Ujian Akhir
Sekolah
Tahun 2004
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan
UAS-SMP-04-01
Budi adalah siswa yang beriman.dan bertakwa kepada
Tuhan Yang
Maha Esa. Hal ini
dapat ditunjukkan
dengan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari antara lain
...
A. rajin mengunjungi
tempat-tempat
ibadah
B. selalu
membawa kitab
suci dimanapun berada
C. berpakaian rapi, selalu menunjukkan
sikap ramah
D.
setiap melakukan pekerjaan selalu diawali dengan doa
UAS-SMP-04-02
Sikap dan perilaku siswa di sekolah yang didasari oleh
iman dan takwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa
... A. menganggap
mata pelajaran tidak penting
B. memanfaatkan fasilitas sekolah untuk beribadah
C. giat menuntut
ilmu sebagai kegiatan ibadah
D.
lebih
mengutamakan
mata
pelajaran
pendidikan agama
UAS-SMP-04-03
Dalam wawasan Nusantara dijelaskan bahwa wilayah
Indonesia
merupakan satu kesatuan dalam bidang pertahanan keamanan. Hal ini mengandung arti ancaman
terhadap sesuatu wilayah negara ...
A.
harus
dapat diatasi secepatnya oleh pemerintah pusat
B. merupakan ancaman terhadap
seluruh tanah air
C. merupakan ancaman terhadap wilayah tersebut
D.
harus
dapat diatasi oleh aparat
wilayah tersebut
UAS-SMP-04-04
Perhatikan kasus di bawah ini...
1. Candra gemar musik dan
lagu-lagu barat
2. Dadang senang sekali lagu-lagu keroncong
3. Eman selalu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar
4. Gani
senang sekali menonton wayang golek dan
wayang kulit
Mana kasus di atas yang menunjukkan cinta tanah air? A. nomor
1, 2,
dan
3
B. nomor
1, 2,
dan
4
C. nomor
2, 3 dan 4
D. nomor 1,
2, dan 4
UAS-SMP-04-05
Ciri-ciri orang yang suka bekerja
keras adalah ...
A. menyelesaikan pekerjaan
dengan, baik dan
tepat
waktu
B. berusaha mencari
nafkah siang dan
malam
C. mampu menanggulangi segala rintangan
dan
hambatan
D.
mengeluarkan tenaga
dan kemampuanya
UAS-SMP-04-06
Bekerja
keras sangatlah
bermanfaat
bagi
kehidupan
seseorang, karena dengan
bekerja keras kita
dapat ... A. menjadi orang kaya
B. memenuhi
setiap keinginan
C. memiliki semua
kebutuhan
hidup
D. meningkatkan
kesejahteraan hidup
UAS-SMP-04-07
Salah satu makna dari pelaksanan tenggang rasa dalam
pergaulan sehari-hari
ialah ...
A. menghindarkan kesalahpahaman
B. timbulnya semangat pergaulan
C. timbulnya dari kejahatan
D. terhindarnya dari
kejahatan
UAS-SMP-04-08
Di Indonesia terdapat bermacam-macam agama agar
pemeluknya hidup berdampingan secara
damai, sikap
kita adalah ...
A.
bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut
kepercayaan
B. melaksanakan ibadah sesuai dengan
agama dan
keyakinan masing-masing
C. saling menghormati kebebasan menjalankan
ibadah sesuai dengan
agama dan kepercayaannya
D.
ikut serta
merayakan hari-hari besar agama
lain yang
berkembang di Indonesia
UAS-SMP-04-09
Perhatikan pernyataan
di bawah ini!
1. beban
berat menjadi ringan
2. meningkatkan rasa
percaya diri
3. membina
rasa kebersamaan
4. pekerjaan selesai tepat
pada waktunya
5. hasil
pekerjaan sangat memuaskan
6. mempererat
rasa kekeluargaan
Dari pernyataan di atas yang merupakan makna gotong
royong dalam
kehidupan sehari-hari adalah ...
A. 1, 2 dan 6
B. 1,
3 dan
5
C. 3,
4 dan
5
D. 2, 4 dan 6
UAS-SMP-04-10
Cara
untuk menumbuhkan sikap
menghargai harkat, martabat dan derajat manusia dalam kehidupan sehari-
hari antara lain ...
A.
menyelaraskan antara hak dan
kewajiban
dalam masyarakat
B.
menciptakan norma-norma dalam kehidupan masyarakat
C. menciptakan
aturan-aturan yang
mengikat
hidup
manusia
D.
menghapuskan segala perbedaan warna kulit, ras
dan agama
Pada hakikatnya manusia adalah
sama, tetapi yang
membedakan manusia di
hadapan Tuhannya
adalah ... A. harta dan kekayaan yang dimilikinya
B. pendidikan
dan kemampuan berpikir yang dimiliki
C. status sosial yang
dimiliki
seseorang
D. tingkat keimanan dan ketakwaan seseorang
UAS-SMP-04-12
Pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda Indonesia
dalam kongresnya berbasil menetapkan
"Sumpah
Pemuda"
yang berarti saat itu para pemuda berupaya
untuk ...
A. memperkuat persatuan dan
kesatuan B. memperjelas perjuangan
para pemuda C. mengusirpenjajahibupertiwi
D.
mendirikan organisasi
yang
bersifat nasional
UAS-SMP-04-13
Pembinaan semangat persatuan dan
kesatuan bangsa
sangat diperlukan dalam usaha ...
A.
meningkatkan
taraf hidup rakyat B.
mewujudkan
ketahanan nasional C.
menambah pendapatan negara
D. memelihara
hasil
pembangunan
UAS-SMP-04-14
Contoh perilaku rela berkorban dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan adalah ...
A. memelihara dan menjaga tumbuh-tumbuhan
B. menanamkan cara hidup
yang sehat
C. memberikan penerangan listrik untuk jalan umum
D. menciptakan lingkungan yang bersih
UAS-SMP-04-15
Perhatikan pernyataan
di bawah ini!
1. memberi bantuan tanpa pamrih
2. memberi
sumbangan sesuai permintaan
3. membantu sesuai kemampuan
4. membantu untuk
pertimbangan masa depan
5. membantu
tanpa membedakan suku
6. memberi bantuan untuk
mendapat perhatian
Dari pernyataan di atas, perilaku yang sesuai
dengan sikap rela berkorban adalah ...
A. 1, 4 dan 6
B. 2,
4 dan
6
C. 2,
3 dan
5
D. 1, 3 dan 5
UAS-SMP-04-16
Rela berkorban.untuk kepentingan bangsa dan negara pada
masa pembangunan sekarang dapat diwujudkan
dalam perbuatan ...
A. cinta tanah air
B. bekerja keras
C. hormat-menghormati
D. tolong-menolong
Yang dimaksud kerukunan hidup antar umat beragama adalah terciptanya suasana keharmonisan bagi
...
A. pemahaman terhadap ajaran
agama
B. penyebaran/pengembangan
agama
C. umat
beragama yang berbeda-beda
D. perbedaan
keyakinan terhadap agama
UAS-SMP-04-18
Tata urutan peraturan perundang-undangan negara RI
yang tertinggi
tingkatannya
adalah ... A. Keputusan Presiden
B. Undang-Undang
Dasar
C. Ketetapan
MPR D. Undang-Undang
UAS-SMP-04-19
Salah satu tujuan
hukum di negara kita adalah supaya
...
A.
orang
yang
bodoh dibimbing
oleh
orang
yang pandai
B. pihak yang lemah
mendapat
perlindungan
pihak
yang kuat
C. pemerintah mudah
menyatu masyarakat dan
negara
D. dalam masyarakat
ada rasa keadilan dan ketertiban
UAS-SMP-04-20
Contoh pelaksanaan pola hidup sederhana yang dapat
dilakukan siswa di
sekolah adalah ...
A. menolak teman yang meminta bantuan
B. menabungkan
sebagian uang jajan
C. mentraktir teman-teman yang dekat
D. disiplin dalam melakukan segala
kegiatan
UAS-SMP-04-21
Hidup
sederhana, sangat banyak manfaatnya karena ... A. dapat menabung uang
kelebihannya
dan
berarti
ikut
menambah modal pembangunan
B. hidup dengan gizi
yang
rendah
sehingga
dapat menabung
C. dapat
hidup dengan memberikan dana atau
sumbangan
D. dapat membeli rumah dan pakaian dengan harga
murah
UAS-SMP-04-22
Bentuk kerjasama dalam kehidupan antar umat
beragama yang dilandasi kerukunan perlu cerus dibina,
misalnya...
A. menunaikan ibadah secara berjamaah
B. bersama-sama menjaga keamanan lingkungan C. bergotong-royong memperbaiki tempat
ibadah D. bekerjasama dalam merayakan hari besar agama
UAS-SMP-04-23
Bentuk kerjasama antar
umat beragama yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila antara lain melalui
...
A. kegiatan
bakti sosial membangunjembatan
B. tolong-menolong bagi umat
beragama
C. mempelajari
ajaran agama masing-masing
D. menciptakan suasana kekeluargaan
Membina kerukunan hidup antarumat beragama dapat
dilakukan dengan cara ...
A.
ikut merasakan bahwa
musibah yang menimpa
orang lain juga bagian musibah
kita
B. menumbuhkan semangat kekeluargaan yang
menjiwai seluruh aspek
kehidupan
C. mengendalikan diri
dan menumbuhkan sikap
saling menghormati
D.
meningkatkan keimanan
dan ketaqwaan menurut
ajaran agama
masing-masing
UAS-SMP-04-25
Untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan
antar
bangsa sedunia, maka dibentuk ...
A. ASEAN
B. PBB C.
APEC D. OPEC
UAS-SMP-04-26
Contoh perbuatan
sebagai wujud rasa
cinta
pada
persatuan dan kesatuan bangsa adalah ...
A. mengadakan pertukaran kesenian antar daerah
B. menyenangi
lagu-lagu dan
kesenian daerah
C. menguasai bermacam-macam bahasa daerah
D. dalam pergaulan menggunakan
bahasa Indonesia
UAS-SMP-04-27
Makna kebersihan menurut pandangan
agama adalah ... A. memakai
pakaian warna putih sebagai
lambang
kesucian
B. menjaga kondisi
tubuh agar terhindar dari penyakit
C. tidak melakukan perbuatan yang dapat menyakiti
orang lain
D. keadaan suci bersih
dari dosa
UAS-SMP-04-28
Dalam pandangan
agama, kebersihan
merupakan ... A. tiang
agama
B. pangkal kesehatan
C. sebagian
dari iman
D. rukun
agama
UAS-SMP-04-29
Contoh menjaga harga diri dalam pergautan adalah
...
A. memiliki percaya diri
yang tinggi
B. berpenampilan baik dihadapan
umum
C. menepati janji yang lelah dibuat
D. selalu tenang menghadapi
masalah
UAS-SMP-04-30
Kedisiplinan nasional dapat diwujudkan terutama
dengan ...
A. mengoreksi jalannya pemerintahan negara
B. mendukung
program-program pembangunan
C. mengawasi pelaksanaan
pembanganan nasional
D. meningkatkan
wibawa
dan harga diri
Contoh perilaku yang mencerminkan pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A. menjalani hidup apa adanya
B. menjaga kebersihan
lingkungan
C. tidak memaksakan
kehendak kepada
orang lain
D. mengutamakan kepentingan
pribadi dan
golongan
UAS-SMP-04-32
Manfaat pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari
ialah ...
A. menghargai harkat dan martabat
kemanusiaan
B.
mendatangkan kemakmuran material bagi masyarakat
C.
melahirkan kehidupan yang layak bagi kemanusiaan
D. menciptakan keamanan
dan ketentraman dalam
masyarakat
UAS-SMP-04-33
Bila setiap pelajar mematuhi peraturan sekolah dengan baik,
maka ...
A. perkelahian antar
pelajar akan berkurang
B. semangat belajar
siswa akan makin tinggi
C. ketahanan
sekolah akan makin
mantap
D. situasi belajar mengajar tidak
terganggu
UAS-SMP-04-34
Badan penegak
hukum yang bertugas melakukan
penuntutan dalam sidang pengadilan
adalah ... A. jaksa
B. pembela
C. hakim
D. panitera
UAS-SMP-04-35
Perhatikan pernyataan
di bawah ini!
1. menuruti nasehat
orang tua
2. mematuhi rambu-rambu lalu lintas
3. minta maaf jika melakukan kesalahan
4. membayar pajak pada waktunya
5. berpakaian secara sopan
6. membuang
sampah pada tempatnya
Dari pernyataan di atas, contoh perbuatan yang sesuai
dengan norma hukum adalah...
A. 2, 4 dan 6
B. 1,
3 dan
5
C. 3,
5 dan
6
D. 1, 2 dan 4
UAS-SMP-04-36
Pasai 28 dalam UUD
1945 mengatur...
A. kewajiban membayar pajak
B. hak memperoleh pendidikan
C. kebebasan memeluk agama
D. kebebasan mengeluarkan pendapat
Perhatikan pernyataan
di bawah ini!
1. mendapat perlindungan
hukum
2. menjunjung
pemerintahan
3. mengikuti pemilihan umum
4. membantu fakir miskin
5. memperoleh
hidup layak
6. membayar
pajak
Dari pernyataan
di
atas, yang
termasuk
hak warga negara adalah ...
A. 2, 3 dan 5
B. 1,
3 dan
5
C. 2,
4 dan
6
D. 1, 4 dan 6
UAS-SMP-04-38
Arti kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku adalah
...
A.
menaati semua peraturan
asal
menguntungkan
baginya
B. melaksanakan peraturan apabila sudah ditegur
orang lain
C. menaati peraturan yang berlaku pada waktu ada
pengawasan
D.
menjunjung tinggi semua peraturan dimanapun dan kapanpun
UAS-SMP-04-39
Contoh perbuatan pelajar yang
mematuhi
peraturan
sekolah adalah ...
A. saat jam istirahat duduk di perpustakaan
B. meminjam buku
di perpustakaan
C. mengembalikan buku
pinjaman tepat waktu
D. membahas buku
pelajaran
di
perpustakaan
UAS-SMP-04-40
Upaya membina kerukunan pemeluk
agama dalam
kehidupan sehari-hari dapat kita tunjukan dengan ... A. melaksanakan aturan-aturan yang
berlaku
B. memaafkan segala
kesalahan tetangga
C. bergotong
royong
membangun sarana umum
D. tidak sombong
dalam pergaulan
UAS-SMP-04-41
Makna kedaulatan
bagi suatu negara adalah ...
A. menyelenggarakan segala yang dikehendaki
pemerintah
B. adanya kekuasaan untuk
menentukan nasib sendiri
C. terciptanya kebebasan untuk melakukan berbagai
kepentingan
D.
terselenggaranya berbagai program tanpa bantuan
pihak lain
Pentingnya partisipasi siswa dalam pelaksanaan pembangunan, dimaksudkan
agar
...
A. pembangunan yang kita rencanakan dapat terlaksana lebih cepat
B. dapat
mempercepat
tercapainya kemakmuran dan
ketentraman hidup
C. dapat menurunkan
tingkat kriminalitas
di kota maupun
di
desa
D.
bangsa Indonesia memiliki calon-calon
pemimpin
handal di masa depan
UAS-SMP-04-43
Para siswa dianjurkan
untuk
turut
serta di dalam
pembangunan
antara lain melalui gerakan
... A. karyawisata
B. gemar menabung C.
kegiatan olah
raga D. kelompok belajar
UAS-SMP-04-44
Syarat pemilih di antaranya berusia ... A. 17 tahun atau sudah kawin
B. 18 tahun atau sudah kawin
C. 20 tahun atau sudah kawin
D. 21
tahun
atau sudah kawin
UAS-SMP-04-45
Pernyataan di bawah
ini yang tidak termasuk
ciri
positif dari demokrasi ekonomi
Indonesia
adalah ...
A. warga negara memiliki kebebasan memilih
pekerjaan serta penghidupan yang layak
B.
hak milik perorangan diakui, tetapi pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan
kepentingan umum
C.
pemusatan kekuatan ekonomi pada suatu kelompok
dalam masyarakat
D. potensi, inisiatif dan kreativitas setiap
warga
negara dikembangkan dan tidak merugikan
kepentingan umum.
URAIAN
UAS-SMP-04-46
Kegunaan bekerja keras dan hidup sederhana itu
banyak sekali, baik
untuk diri kita sendiri, keluarga masyarakat
dan negara. Sebutkan tiga kegunaan
bekerja keras bagi diri
sendiri!
UAS-SMP-04-47
Sebutkan empat unsur hukum?
UAS-SMP-04-48
Sebutkan asas-asas pemilihan umum tahun
2004?
UAS-SMP-04-49
Jelaskan makna pasal
29 ayat 2 UUD1945!
UAS-SMP-04-50
Sebutkan
tujuan negara RI
yang
tercantum
dalam pembukaan UUD 1945!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar