Cari Blog Ini

Jumat, 27 September 2019

SMP_-_PPKn_2001-www.examsworld.us


Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional
Tahun 2001
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan




EBTANAS-SMP-01-01
Norma yang mengatur masalah ketaatan dan kepatuhan
bangsa Indonesia dalam beribadah, adalah ... A.  Pancasila
B.   Pasal 29 ayat 1 dan 2 UUD '45
C.   Pembukaan UUD'45
D.  GBHN

EBTANAS-SMP-01-02
Contoh perilaku berbuat kebajjkan dalam kehidupan di
lingkungan sekitar adalah ...
A.  meminta maaf bila berbuat salah
B.   selalu mawas diri dan mengoreksi diri
C.   melaksanakan kegiatan karang taruna
D.  menyantuni fakir miskin dan anak telantar

EBTANAS-SMP-01-03
Cara   mensyukuri   nikmat   karunia   Tuhan   berupa kemerdekaan RI adalah
A.  merayakan     peringatah      kemerdekaan     secara semarak
B.   mengisi  kemerdekaan  dengan  berbagai  aktivitas
setiap hari
C.   menekuni berbagai aktivitas yang dapat dilakukan seusiamu
D.  mengisi kemerdekaan dalam bentuk kegiatan yang diridhoi-Nya

EBTANAS-SMP-01-04
Salah satu wujud sikap mensyukuri anugerah Tuhan
Yang Maha Esa adalah ...
A.  memperjuangkan hak dan kewajiban dengan baik
B.   membangkitkan   rasa   saling   mencintai   sesama manusia,
C.   memberikan  bantuan  kepada  orang  yang  sangat membutuhkan
D.  menumbuhkan  sikap  sopan  dan  ramah  kepada setiap orang

EBTANAS-SMP-01-05
Hikmah utama yang terkandung dalam peringatan hari besar keagamaan bagi umatnya adalah ...
A.  mempertebal rasa percaya diri
B.   memperkuat persatuan dan kesatuan
C.   mempererat tali persaudaraan
D.  meningkatkan keimanan dan ketakwaan

EBTANAS-SMP-01-06
Akibat   yang   dapat   ditimbulkan   dari   perpecahan antarumat beragama dalam kehidupan bermasyarakat
adalah ...
A.  terbentuknya   kelompok   yang   fanatik   terhadap ajaran agamanya
B.   terjadinya        disintegrasi        dalam       kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
C.   timbulnya      motivasi      untuk      membina     dan
mengernbangkan keimanan.
D.  tergeraknya  hati  setiap  pemeluk  agama  untuk membela agamanya

EBTANAS-SMP-01-07
Makna Bhinneka Tunggal Ika adalah ...
A.  perbedaan akan mendorong adanya persatuan
B.   dengan perbedaan akan terhindar dari perpecahan
C.   di dalam perbedaan terdapat persatuan
D.  berbeda-beda tetapi satu bangsa

EBTANAS-SMP-01-08
Contoh  perbuatan  tenggang  rasa  dalam  kehidupan bermasyarakat adalah ...
A.  menghargai kebebasan untuk melaksanakan ibadah
B.   melaksanakan   kegiatan    keagamaan   meskipun berbeda keyakinan
C.   menghindari jalan tertentu yang digunakan untuk upacara agama
D.  ikut mendirikan sarana peribadahan milik penganut
agama lain

EBTANAS-SMP-01-09
Ciri-ciri  orang  yang  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang
Maha Esa adalah ...
A.  menaati perintahNya meninggalkan laranganNya . B.   menganjurkan orang lain untuk rajin ibadah
C.   sering menegakkan kebenaran dan keadilan
D.  pasrah kepada kehendak dan takdir Tuhan

EBTANAS-SMP-01-10
Jaminan warga negara dalam melaksanakan ibadah dan
memeluk    agama   sesuai     dengan    keyakinan   dan kepercayaannya tercantum dalam UUD 1945 pada ...
A.  pembukaan
B.   batang tubuh
C.   pasal 29 ayat 1
D.  pasal 29 ayat 2

Contoh  perilaku  yang  tidak  menghormati  orang  lain dalam melaksanakan ibadah adalah ...
A.  membiarkan orang lain tidak beribadah
B.   membiarkan orang lain meiaksanakan ibadah
C.   menciptakan       suasana       yang        mengganggu ketenangan ibadah
D.  membiarkan tata cara orang lain berbeda dengan tata cara ibadah kita

EBTANAS-SMP-01-12
Contoh kerjasama antarumat beragama dalam bidang
sosial kemasyarakatan adalah ...
A.  menginformasikan kegiatan keagamaan
B.   bersama-sama mengentaskan kemiskinan
C.   memperingati hari besar keagamaan bersama
D.  menggunakan tempat peribadahan bersama

EBTANAS-SMP-01-13
Pentingnya     kerjasama    antarumat    beragama    di
Indonesia untuk ...
A.  meningkatkan kualitas keimanan seseorang
B.   menciptakan satu kesatuan ajaran agama C.   menjalin silaturahmi antarumat beragama D.   memperkokoh jiwa persatuan dan kesatuati

EBTANAS-SMP-01-14
Salah   satu   contoh   sikap   mencintai   kebersihan   di lingkungan masyarakat adalah ...
A.  ikut     kerja    bakti    membersihkan    parit    yang tersumbat
B.   melaksanakan  tugas  kebersihan  di  kelas  dengan
baik
C.   membiasakan mandi serta memakai pakaian yang bersih
D.  mendiamkan    orang    lain     membuang    sampah sembarangan

EBTANAS-SMP-01-15
Salah  satu  contoh  hak  asasi  manusia  yang  terdapat
dalam Pembukaan UUD 1945 alinea pertama adalah ... A.  hak hidup
B.   hak kebahagiaan
C.   hak keadilan
D.  hak kebebasan

EBTANAS-SMP-01-16
Pasal 28 dalam UUD1945 mengatur ... A.  kebebasan mengeluarkan pendapat
B.   kebebasan memeiuk agama
C.   hak memperoleh pendidikan
D.  kewajiban membayar pajak

EBTANAS-SMP-01-17
Salah satu contoh sikap menghormati orang lain dalam masyarakat adalah tidak ...
A.  semena-mena terhadap sesama
B.   membeda-bedakan suku seseorang C.   menyombongkan diri di masyarakat D.  memperdulikan tindakan orang lain

Contoh  perbuatan  yang  bermanfaat  bagi  diri  sendiri adalah ...
A.  olah raga secara teratur
B.   merayakan pesta besar-besaran C.   istirahatkerja sepuas-puasnya D.  selalu makan yang bergizi

EBTANAS-SMP-01-19
Kesadaran bermasyarakat dalam kehidupan sehari-hari bagi setiap insan sosial sangat penting sebab ...
A.  setiap orang selalu dibutuhkan orang lain
B.   setiap orang saling membutuhkan orang lain
C.   dalam  kehidupan  ada  yang  kuat  dan  ada  yang lemah
D.  masyarakat berkembang karena ada kesadaran jjwa yang kuat.

EBTANAS-SMP-01-20
Perilaku warga yang belum melaksanakan kesadaran
hukum adalah ...
A.  mengkritik pejabat negara melalui media massa
B.   memanfaatkan lahan kosong untuk posyandu
C.   seizin yang berwajib melakukan aksi unjuk rasa
D.  menyelesaikan   berbagai   permasalahan   dengan uang.

EBTANAS-SMP-01-21
Hak dan. kewajiban warga negara di dalam hukum dan
pemerintahan diatur dalam UUD 1945 pada ... A.  pasal 27 ayat 1
B.   pasal 29 ayat 1
C.   pasal 30 ayat 1
D.  pasal 33 ayat 1

EBTANAS-SMP-01-22
Salah   satu   contoh   perilaku   kepedulian   terhadap
lingkungan adalah ...
A.  selalu memperhatikan tetangganya
B.   turut menjaga keamanan di kampungnya C.   berpartisipasi dalam kegiatan ibadahnya D.  turut memperbaiki pagar rumahnya

EBTANAS-SMP-01-23
Kita  harus  mengutamakan  kewajiban  daripada  hak karena ...
A.  jika   haknya   didahulukan,   orang   akan   malas melakukan kewajiban
B.   membiasakan  seseorang  menderita  dahulu,  baru
mengharapkan hasil
C.   dapat   mewujudkan   ketertiban   dan   keserasian dalam masyarakat
D.  seseorang  akan  merasa  puas  menerima  haknya setelah bekerja

Makna kepedulian terhadap hak dan kewajiban selaku warga negara adalah seseorang warga negara harus ...
A.  memperhatikan    dan     melaksanakan   hak     dan kewajibannya
B.   memperhatikan     dan      menghayati     hak     dan
kewajibannya
C.   menghayati dan mendalami hak dan kewajibannya
D.  mempelajari       dan       menghayati      hak       dan kewajibannya

EBTANAS-SMP-01-25
Sikap   siswa   yang   mencefminkan   persatuan   dan kesatuah dalam, lingkungan sekolah adalah ...
A.  memusuhi teman yang suka tawuran
B.   memilih teman yang baik akhlaknya
C.   menghindarkan diri dari permusuhan
D.  selalu mengerjakan tugas bersama-sama

EBTANAS-SMP-01-26
Menjalin   persatuan   dan   kesatuan   bangsa   dalam kehidupan bermasyarakat berguna untuk menghindari
...
A.  perpecahan dalam masyarakat
B.   pendapat masyarakat yang berbeda
C.   kebhinneka tunggal ikaan bangsa
D.  perbedaan-perbedaan suku dan agama

EBTANAS-SMP-01-27
Manakah contoh perilaku cinta tanah air?
A.  Petinju profesional berjuang untuk menjadi juara.
B.   Pemain  bulu  tangkis  berjuang  mempertahankan
Thomas Cup
C.   Penonton   sepak   bola   fanatik   mendukung   tim kesayangannya.
D.  Petenis mengikuti kejuaraan internasional.

EBTANAS-SMP-01-28
Wujud tanggung jawab sosial dari setiap warga dalam masyarakat adalah ...
A.  kerja keras
B.   mengejar cita-cita
C.   rajin belajar
D.  saling membantu

EBTANAS-SMP-01-29
Salah satu ciri umum yang ada pada budaya daerah adalah ...
A.  kegotongroyongan
B.   bentuk kesenian
C.   kebiasaan berbahasa
D.  sistem politik

EBTANAS-SMP-01-3
Manfaat diadakan pembinaan dan pelestarian budaya daerah dan nasional agar ...
A.  tidak: tercemar dengan masuknya budaya asing
B.   tetap ada dan lebih baik dari budaya asing
C.   tidak kehilangan jati diri dan kepribadian bangsa
D.  tetap asli walaupun zaman terus berkembang

Pengertian kedaulatan adalah ...
A.  hak setiap negara untuk memerintah B.   kekuasaan berada di tangan rakyat C.   kewajiban negara untuk berkuasa
D.  kekuasaan tertinggi suatu negara

EBTANAS-SMP-01-32
Prinsip dasar bangsa Indonesia sebagai bangsa  yang
merdeka dan berdaulat dituangkan dalam ... A.  batang tubuh UUD 1945
B.   penjelasan UUD 1945
C.   pembukaan UUD 1945 alinea ketiga
D.  pembukaan UUD 1945 alinea keempat

EBTANAS-SMP-01-33
Membina kehidupan yang demokratis berguna untuk
mengikutsertakan ...
A.  semua komponen bangsa dalam mencapai tujuan bersama
B.   partai  politik  dalam  menentukan  arah  kebijakan pemermtah
C.   para   pengambil   kebijakan   dalam   menentukan
putusan
D.  elite  politik  dalam  menentukan  program  kerja partainya

EBTANAS-SMP-01-34
Contoh  sikap  rela  berkorban  yang  dapat  dilakukan
siswa di sekolah adalah ...
A.  memberikan  hadiah  untuk  teman  yang  berulang tahun
B.   selalu  bertanggung  jawab  atas  kesalahan  yang dilakukan orang lain
C.   mengikuti acara kerja.bakti membersihkan sekolah
D.  memberikan   hadiah   kepada   wall   kelas   pada kenaikan kelas

EBTANAS-SMP-01-35
Salah satu alasan yang dapat mendorong warga negara
untuk  rela  berkorban  demi  kepentingan  bangsa  dan negara dalam era pembangunan adalah ...
A.  mengetahui hak dan kewajiban asasi sebagai warga negara
B.   keteguhan   hati   menjadikan   Indonesia   sebagai tumpah darahnya
C.   mengetahui  dan  memahami  kebenaran  peraturan yang berlaku
D.  ketahanan diri yang tangguh dan semangat untuk
hidup lebih baik

EBTANAS-SMP-01-36
Ikhlas   berkorban   demi   kepentingan   bangsa   dapat dibina  dengan  berbagai  cara,  antara  lain  mendorong
siswa ...
A.  menjadi pengunjung perpustakaan yang baik
B.   menyukseskan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh
C.   belajar dengan sebaik-baiknya di sekolah
D.  hormat kepada guru dan orang tua

Prasyarat  utama  bagi  terciptanya  ketahanan  nasional adalah ...
A.  kemajuan
B.   kedisiplinan
C.   ketaatan
D.  kemakmuran

EBTANAS-SMP-01-38
Kedisiplinan   nasional   dapat   diwujudkan   terutama dengan ..,.
A.  meningkatkan wibawa dan harga diri
B.   mengawasi pelaksanaan pembangunan Nasional
C.   mendukung program-program pembangunan
D.  mengoreksi jalannya pemerintahan negara

EBTANAS-SMP-01-39
Salah satu contoh perilaku disiplin dalam lingkungan sekolah adalah ...
A.  selalu memperhatikan petunjuk guru
B.   memahami peraturan dan tata tertib sekolah C.   selalu mengerjakan tugas-tugas dari sekolah D.  datang dan pulang tepat pada waktunya

EBTANAS-SMP-01-40
Menurut UUD 1945 MPR bertugas ...
A.  mencabut mandat dan memberhentikan Presiden
B.   memilih  dan  mengangkat  Presiden  dan  Wakil
Presiden
C.   mengubah Undang-Undang Dasar
D.  menetapkan peraturan tata tertib majelis

EBTANAS-SMP-01-41
Dasar hukum pelaksanaan Pemilu pada tanggal 7 Juni
1999 adalah ...
A.  UU No. 1 tahun 1999
B.   UU No.2 tahun 1999
C.   UU No. 3 tahun 1999
D.  UU No. 4 tahun 1999

EBTANAS-SMP-01-42
Tujuan Pemilu di Indonesia adalah ... A.  memilih seluruh anggota DPR
B.   menentukan anggota DPR dan MPR
C.   memilih wakil rakyat untuk DPR dan DPRD D.  menentukan presiden dan wakil Presiden

EBTANAS-SMP-01-43
Pemilu di Indonesia merupakan sarana ...
A.  pemberantasan korupsi dan nepotisme
B.   pemilihan presiden yang baru
C.   penentuan wakil rakyat di MPR
D.  pelaksanaan pendidikan politik rakyat

EBTANAS-SMP-01-44
Asas umum dalam pemilihan umum mengandung arti
...
A.  dalam memberikan suara tidak dapat diwakilkan
B.   pemilih memberikan suaranya tanpa ada paksaan
C.   WNI  yang  telah  memenuhi  syarat  berhak  ikut
Pemilu
D.  hasil pilihan tidak diketahui oleh orang lain

Bekerja  keras  sangatlah  bermanfaat  bagi  kehidupan seseorang, karena dengan kerja keras kita dapat ...
A.  menjadi orang kaya
B.   memenuhi setiap keinginan
C.   memiliki semua kebutuhan hidup
D.  meningkatkan kesejahteraan hidup

EBTANAS-SMP-01-46
Pengertian hidup sederhana adalah hidup ... A.  pas-pasan tanpa ada kekurangan
B.   seadanya tanpa ada usaha
C.   miskin dan serba kekurangan
D.  wajar sesuai dengan kemampuan

EBTANAS-SMP-01-47
Contoh perilaku bergotong royong dalam kegiatan di
masyarakat adalah bekerja ...
A.  sebagai hansip yang dibayar untuk menjaga toko orang lain
B.   pada proyek padat karya dan diberi upah
C.   bersama-sama melakukan kegiatan siskamling
D.  memperbaiki atap rumah yang gentengnya bocor

EBTANAS-SMP-01-48
Contoh   perilaku   yang   mencerminkan   pola   hidup
sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah ... A.  gemar menabung di sekolah
B.   wajar dalam bertindak
C.   ke sekolah tidak berhias
D.  hemat menggunakan air dan listrik

EBTANAS-SMP-01-49
Kita hendaknya menyadari bahwa walaupun kita kaya,
sebenarnya harta kekayaan dan segala hak milik kita berfungsi sosial artinya ...
A.  sebagai  orang  yang  mampu  kita  harus  banyak membantu
B.   dalam harta kekayaan kita itu ada hak orang lain
C.   orang kuat ekonominya tidak boleh memeras orang miskin
D.  orang yang mampu dan tidak mampu hendaknya saling membantu

EBTANAS-SMP-01-50
Contoh perilaku pengendalian dalam mengembangkan
sikap tenggang rasa adalah ...
A.  melaksanakan  ibadah  bersama  dengan  pemeluk agama lain
B.   menolong orang lain agar mendapat pujian
C.   memberikan perlakuan yang adil terhadap sesama. D.  memberi perhatian terhadap lingkungan

EBTANAS-SMP-01-51
Contoh  perilaku  pengendalian  diri  dalam  mengem- bangkan sikap tidak memaksakan kehendak adalah
A.  menghargai pendapat orang lain yang dengan kita
B.   menganggap pendapatnya paling benar
C.   menghormati keputusan yang telah ditetapkan
D.  mengutamakan kebersamaan dalam kelompoknya

Dampak   positif     sikap    pengendalian    diri     dalam masyarakat adalah ...
A.  tercipta keadaan yang aman dan tentranr
B.   berkurangnya ketegangan dalam masyarakat
C.   berkurangnya keserasian dalam masyarakat
D.  masyarakat cepat menjadi maju dan berkembang

EBTANAS-SMP-01-53
Wujud  keadilan  sosial  sesuai  GBHN  tampak  dalam pernyataan ...
A.  Pelaksanaan      pembangunan     nasional       harus
berlandaskan   pada   kemampuan   seluruh   rakyat
Indonesia.
B. Pembangunan   nasional   dilaksanakan   secara bertahap dan menyeluruh meliputi segala aspek kehidupan di seluruh wilayah Indonesia.
C.   Pemanfaatan   ilmu   pengetahuan   dan   teknologi dalam pembangunan harus dapat meningkatkan kemajuan bangsa.
D.  Keberhasilan pembangunan nasional terletak pada partisipasi rakyat dan para pemimpin.

EBTANAS-SMP-01-54
Kepedulian siswa SLTP terhadap sesama teman yang nasibnya  kurang  beruntung,  dapat  dilakukan  dengan
cara ...
A.  mengumpulkan uang secara rutin
B.   membantu biaya sekolahnya
C.   mengangkat menjadi teman asuh
D.  mencarikan bea siswa untuknya

EBTANAS-SMP-01-55
Salah  satu  akibat  jika  rakyat  tidak  ikut  serta  dalam
pembangunan adalah ...
A.  pembangunan tidak ada manfaatnya bagi rakyat
B.   rakyat sendiri tidak dapat menikmati pembangunan
C.   hasil pembangunan tidak akan bertahan lama
D.  pembangunan tidak akan berjalan lancar

EBTANAS-SMP-01-56
Contoh peran serta siswa dalam pembangunan adalah
...
A.  mengerjakan tugas-tugas di rumah
B.   mempergunakan telepon umum
C.   menabung sebagian dari uang jajannya
D.  ikut membangun sarana pendidikan

EBTANAS-SMP-01-57
Salah  satu  contoh  peran  serta  siswa  SLTP  dalam mengisi kemerdekaan adalah ...
A.  menggalakkan gerakan tabungan masyarakat
B.   aktif menjadi pengurus karang-taruna
C.   aktif dalam kegiatan pengamanan kampung
D.  menjadi anggota koperasi sekolah

Sistem ekonomi yang bertentangan dengan demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila adalah ...
A.  sistem  ekonomi  yang  seluruhnya  dikuasai  oleh negara
B.   cabang-cabang  produksi  yang  penting  dikuasai
oleh negara
C.   sistem   perekonomian   yang   berdasarkan   asas kekeluaigaan
D.  kekayaan alam dipergunakan untuk kemakmuran rakyat

EBTANAS-SMP-01-59
Yang   dimaksud   dengan   cabang   produksi   penting
"dikuasai oleh negara" dalam pasal 33 ayat 2 UUD
1945 adalah wewenang negara untuk ...
A.  mengatur,      merencanakan,     mengawasi,      dan membina
B.   merencanakan, melaksanakan, memanfaatkan, dan menguasai
C.   mengatur,    melaksanakan,   memanfaatkan,  dan mengelola
D.  mengelola,      menguasai,      memanfaatkan,    dan
memiliki

EBTANAS-SMP-01-60
Contoh peran serta siswa dalam kegiatan koperasi di sekolah adalah ...
A.  menghargai   dan    menghormati    pengurus   dan
anggota koperasi
B.   ikut memelihara inventaris dan barang dagangan koperasi
C.   membeli   barang-barang   keperluan   sekolah   di koperasi
D.  selalu   memperhatikan   ketentuan   yang   ada   di koperasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar