Cari Blog Ini

Jumat, 27 September 2019

SMP_-_PPKn_2004-www.examsworld.us


Ujian Akhir Sekolah
Tahun 2004
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan




UAS-SMP-04-01
Budi adalah siswa yang beriman.dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan  kebiasaan  yang  dilakukan  sehari-hari  antara lain ...
A.  rajin mengunjungi tempat-tempat ibadah
B.   selalu membawa kitab suci dimanapun berada
C.   berpakaian rapi, selalu menunjukkan sikap ramah
D.  setiap melakukan pekerjaan selalu diawali dengan doa

UAS-SMP-04-02
Sikap dan perilaku siswa di sekolah yang didasari oleh
iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ... A.  menganggap mata pelajaran tidak penting
B.   memanfaatkan fasilitas sekolah untuk beribadah
C.   giat menuntut ilmu sebagai kegiatan ibadah
D.  lebih  mengutamakan  mata  pelajaran  pendidikan agama

UAS-SMP-04-03
Dalam wawasan Nusantara dijelaskan bahwa wilayah
Indonesia merupakan satu kesatuan dalam bidang pertahanan keamanan. Hal ini mengandung arti ancaman terhadap sesuatu wilayah negara ...
A.  harus  dapat  diatasi  secepatnya  oleh  pemerintah pusat
B.   merupakan ancaman terhadap seluruh tanah air
C.   merupakan ancaman terhadap wilayah tersebut
D.  harus dapat diatasi oleh aparat wilayah tersebut

UAS-SMP-04-04
Perhatikan kasus di bawah ini...
1.   Candra gemar musik dan lagu-lagu barat
2.   Dadang senang sekali lagu-lagu keroncong
3.   Eman selalu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar
4.   Gani senang sekali menonton wayang golek dan wayang kulit
Mana kasus di atas yang menunjukkan cinta tanah air? A.  nomor 1, 2, dan 3
B.   nomor 1, 2, dan 4
C.   nomor 2, 3 dan 4
D.  nomor 1, 2, dan 4

UAS-SMP-04-05
Ciri-ciri orang yang suka bekerja keras adalah ...
A.  menyelesaikan pekerjaan  dengan,  baik  dan  tepat waktu
B.   berusaha mencari nafkah siang dan malam
C.   mampu   menanggulangi   segala   rintangan   dan hambatan
D.  mengeluarkan tenaga dan kemampuanya

UAS-SMP-04-06
Bekerja  keras  sangatlah  bermanfaat  bagi  kehidupan
seseorang, karena dengan bekerja keras kita dapat ... A.  menjadi orang kaya
B.   memenuhi setiap keinginan
C.   memiliki semua kebutuhan hidup
D.  meningkatkan kesejahteraan hidup

UAS-SMP-04-07
Salah satu makna dari pelaksanan tenggang rasa dalam
pergaulan sehari-hari ialah ...
A.  menghindarkan kesalahpahaman
B.   timbulnya semangat pergaulan
C.   timbulnya dari kejahatan
D.  terhindarnya dari kejahatan

UAS-SMP-04-08
Di Indonesia terdapat bermacam-macam agama agar pemeluknya hidup berdampingan secara damai, sikap
kita adalah ...
A.  bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut kepercayaan
B.   melaksanakan  ibadah  sesuai  dengan  agama  dan keyakinan masing-masing
C.   saling      menghormati     kebebasan    menjalankan
ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya
D.  ikut  serta  merayakan  hari-hari  besar  agama  lain yang berkembang di Indonesia

UAS-SMP-04-09
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.   beban berat menjadi ringan
2.   meningkatkan rasa percaya diri
3.   membina rasa kebersamaan
4.   pekerjaan selesai tepat pada waktunya
5.   hasil pekerjaan sangat memuaskan
6.   mempererat rasa kekeluargaan
Dari pernyataan di atas yang merupakan makna gotong royong dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A.  1, 2 dan 6
B.   1, 3 dan 5
C.   3, 4 dan 5
D.  2, 4 dan 6

UAS-SMP-04-10
Cara  untuk  menumbuhkan  sikap  menghargai  harkat, martabat dan derajat manusia dalam kehidupan sehari-
hari antara lain ...
A.  menyelaraskan  antara  hak  dan  kewajiban  dalam masyarakat
B.   menciptakan    norma-norma    dalam    kehidupan masyarakat
C.   menciptakan  aturan-aturan  yang  mengikat  hidup
manusia
D.  menghapuskan segala perbedaan warna kulit, ras dan agama

Pada  hakikatnya  manusia  adalah  sama,  tetapi  yang membedakan manusia di hadapan Tuhannya adalah ... A.  harta dan kekayaan yang dimilikinya
B.   pendidikan dan kemampuan berpikir yang dimiliki
C.   status sosial yang dimiliki seseorang
D.  tingkat keimanan dan ketakwaan seseorang

UAS-SMP-04-12
Pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda Indonesia dalam   kongresnya   berbasil   menetapkan   "Sumpah
Pemuda" yang berarti saat itu para pemuda berupaya
untuk ...
A.  memperkuat persatuan dan kesatuan B.   memperjelas perjuangan para pemuda C.   mengusirpenjajahibupertiwi
D.  mendirikan organisasi yang bersifat nasional

UAS-SMP-04-13
Pembinaan  semangat  persatuan  dan  kesatuan  bangsa
sangat diperlukan dalam usaha ...
A.  meningkatkan taraf hidup rakyat B.   mewujudkan ketahanan nasional C.   menambah pendapatan negara
D.  memelihara hasil pembangunan

UAS-SMP-04-14
Contoh   perilaku   rela   berkorban   dalam   kehidupan sehari-hari di lingkungan adalah ...
A.  memelihara dan menjaga tumbuh-tumbuhan
B.   menanamkan cara hidup yang sehat
C.   memberikan penerangan listrik untuk jalan umum
D.  menciptakan lingkungan yang bersih

UAS-SMP-04-15
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.   memberi bantuan tanpa pamrih
2.   memberi sumbangan sesuai permintaan
3.   membantu sesuai kemampuan
4.   membantu untuk pertimbangan masa depan
5.   membantu tanpa membedakan suku
6.   memberi bantuan untuk mendapat perhatian
Dari pernyataan di atas, perilaku yang sesuai dengan sikap rela berkorban adalah ...
A.  1, 4 dan 6
B.   2, 4 dan 6
C.   2, 3 dan 5
D.  1, 3 dan 5

UAS-SMP-04-16
Rela berkorban.untuk kepentingan bangsa dan negara pada masa pembangunan sekarang dapat diwujudkan
dalam perbuatan ... A.  cinta tanah air
B.   bekerja keras
C.   hormat-menghormati
D.  tolong-menolong

Yang dimaksud kerukunan hidup antar umat beragama adalah terciptanya suasana keharmonisan bagi ...
A.  pemahaman terhadap ajaran agama
B.   penyebaran/pengembangan agama
C.   umat beragama yang berbeda-beda
D.  perbedaan keyakinan terhadap agama

UAS-SMP-04-18
Tata urutan peraturan perundang-undangan negara RI
yang tertinggi tingkatannya adalah ... A.  Keputusan Presiden
B.   Undang-Undang Dasar
C.   Ketetapan MPR D.  Undang-Undang

UAS-SMP-04-19
Salah satu tujuan hukum di negara kita adalah supaya
...
A.  orang  yang  bodoh  dibimbing  oleh  orang  yang pandai
B.   pihak  yang  lemah  mendapat  perlindungan  pihak yang kuat
C.   pemerintah mudah menyatu masyarakat dan negara
D.  dalam masyarakat ada rasa keadilan dan ketertiban

UAS-SMP-04-20
Contoh pelaksanaan pola hidup sederhana yang dapat dilakukan siswa di sekolah adalah ...
A.  menolak teman yang meminta bantuan
B.   menabungkan sebagian uang jajan
C.   mentraktir teman-teman yang dekat
D.  disiplin dalam melakukan segala kegiatan

UAS-SMP-04-21
Hidup sederhana, sangat banyak manfaatnya karena ... A.  dapat  menabung  uang  kelebihannya  dan  berarti
ikut menambah modal pembangunan
B.   hidup  dengan  gizi  yang  rendah  sehingga  dapat menabung
C.   dapat   hidup   dengan   memberikan   dana   atau sumbangan
D.  dapat membeli rumah dan pakaian dengan harga
murah

UAS-SMP-04-22
Bentuk   kerjasama   dalam   kehidupan   antar   umat beragama yang dilandasi kerukunan perlu cerus dibina,
misalnya...
A.  menunaikan ibadah secara berjamaah
B.   bersama-sama menjaga keamanan lingkungan C.   bergotong-royong memperbaiki tempat ibadah D.  bekerjasama dalam merayakan hari besar agama

UAS-SMP-04-23
Bentuk  kerjasama  antar  umat  beragama  yang  sesuai dengan nilai-nilai Pancasila antara lain melalui ...
A.  kegiatan bakti sosial membangunjembatan
B.   tolong-menolong bagi umat beragama
C.   mempelajari ajaran agama masing-masing
D.  menciptakan suasana kekeluargaan

Membina kerukunan hidup antarumat beragama dapat dilakukan dengan cara ...
A.  ikut  merasakan  bahwa  musibah  yang  menimpa orang lain juga bagian musibah kita
B.   menumbuhkan    semangat    kekeluargaan     yang
menjiwai seluruh aspek kehidupan
C.   mengendalikan   diri   dan   menumbuhkan   sikap saling menghormati
D.  meningkatkan keimanan  dan  ketaqwaan menurut ajaran agama masing-masing

UAS-SMP-04-25
Untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan antar
bangsa sedunia, maka dibentuk ... A.  ASEAN
B.   PBB C.   APEC D.  OPEC

UAS-SMP-04-26
Contoh  perbuatan  sebagai  wujud  rasa  cinta  pada persatuan dan kesatuan bangsa adalah ...
A.  mengadakan pertukaran kesenian antar daerah
B.   menyenangi lagu-lagu dan kesenian daerah
C.   menguasai bermacam-macam bahasa daerah
D.  dalam pergaulan menggunakan bahasa Indonesia

UAS-SMP-04-27
Makna kebersihan menurut pandangan agama adalah ... A.  memakai  pakaian  warna  putih  sebagai  lambang
kesucian
B.   menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari penyakit
C.   tidak melakukan perbuatan yang dapat menyakiti orang lain
D.  keadaan suci bersih dari dosa

UAS-SMP-04-28
Dalam pandangan agama, kebersihan merupakan ... A.  tiang agama
B.   pangkal kesehatan
C.   sebagian dari iman
D.  rukun agama

UAS-SMP-04-29
Contoh menjaga harga diri dalam pergautan adalah ...
A.  memiliki percaya diri yang tinggi
B.   berpenampilan baik dihadapan umum
C.   menepati janji yang lelah dibuat
D.  selalu tenang menghadapi masalah

UAS-SMP-04-30
Kedisiplinan   nasional   dapat   diwujudkan   terutama dengan ...
A.  mengoreksi jalannya pemerintahan negara
B.   mendukung program-program pembangunan
C.   mengawasi pelaksanaan pembanganan nasional
D.  meningkatkan wibawa dan harga diri

Contoh perilaku yang mencerminkan pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A.  menjalani hidup apa adanya
B.   menjaga kebersihan lingkungan
C.   tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
D.  mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan

UAS-SMP-04-32
Manfaat pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari ialah ...
A.  menghargai harkat dan martabat kemanusiaan
B.   mendatangkan     kemakmuran     material      bagi masyarakat
C.   melahirkan      kehidupan      yang       layak      bagi kemanusiaan
D.  menciptakan  keamanan  dan  ketentraman  dalam
masyarakat

UAS-SMP-04-33
Bila setiap pelajar mematuhi peraturan sekolah dengan baik, maka ...
A.  perkelahian antar pelajar akan berkurang
B.   semangat belajar siswa akan makin tinggi
C.   ketahanan sekolah akan makin mantap
D.  situasi belajar mengajar tidak terganggu

UAS-SMP-04-34
Badan   penegak   hukum   yang   bertugas   melakukan
penuntutan dalam sidang pengadilan adalah ... A.  jaksa
B.   pembela
C.   hakim
D.  panitera

UAS-SMP-04-35
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.   menuruti nasehat orang tua
2.   mematuhi rambu-rambu lalu lintas
3.   minta maaf jika melakukan kesalahan
4.   membayar pajak pada waktunya
5.   berpakaian secara sopan
6.   membuang sampah pada tempatnya
Dari pernyataan di atas, contoh perbuatan yang sesuai dengan norma hukum adalah...
A.  2, 4 dan 6
B.   1, 3 dan 5
C.   3, 5 dan 6
D.  1, 2 dan 4

UAS-SMP-04-36
Pasai 28 dalam UUD 1945 mengatur...
A.  kewajiban membayar pajak B.   hak memperoleh pendidikan C.   kebebasan memeluk agama
D.  kebebasan mengeluarkan pendapat

Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.   mendapat perlindungan hukum
2.   menjunjung pemerintahan
3.   mengikuti pemilihan umum
4.   membantu fakir miskin
5.   memperoleh hidup layak
6.   membayar pajak
Dari  pernyataan  di  atas,  yang  termasuk  hak  warga negara adalah ...
A.  2, 3 dan 5
B.   1, 3 dan 5
C.   2, 4 dan 6
D.  1, 4 dan 6

UAS-SMP-04-38
Arti kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku adalah
...
A.  menaati   semua   peraturan   asal   menguntungkan baginya
B.   melaksanakan   peraturan   apabila   sudah   ditegur orang lain
C.   menaati peraturan  yang  berlaku  pada waktu  ada
pengawasan
D.  menjunjung tinggi semua peraturan dimanapun dan kapanpun

UAS-SMP-04-39
Contoh  perbuatan  pelajar  yang  mematuhi  peraturan
sekolah adalah ...
A.  saat jam istirahat duduk di perpustakaan
B.   meminjam buku di perpustakaan
C.   mengembalikan buku pinjaman tepat waktu
D.  membahas buku pelajaran di perpustakaan

UAS-SMP-04-40
Upaya  membina  kerukunan  pemeluk  agama  dalam
kehidupan sehari-hari dapat kita tunjukan dengan ... A.  melaksanakan aturan-aturan yang berlaku
B.   memaafkan segala kesalahan tetangga
C.   bergotong royong membangun sarana umum
D.  tidak sombong dalam pergaulan

UAS-SMP-04-41
Makna kedaulatan bagi suatu negara adalah ...
A.  menyelenggarakan     segala      yang     dikehendaki pemerintah
B.   adanya kekuasaan untuk menentukan nasib sendiri
C.   terciptanya kebebasan untuk melakukan berbagai kepentingan
D.  terselenggaranya berbagai program tanpa bantuan pihak lain

Pentingnya    partisipasi    siswa     dalam    pelaksanaan pembangunan, dimaksudkan agar ...
A.  pembangunan    yang     kita     rencanakan    dapat terlaksana lebih cepat
B.   dapat mempercepat tercapainya kemakmuran dan
ketentraman hidup
C.   dapat  menurunkan  tingkat  kriminalitas  di  kota maupun di desa
D.  bangsa Indonesia memiliki calon-calon pemimpin handal di masa depan

UAS-SMP-04-43
Para  siswa  dianjurkan  untuk  turut  serta  di  dalam
pembangunan antara lain melalui gerakan ... A.  karyawisata
B.   gemar menabung C.   kegiatan olah raga D.  kelompok belajar

UAS-SMP-04-44
Syarat pemilih di antaranya berusia ... A.  17 tahun atau sudah kawin
B.   18 tahun atau sudah kawin
C.   20 tahun atau sudah kawin
D.  21 tahun atau sudah kawin

UAS-SMP-04-45
Pernyataan  di  bawah  ini  yang  tidak  termasuk  ciri
positif dari demokrasi ekonomi Indonesia adalah ...
A.  warga     negara     memiliki     kebebasan    memilih pekerjaan serta penghidupan yang layak
B.   hak        milik         perorangan        diakui,         tetapi pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan
kepentingan umum
C.   pemusatan     kekuatan    ekonomi     pada     suatu kelompok dalam masyarakat
D.  potensi,   inisiatif   dan   kreativitas   setiap   warga negara          dikembangkan     dan         tidak       merugikan
kepentingan umum.


URAIAN


UAS-SMP-04-46
Kegunaan  bekerja  keras  dan  hidup  sederhana  itu
banyak sekali, baik untuk diri kita sendiri, keluarga masyarakat   dan   negara.   Sebutkan   tiga   kegunaan bekerja keras bagi diri sendiri!

UAS-SMP-04-47
Sebutkan empat unsur hukum?

UAS-SMP-04-48
Sebutkan asas-asas pemilihan umum tahun 2004?

UAS-SMP-04-49
Jelaskan makna pasal 29 ayat 2 UUD1945!

UAS-SMP-04-50
Sebutkan  tujuan  negara  RI  yang  tercantum  dalam pembukaan UUD 1945!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar