tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa
Indonesia

UN-SMP-06-07
Contoh  perilaku  rela   berkorban  dalam  kehidupan sehari-hari di sekolah antara lain
A.  membela teman yang lagi berkelahi
B.   menyisihkan uang saku/jajan untuk membantu korban bencana alam
C.   mengganti uang teman yang dipinjam
D.  mengakui kesalahan sendiri di depan umum

UN-SMP-06-08
Pasal 29 ayat 2 UUD 1945 menjamin kebebasan tiap- tiap penduduk untuk ...
A.  memeluk agama dan menjalankan ibadah
B.   mengeluarkan pendapat dan berorganisasi
C.   memperoleh pekerjaan dan kehidupan yang layak
D.  membela dan mempertahankan Negara

UN-SMP-06-09
Salah  satu  wujud  kesederhanaan hukum yang  dapat dilakukan oleh siswa di sekolah adalah ...
A.  rajin dan tekun belajar
B.   aktif dalam semua kegiatan OSIS C.   selalu mengerjakan tugas dari guru
D.  mentaati peraturan tata tertib sekolah

UN-SMP-06-10
Perhatikan pernyataan berikut!
1.   menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung
2.   mengurangi kebutuhan hidup sehari-hari
3.   dapat memanfaatkan sesuatu yang dimiliki
4.   menyesusaikan diri dengan lingkungan kehidupan
5.   membudayakan hidup yang bersifat konsumtif
6.   membiasakan hidup wajar sesuai dengan kemampuan
Dari pernyataan di atas yang sesuai dengan pola hidup sederhana adalah
A.  1, 3 dan 6
B.   1, 2 dan 4
C.   2, 5 dan 6
D.  3, 4 dan 5

Menjalin hubungan kerjasama antarbangsa bertujuan untuk ...
A.  memperkuat pertahanan negara
B.   menciptakan perdamaian dunia
C.   meningkatkan pendapatan negara
D.  menambah devisa negara

UN-SMP-06-12
Kerjasama antara Indonesia dan Jepang bersifat ... A.  Regional
B.   Bilateral
C.   Internasional
D.  Multilateral

UN-SMP-06-13
Sikap warga Negara yang setia terhadap pembangunan
nasional adalah ...
A.  mau bekerja meskipun tidak diberi uang
B.   menyerahkan sebagian kekayaannya
C.   tidak bersedia bekerja ditempat terpencil
D.  selalu bekerjakeras sesuai kemampuan

UN-SMP-06-14
Salah satu contoh kebiasaan hidup bersih dan sehat yang dilakukan siswi di sekolah adalah
A.  duduk di kelas dengan tertib dan rapi
B.   mengecat dinding kelas
C.   membuang sampah pada tempatnya
D.  mengucapkan salam apabila masuk kelas

UN-SMP-06-15
Seseorang dikatakan bersikap bersih  menurut aturan agama apabila ...
A.  perbuatan sesuai dengan ucapan B.   selalu menjaga kebersihan diri C.   terhindar dari berbagai penyakit
D.  jujur dalam ucapan dan perbuatan

UN-SMP-06-16
Contoh menjaga harga diri dalam pergaulan adalah ...
A.  berpenampilan baik di hadapan umum
B.   menepati janji yang telah dibuat
C.   selalu tenang dalam menghadapi masalah
D.  memiliki percaya diri yang tinggi

UN-SMP-06-17
Sikap   disiplin   sangat   diperlukan   bagi   seseorang, contohnya antara lain ...
A.  dapat mengerjakan tugas dengan baik
B.   melaksanakan tugas sesuai ketentuan
C.   hasil pekerjaan sangat memuaskan
D.  mengerjakan tugas sesuai dengan kemauan

UN-SMP-06-18
Pengendalian diri dalam kehidupan masyarakat harus
dibina karena dapat menciptakan kehidupan yang ... A.  aman, tentram, seimbang
B.   tenang, sejahtera, bahagia
C.   selaras, sejahtera, seimbang
D.  adil, makmur, sentosa

Salah satu contoh pengendalian diri dalam kehidupan sehari-sehari adalah ...
A.  membeli sesuatu sesuai keinginan
B.   mengikuti gaya hidup orang lain
C.   tidak memakai perhiasan berlebihan
D.  memberikan sesuatu kepada orang lain

UN-SMP-06-20
Di bawah ini merupakan perbuatan yang mencermin- kan kepatuhan terhadap norma/peraturan yang berlaku
...
A.  meniyisihkan uang untuk ditabung
B.   memakai helm saat mngendarai motor karena takut ditilang
C.   membayar pajak tepat pada waktunya
D.  menolong orang yang sedang kesulitan

UN-SMP-06-2
Yang bertugas dalam memutuskan perkara di
pengadilan adalah ... A.  Hakim
B.   Jaksa
C.   Pengacara
D.  Polisi

UN-SMP-06-22
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam hukum dan pemerintahan. Hal ini diatur dalam UUD 1945 pasal ...
A.  26
B.   27 ayat (l) C.   28 ayat (l) D.  29 ayat (l)

UN-SMP-06-2
Hak Warga negara dalam bidang politik berdasarkan
UUD 1945 adalah ...
A.  menjadi anggota koperasi
B.   membela negara
C.   mendirikan sekolah
D.  berserikat dan berkumpul

UN-SMP-06-25
Warga negara Indonesia yang baik dalam melaksana- kan hak dan kewajiban ditunjukan dengan perilaku di bawah ini ...
A.  menuntut hak terlebih dahulu dan pada kewajiban
B.   mendahulukan hak daripada kewajiban
C.   kewajiban dan hak dilakukan secara bergiliran
D.  menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban

UN-SMP-06-25
Diantara  norma-norma  yang  ada  dalam  kehidupan
masyarakat yang  memiliki sangsi  yang  paling  tegas adalah ...
A.  agama
B.   kesusilaan
C.   hukum
D.  kesopanan

Patuh   terhadap   peraturan   yang    berlaku    dalam masyarakat berarti kita ...
A.  mematuhi hukum yang berlaku
B.   memanami tata tertib masyarakat C.   menghayati setiap Undang-undang D.  membuat hukum masing-masing

UN-SMP-06-27
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.    menuruti nasehat orang tua
2.    menaati rambu-rambu lalu lintas
3.    minta maaf jika melakukan kesalahan
4.    membayar pajak pada waktunya
5.    berpakaian secara sopan
6.    membuang sampah pada tempatnya
Pada pernyataan di atas contoh perbuatan yang sesuai norma hukum adalah ...
A.  1, 3 dan 5
B.   1, 2 dan 6
C.   1, 3 dan 6
D.  3, 5 dan 6

UN-SMP-06-28
Perbuatan yang mencerminkan ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku di sekolah adalah ...
A.  menata pekarangan sekolah sesuai anjuran guru
B.   mengunjungi perpustakaan setiap hari
C.   mengenakan pakaian seragam sekolah sesuai ketentuan
D.  memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki sekolah

UN-SMP-06-29
Salah satu contoh sikap rukun antara umat beragama adalah ...
A.  bersama-sama mendirikan organisasi keagamaan
B.   beribadah secara bersama-sama
C.   memecahkan masalah agama bersama-sama
D.  menghormati umat beragama lain yang sedang beribadah

UN-SMP-06-30
Cara membina kerukunan hidup antarumat beragama
dapat dilakukan dengan cara ...
A.  mengendalikan diri dan menumbuhkan sikap saling menghormati antar umat beragama
B.   meningkatkan keimanan masing-masing pemeluk agama
C.   menumbuhkan rasa percaya diri antar pemeluk
agama
D.  ikut merasakan musibah yang dialami umat beragama

UN-SMP-06-31
Kedaulatan  ke  dalam  suatu  negara  berarti  bahwa
negara tersebut bebas ...
A.  membantu negara lain
B.   mengakui kemerdekaan bangsa lain dan negara lain
C.   mengadakan hubungan kerjasama dengan negara lain
D.  membentuk pemerintahan sendiri

Yang merupakan ciri-ciri dari teori kedaulatan rakyat adalah ...
A.  pemimpin pemerintahan dianggap dewa
B.   hukum merupakan sesuatu yang tertinggi
C.   adanya partisipasi rakyat dalam pemerintahan
D.  kepala pemerintahan adalah seorang raja

UN-SMP-06-33
Kedaulatan yang dianut R.I seperti tercermin dalam 7 kunci pokok sistem pemerintahan Indonesia adalah ...
A.  kedaulatan rakyat
B.   kedaulatan negara
C.   kedaulatan Tuhan
D.  kedaulatan pemerintahan

UN-SMP-06-34
Contoh  peran  serta  masyarakat  dalam  pemerintahan
adalah ...
A.  membantu petugas sensus penduduk untuk mendata penduduk
B.   melaksanakan siskamling
C.   membentuk karang taruna
D.  memelihara satwa langka yang :dilindungi negara

UN-SMP-06-35
Makna   kesanggupan   diri   berperan   serta   dalam pembangunan adalah ...
A.  kesediaan dalam mengisi pembangunan
B.   kesediaan membantu pemerintahan dalam mensukseskan pembangunan nasional
C.   kesediaan dan kemampuan berperan serta dalam
pembangunan
D.  kesediaan dan kepercayaan pada diri sendiri terhadap pembangunan nasional

UN-SMP-06-36
Hakekat pembangunan nasional adalah pembangunan
...
A.  yang merata di seluruh tanah air serta dapat dirasakan oleh rakyat
B.   dari, oleh dan untuk rakyat yang meliputi semua aspek kehidupan
C.   manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat
seluruhnya
D.  berencana dan terpadu dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

UN-SMP-06-37
Dibawah ini yang bukan termasuk Trilogi pembangun-
an adalah ...
A.  delapan jalur pemerataan pembangunan nasional
B.   pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya
C.   pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi
D.  stabilitas nasional yang cukup tinggi

UN-SMP-06-38
Salah satu syarat dipilih dalam pemilu adalah ... A.  Warga negara asli bukan keturunan
B.   Pendidikan minimal S-1
C.   WNI yang telah berusia 21 tahun dan bertaqwa pada Tuhan YME
D.  bertempat tinggal di Indonesia

UN-SMP-06-39
Sistem pemilu yang dilaksanakan pada pemilu 2004 adalah ...
A.  propesional/perwakilan berimbang
B.   distrik
C.   daftar calon tertutup
D.  demokrasi

UN-SMP-06-40
Berperan serta dalam pemilu dapat diwujudkan dengan cara ...
A.  menggunakan hak pilihnya dengan baik
B.   mengakui hasil pemilu
C.   menghormati hak-hak pemilih dengan baik
D.  mengamati pelaksanaan pemilu

UN-SMP-06-41
Sistem   perekonomian  Indonesia   yang   berdasarkan
UUD adalah ...
A.  memberikan kebebasan bersaing kepada masyarakat
B.   usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan
C.   pemusatan kekuatan ekonomi pada rakyat banyak
D.  usaha bersama dikuasai negara sepenuhnya

UN-SMP-06-42
Tata kehidupan perekonomian Indonesia menurut pasal
33 ayat 1 harus berdasarkan atas asas ... A.  ekonomi pasar bebas
B.   kekeluargaan
C.   kapitalisme
D.  Etatisme

UN-SMP-06-43
Contoh perbuatan yang menggambarkan prinsip keadilan adalah ...
A.  Memberikan sesuatu sama besar sesuai jenis
kelaminnya
B.   seorang ayah memberikan uang jajan anaknya sama rata
C.   memberikan upah sama besamya pada setiap
karyawan
D.  memberikan upah sesuai dengan pekerjaannya

UN-SMP-06-44
Sukses  tidaknya  pembanguhan  nasional  tergantung
pada ...
A.  pemerintah
B.   negara
C.   masyarakat
D.  segenap masyarakat Indonesia

UN-SMP-06-45
Bentuk usaha yang sesuai dengan asas kekeluargaan
adalah ... A.  PT
B.   Perum
C.   Koperasi
D.  CV

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!


UN-SMP-06-46
Sebutkan  4  pasal  UUD  yang  menjamin  hak  dan kewajibab warga negara Indonesia!


UN-SMP-06-47
Berikan 3 contoh perbuatan yang sesuai dengan pola hidup sederhana!


UN-SMP-06-48
Sebutkan 3 contoh tolerasi/hormat menghormati antar
umat beragama !


UN-SMP-06-49
Sebutkan ciri-ciri negara yang harus dihindari dalam
kehidupan perekonomian Indonesia!


UN-SMP-06-50
Sebutkan 4 jenis keadilan menurut Arsitoteles !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar