Ujian Akhir
Sekolah
Tahun 2002
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan
UAS-SMP-02-01
Seseorang yang bertakwa dapat terlihat dari sikapnya
yang ...
A. berusaha untuk
mencari keridhaan Tuhan B.
berusaha menunaikan segala kewajibannya
C. mudah mengucapkan janji pada setiap orang D. selalu beribadat
di setiap kesempatan
UAS-SMP-02-02
Yang tidak
termasuk ciri-ciri orang bertakwa
adalah ...
A. percaya akan adanya Tuhan
B. menjalankan segala
perintah-Nya
C. meyakini kebenaran ajaran
semua agama
D. menjauhi segala
yang dilarang-Nya
UAS-SMP-02-03
Manakah
contoh sikap
seseorang
yang bangga
berbangsa dan bertanah air Indonesia dalam pergaulan
kehidupan sehari-hari ?
A. Hanya menggunakan
bahasa Indonesia dalam
setiap kesempatan,
berkomunikasi dengan
siapapun.
B. Sering melakukan
kegiatan-kegiatan sosial demi
kemajuan bangsa dan negara
dimanapun ia berada.
C. Selalu menggunakan barang buatan bangsa dan negara
sendiri
bila
dihadapkan kepada beberapa
pilihan.
D.
Mengutamakan
penggunaan
barang-barang produksi dalam negeri untuk
konsumsi sehari-hari.
UAS-SMP-02-04
Sikap bela
negara
di lingkungan masyarakat
dapat diwujudkan
dengan cara ...
A. mempelajari peraturan
perundangan yang berlaku
B.
mengetahui hak dan kewajiban warga negara yang baik
C. menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan
D. saling menghormati
antar warga masyarakat
UAS-SMP-02-05
Sikap nasionalisme yang
dapat ditunjukkan
seorang pelajar
di sekolah adalah
...
A. mengembangkan antipati kepada teman yang sombong
B. membina pergaulan
harmonis dengan siapapun
C. menyanyikan
lagu-lagu yang menggugah
semangat
D. membantu teman
dekat dalam mengerjakan tugas
UAS-SMP-02-06
Contoh upaya untuk menjaga ketertiban sekolah adalah
...
A.
siswa
secara
bergiliran
harus patroli keamanan sekolah
B. guru secara bergiliran harus
melakukan
patroli
keamanan sekolah
C.
semua pihak harus melaksanakan hak dan
kewajibannya dengan baik
D. penjaga sekolah harus selalu membantu keamanan
lingkungan
UAS-SMP-02-07
Akibat bila seseorang tidak suka
bekerja keras adalah
…
A. menimbulkan
kemiskinan
B. meningkatnya kriminalitas
C. melemahnya daya
saing
D. menimbulkan ketergantungan
UAS-SMP-02-08
Sikap hidup
sederhana yang dapat
diwujudkan
oleh
seorang pelajar adalah...
A. rajin menabung
kelebihan uang sakunya
B. tidak suka
membawa
uang saku berlebihan
C. menolak
setiap pemberian orang lain
D. menggunakan
uang saku untuk
keperluan sekolah
UAS-SMP-02-09
Bangsa
Indonesia menyadari
dan mengakui hak
seseorang
untuk berpegang
teguh
pada ajaran agamanya
serta memiliki hak
yang sama untuk membina
dan
mengembangkan ajaran agamanya.
Dari ilustrasi tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa
manfaat tenggang rasa adalah ...
A.
memberi kebebasan kepada orang lain unluk tidak
beragama
B. menjalin kelangsungan
kegiatan apapun tanpa terbatasi ajaran agama
C. bangsa Indonesia
memberi
kesempatan
kepada bangsa lain berbeda agama
D. menjamin ketenangan beribadat dan keselamatan
bangsa dan
negana
Tatkala umat Islam
sedang menjalankan ibadah puasa
pada bulan Ramadhan, para penjaja makanan;| menutupi tempat
berdagang agar tidak mengganggu-
orang yang sedang berpuasa.
Ilustrasi tersebut. menggambarkan tenggang rasa dalam
kehidupan beragama
yang manfaatnya untuk ...
A.
menghormati kebebasan beribadah dan memeluk agama
B. mengendalikan diri agar tidak mengganggu umat agama
lain
C. menghormati orang yang sedang menjalankan
ibadahnya
D.
memberikan kesempatan berusaha
ketika
orang
lain menjalankan ibadah
UAS-SMP-02-11
Salah satu
contoh kegiatan gotong-royong dalam kehidupan negara antara DPR dengan presiden adalah
...
A. pembuatan
undang-undang
B. pengangkatan menteri
negara C. penyusunan
rancangan APBN D. penetapan
keputusan Presiden
UAS-SMP-02-12
Upaya yang
seharusnya dilakukan agar semangat
gotong-royong
tidak luntur adalah ...
A.
menumbuhkan sikap menghormati orang lain
B. mengembangkan sikap saling
bantu membantu
C. menanamkan sikap percaya pada diri sendiri
D.
mengembangkan sikap
inisiatif dan kreatif
UAS-SMP-02-13
Kejahatan yang terjadi di jalanan menyebabkan sopir angkutan umum mogok
kerja, mereka merasa ...
A.
hak-haknya diganggu
oleh
orang lain
B. pemerintah mengabaikan tugas dan kewajibannya
C. aparat
keamanan tidak melakukan hak dan
kewajibannya
D.
kurang
dipedulikan
para penumpangnya
UAS-SMP-02-14
Alasan utama kita harus menghormati orang lain, agar
dapat ...
A.
bekerjasama dengan orang lain
B. menghindari
tindakan yang semena-mena C.
memajukan pergaulan
dalam masyarakat D. menjauhkan diri dari
perbuatan terlarang
UAS-SMP-02-15
Alasan kita harus saling menghormati dengan bangsa
lain seperti
di bawah mi, kecuali
...
A.
semua bangsa
memiliki serangkaian
hak
dan kewajiban asasi
yang sama
B. negara yang kuat dan maju memiliki derajat
yang lebih tinggi
C. bangsa Indonesia merasa dirinya bagian dari
seluruh
umat manusia
D.
tak satu
negarapun mampu
memenuhi seluruh
kebutuhan rakyatnya
Contoh sikap cinta persatuan dan kesatuan di dalam
kehidupan sehari-hari adalah ...
A.
menerima
semua
bentuk perlakuan orang lain
B. menolak
setiap gagasan dari tetangga C.
tidak mendukung
adanya perpecahan D. membiarkan
pertikaian antarwarga
UAS-SMP-02-17
Salah satu pengaruh
positif terhadap kemajemukan bangsa bagi persatuan dan
kesatuan bangsa adalah ...
A.
terwujudhya kekompakan
dalam melaksanakan
pembangunan
di segala bidang
B. tersedianya sumber daya alam dan potensi bangsa yang cukup tinggi
C. terbinanya suasana saling mengawasi antarbangsa yang
beranekaragam
D.
mudah dikenal dan dikunjungi oleh bangsa-bangsa
yang berbudaya
UAS-SMP-02-18
Makna sikap
rela berkorban adalah ...
A.
menumbuhkan sikap mau bekerja
keras
B. menumbuhkan
sikap pengabdian yang tulus
C. meningkatkan kemampuan
hidup mandiri
D.
mengembangkan
kepribadian yang
mantap
UAS-SMP-02-19
Kebebasan beribadah dan memeluk agama merupakan
hak yang paling asasi,
karena itu umat
beragama
berkewajiban ...
A.
saling menghormati satu sama
lain
B. memeluk salah satu agama
C. melaksanakan
segala perintahnya
D. bersyukur terhadap Tuhan Yang
Maha Esa
UAS-SMP-02-20
Contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran
berbangsa dan bernegara adalah ...
A.
memakai barang-barang
buatan dalam negeri
B. mengakui kualitas barang-barang buatan
dalam
negeri
C. memanfaatkan
barang-barang
buatan luar negeri
D. menghormati barang-barang buatan dalam negeri
UAS-SMP-02-21
Alasan seseorang memiliki sikap hidup sederhana, agar
dapat ...
A.
menyesuaikan dengan
keadaan sekitarnya
B. menuruti
keinginan pribadi
sendiri
C. menikmati
hidup nyaman sampai tua
D.
menyesuaikan dengan
kemampuan
hidupnya
UAS-SMP-02-22
Jika tidak ada
kerjasama antarumat beragama di
Indonesia akibat
yang terjadi adalah
...
A.
meningkatnya kejahatan dan
pelanggaran
B. kesenjangan sosial semakin tajam
C. kemiskinan dan
pengangguran bertambah
D.
melemahkan dan
mengancam stabilitas
nasional
Contoh perilaku bersahabat dan kekeluargaan
antarsuku adalah ...
A. mengadakan program pertukaran kesenian
daerah
B.
melaksanakan perkawinan mewah pasangan
sedaerah
C. memahami latar belakang timbulnya perbedaan- perbedaan
D. menghormati keanekaragaman budaya daerah
UAS-SMP-02-24
Bentuk kerjasama dalam bidang
sosial
kemasya-
rakatan adalah ...
A.
menolong teman dalam belajar
B. membantu pekerjaan orang tua C.
membuat
pos siskamling
D. membantu
petugas piket menyapu
kelas
UAS-SMP-02-25
Salah satu
contoh
kesetiaan warga negara Indonesia
dalam pembelaan negara
adalah
membela
negara
apabila ...
A. bangsa dalam keadaan terancam bahaya
B. ingin menjadi pahlawan nasional
C. menyenangi dinas wajib militer (wamil)
D. diminta oleh
pemerintah
yang berdaulat
UAS-SMP-02-26
Akibat yang timbul
apabila
seseorang
tidak
meme-
lihara kebersihan lahiriah adalah ... A. mudah terserang penyakit
B. tidak berumur panjang
C. hidupnya kurang bersemangat
D. pertumbuhan badannya kurang
normal
UAS-SMP-02-27
Jika seseorang tidak mampu menjaga harga diri dalam
kehidupan sehari-hari, akibat yang akan muncul adalah
...
A. mengurangi percaya diri B.
merendahkan martabat C. perasaan
rendah diri
D. persaingan yang tidak sehat
UAS-SMP-02-28
Sikap rela berkorban dalam pelaksanaan pembangunan
karena bermanfaat
untuk ...
A.
menekan
semua hambatan pembangunan agar tidak muncul
B. mempercepat
pemerataan, pembangunan dan hasil-
hasilnya
C. memperlancar pencapaian
tujuan
pembangunan
nasional
D.
mendorong pelaksanaan pembangunan agar tidak gagal
Seorang
warga
negara yang rela berkorban untuk
bangsa dan
negara, seharusnya
karena didorong oleh ... A. ketaatan terhadap pemerintahan
yang sedang
berkuasa
E. keinginan memberantas penguasa;yang berlaku tidak adil
B. kemauan untuk melaksanakan kewajiban terhadap
bangsa
C. kecintaan terhadap
tanah air, bangsa, dan negara
UAS-SMP-02-3
Contoh perilaku rela berkorban dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan adalah ...
A. mengusahakan
ketertiban masyarakat
B. memelihara
kebersihan lingkungan
C. menjaga keindahan
rumah masing-masing
D. mengusahakan
air
bersih untuk
warga sekitar
UAS-SMP-02-31
Contoh nyata
perbuatan
disiplin dalam kehidupan
sehari-hari adalah ...
A. Pak Karta menyelesaikan tugasnya dengan baik
B. Hakim
melaksanakan sidang sesuai waktu yang
ditentukan
C. Andi berangkat ke sekolah setiap hari naik sepeda
D. Dokter memberi harga obat
sesuai kemampuan
UAS-SMP-02-32
Akibat jika tidak ada sikap disiplin
dalam kehidupan bermasyarakat adalah
...
A. kehidupan masyarakat menjadi
tidak
tertib dan
tidak aman
B. keselamatan
warga
masyarakat
terancam
karena banyaknya kekacauan
C. tidak
terwujud
toleransi
antarumat
beragama di
lingkungan masyarakat
D. pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas meningkat
tajam
UAS-SMP-02-33
Jika seorang siswa disiplin
dalam menggunakan waktu-
nya, cita-citanya
dengan mudah akan
tercapai sebab ...
A. disiplin menggunakan waktu
berarti keteraturan
B. disiplin terhadap
waktu perlu
dilakukan
setiap
orang
C.
disiplin merupakan syarat penting menuju keberhasilan
D. cita-cita sangat erat
kaitannya dengan sikap
disiplin
UAS-SMP-02-34
Dalam kehidupan sehari-hari, harus selalu menjaga
harga diri
antara lain dengari cara ...
A. mengembangkan sikap
saling mencintai
B. mempergunakan hak
sebagaimana mestinya C.
mengembangkan sikap
percaya
diri yang kuat D. membantu
orang
yang sedang kesusahan
Salah satu manfaat pengendalian diri dalam kehidupan
sehari-hari adalah ...
A.
dihormati oleh
anggota masyarakat
B. terpelihara keserasian
hubungan
C. tercipta keamanan dan ketertiban
D. terpenuhi kebutuhan hidup bersama
UAS-SMP-02-36
Pelaksanaan pengendalian diri dalam kehidupan sehari- hari sangat penting artinya
bagi seseorang yaitu ...
A.
mempererat hubungan pergaulan
B. nienciptakan keharmonisan hubungan C.
meningkatkan hubungan
kekeluargaan D. memperluas
hubungan antar sesama
UAS-SMP-02-37
Sifat-sifat norma:
I. 1.
fleksibel
2. mengikat
3. tertulis
II. 1.
memaksa
2. mengikat
3. kaku
III.
l.
mernaksa
2. luwei
3. tertulis
IV. 1. mengikat
2. sanksinya tegas
3. toleran
Kelompok pernyataan
yang menunjukkan perbedaaa antara sifat norma hukum dengan norma agama,
kesusilaan dan kesopanan adalah nomor ...
A.
IV B. III C. II
D.
I
UAS-SMP-02-38
Tujuan diberlakukannya hukum adalah ...
A. membela
orang yang sedang berperkara di
pengadilan
B. menciptakan ketertiban dan dipenuhinya hak dan
kewajiban
nianusia
C.
memberikan hukuman yang seberat-beratnya
kepada setiap pelanggaran
D.
menciptakan
kerjasama yang baik
antara
Kepolisian, Jaksa dan
Hakim
UAS-SMP-02-39
Salah satu akibat yang timbul jika seorang siswa tidak
mematuhi peraturan sekolah adalah
...
A. timbulnya keresahan guru
dan orang tua
B. terganggunya
ketertiban masyarakat
C. tidak
dapat belajar dengan tertib, tenang
D. tercipta suasana gaduh dalam kelas
Ketidakadilan dalam masyarakat
mengakibatkan
...
A. terjadinya kesalahpahaman antarwarga masyarakat
B. pertentangan
dan perselisihan antar masyarakat
C.
renggangnya tali persaudaraan dalam hidup
bermasyarakat
D. pudarnya nilai-nilai dalam tatanan hidup
bermasyarakat
UAS-SMP-02-41
Peraturan perundangan yang digunakan untuk
menetapkan segala
macam pajak berpedoman pada
UUD 1945 tepatnyapada ... A. pasal
23 ayat 1
B. pasal
23 ayat 2
C. pasal
23 ayat 3
D. pasal 23 ayat
4
UAS-SMP-02-42
Contoh kerukunan hidup
antarumat
beragama dalam
kehidupan sehari-hari
adalah
...
A. mengadakan peringatan hari besar
keagamaan
B. menyelesaikan pembangunan tempat
ibadah
C. mengikuti
upacara pemakaman jenazah
D. memperbaiki jalan desa
secara gotong royong
UAS-SMP-02-43
Yang dimaksud kerukunan hidup antarumat beragama adalah terciptanya suasana keharmonisan bagi
...
A. pemahaman terhadap ajaran
agama
B. penyebaran/pengembangan
agama
C. umat
beragama yang berbeda-beda
D. perbedaan
keyakinan terhadap agama
UAS-SMP-02-44
Pengertian kedaulatan
keluar adalah ...
A.
negara Indonesia bebas menjalin kerjasama dengan
bangsa
lain
B.
pemerintah Indonesia bebas menjual hasil
industrinya ke negara lain
C. pemberdayaan
sumber daya alam dilakukan secara bebas oleh negara
D. negara berhak menjual dan.membeli barang
yang
dibutuhkan
oleh rakyat
UAS-SMP-02-45
Semua keputusan dan ketetapan MPR harus dipatuhi
dan dijunjung tinggi
sebab MPR ...
A. merupakan lembaga tertinggi
negara
B. menampung
seluruh
asprrasi rakyat
C. anggotanya dipilih melalui
pemilu
D. penjelmaan rakyat
pemegang kedaulatan
Presiden
dalam menjalankan tugasnya
tidak
bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat, tetapi presiden harus bertanggung jawab
kepada ...
A. Dewan Pertimbangan
Agung
B. Majelis
Permusyawaratan
Rakyat
C. Badan Pemeriksa Keuangan
D. Mahkamah Agung
UAS-SMP-02-47
Pentingnya Sidang istimewa dilaksanakan oleh MPR
adalah ...
A. menjaga
kelangsungan dan keutuhan bangsa dan
Negara
B. meminta pertanggungjawaban presiden yang
melanggar haluan negara
C. menjaga kewibawaan anggota MPR di
mata
masyarakat
D.
mengawasi dan mengontrol tugas Presiden selaku
mandataris MPR
UAS-SMP-02-48
Pentingnya berorganisasi
bagi setiap negara adalah ...
A. mendidik
berkesadaran politik
B. mendewasakan
diri dalam berpolitik
C. melatih diri dalam hidup bermasyarakat
D. menjadi
wahana penyajur aspirasi
atau pendapat
UAS-SMP-02-49
Lembaga tinggi
negara yang
berfungsi sebagai penyalur aspirasi
masyarakat dalam organisasi
yang
diwakilinya
adalah ...
A. MPR B. BPK C.
DPR D. DPA
UAS-SMP-02-50
Menteri-menteri negara merupakan pejabat tinggi
negara, dalam prakteknya mereka menjalankan
kekuasaan pemerintah.
Kedudukan menteri negara tersebut sangat tergantung dari
...
A.
DPA
B. DPR C.
MPR
D.
Presiden
UAS-SMP-02-51
Sesuai
dengan
UUD 1945,
MPR adalah
pemegang
kedaulatan negara. Oleh
karena itu MPR merupakan ...
A. lembaga
tertinggi negara
B. lembaga tinggi
negara
C. lembaga
perwakilan rakyat
D.
lembaga
rakyat
tertinggi
UAS-SMP-02-52
Di
bawah ini
yang
tidak termasuk tugas DPR
adalah ...
A. mengawasi
jalannya pemerintahan
B. memeriksa keuangan negara (APBN)
C. bersama presiden mengesahkan RUU menjadi
UU D. membuat
undang-undang
bersama presiden
Pengertian kesanggupan adalah ...
A.
memiliki kesadaran dan kemauan
yang
tinggi
untuk mengerjakan sesuatu
B. memiliki kemampuan
dan
kesediaan
diri
untuk melakukan sesuatu
C. menyempatkan
diri melaksanakan
sesuatu demi
bangsa dari
negara
D.
mengutamakan kepentingan umum demi
kebahagiaan
dan kemakmuran
UAS-SMP-02-54
Yang bertanggung jawab terhadap pembangunan nasional
adalah
...
A. kabinet pembangunan nasional
B. seluruh
rakyat Indonesia
C. Angkatan Bersenjata Republik
Indonesia
D. Pemerintah dan pegawai negeri
sipil
UAS-SMP-02-55
Contoh perwujudan pelaksanaan demokrasi di
Indonesia adalah ...
A. dibentuknya lembaga demokrasi
B. dibentuknya partai
politik
C. dilaksanakannya pemilihan umum
D. dipilihnya pemimpin negara
secara jujur
UAS-SMP-02-56
Syarat pokok ikut dalam pemilihan umum adalah
...
A. berusia 17
tahun atau
sudah kawin
B. warga negara
Indonesia
C. bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa
D. setia dan taat kepada
peraturan
UAS-SMP-02-57
Salah satu
contoh perwujudan demokrasi
dalam
kehidupan sehari-hari adalah ...
A. penetapan pajak bumi
dan bangunan
B. pemiliban
pengurus kampung/warga
C. penunjukan
petugas posyandu
D. pemberian santunan kepada fakir miskin
UAS-SMP-02-58
Sistem perekonomian Indonesia sesuai pasal 33 ayat 1
UUD 1945 berdasarkan asas
... A. sama
rata sama rasa
B. kekeluargaan
C. kemandirian
D. adil dan merata
UAS-SMP-02-59
Dalam pengembangan demokrasi
ekonomi di Indonesia
harus dihindarkan timbulnya ...
A.
penanaman modal yang dilakukan oleh perusahaan asing
B. persaingan pertumbuhan ekonomi
antardaerah
C. pertumbuhan ekonomi
pada suatu daerah
tertentu
D. pemusalan
kekuafan fekonomi di
tangan satu kelompok
UAS-SMP-02-60
Hasil positif berdirinya
BUUD
dan
KUD
seperti
di bawah ini, kecuali
...
A. kebutuhan masyarakat
desa mudah terpenuhi
B. masyarakat desa terhindar dari
sistem ijon
C. pertumbuhan
ekonomi masyarakat desa semakin
baik
D. pemusatan ekonomi
di tangan satu kelompok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar