Evaluasi Belajar
Tahap Akhir Nasional
Tahun 2001
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan
EBTANAS-SMP-01-01
Norma yang mengatur masalah ketaatan dan kepatuhan
bangsa Indonesia dalam beribadah, adalah
... A. Pancasila
B. Pasal 29 ayat 1 dan 2 UUD '45
C. Pembukaan
UUD'45
D. GBHN
EBTANAS-SMP-01-02
Contoh perilaku berbuat kebajjkan dalam kehidupan di
lingkungan sekitar adalah
...
A. meminta maaf bila
berbuat
salah
B. selalu
mawas diri dan mengoreksi diri
C. melaksanakan kegiatan karang
taruna
D. menyantuni fakir miskin dan
anak telantar
EBTANAS-SMP-01-03
Cara mensyukuri nikmat karunia Tuhan
berupa
kemerdekaan RI adalah …
A. merayakan peringatah kemerdekaan secara
semarak
B. mengisi
kemerdekaan dengan berbagai
aktivitas
setiap hari
C. menekuni berbagai
aktivitas yang dapat dilakukan
seusiamu
D.
mengisi kemerdekaan dalam bentuk kegiatan yang diridhoi-Nya
EBTANAS-SMP-01-04
Salah satu wujud sikap mensyukuri anugerah Tuhan
Yang Maha Esa adalah ...
A. memperjuangkan
hak dan kewajiban dengan baik
B. membangkitkan rasa
saling mencintai
sesama
manusia,
C. memberikan bantuan
kepada
orang yang sangat membutuhkan
D.
menumbuhkan sikap sopan dan
ramah kepada
setiap orang
EBTANAS-SMP-01-05
Hikmah utama yang terkandung dalam peringatan hari besar keagamaan bagi umatnya
adalah ...
A. mempertebal rasa percaya diri
B. memperkuat
persatuan dan
kesatuan
C. mempererat
tali persaudaraan
D. meningkatkan
keimanan dan ketakwaan
EBTANAS-SMP-01-06
Akibat yang dapat
ditimbulkan dari perpecahan
antarumat beragama dalam kehidupan bermasyarakat
adalah ...
A.
terbentuknya kelompok
yang fanatik
terhadap ajaran agamanya
B.
terjadinya disintegrasi dalam kehidupan
bermasyarakat dan berbangsa
C.
timbulnya motivasi untuk membina dan
mengernbangkan keimanan.
D.
tergeraknya
hati setiap pemeluk agama
untuk membela
agamanya
EBTANAS-SMP-01-07
Makna Bhinneka Tunggal Ika adalah ...
A. perbedaan
akan mendorong adanya persatuan
B. dengan
perbedaan akan terhindar dari perpecahan
C. di dalam perbedaan terdapat persatuan
D. berbeda-beda tetapi
satu bangsa
EBTANAS-SMP-01-08
Contoh perbuatan
tenggang
rasa
dalam kehidupan
bermasyarakat adalah ...
A. menghargai kebebasan untuk
melaksanakan ibadah
B.
melaksanakan kegiatan keagamaan meskipun
berbeda keyakinan
C. menghindari jalan tertentu yang digunakan untuk upacara agama
D. ikut mendirikan sarana peribadahan milik penganut
agama lain
EBTANAS-SMP-01-09
Ciri-ciri orang
yang bertakwa
kepada
Tuhan
Yang
Maha Esa adalah ...
A. menaati perintahNya meninggalkan laranganNya . B.
menganjurkan
orang lain untuk
rajin ibadah
C. sering menegakkan
kebenaran dan keadilan
D. pasrah kepada kehendak dan takdir Tuhan
EBTANAS-SMP-01-10
Jaminan warga negara dalam melaksanakan ibadah dan
memeluk agama sesuai dengan keyakinan dan
kepercayaannya
tercantum dalam UUD
1945 pada ...
A. pembukaan
B. batang tubuh
C. pasal
29 ayat 1
D. pasal 29 ayat
2
Contoh perilaku yang tidak menghormati orang
lain
dalam melaksanakan ibadah adalah ...
A. membiarkan
orang lain tidak beribadah
B. membiarkan orang
lain meiaksanakan
ibadah
C.
menciptakan suasana yang mengganggu
ketenangan ibadah
D.
membiarkan
tata cara orang lain berbeda dengan tata
cara ibadah kita
EBTANAS-SMP-01-12
Contoh kerjasama antarumat beragama dalam bidang
sosial kemasyarakatan adalah ...
A. menginformasikan kegiatan
keagamaan
B. bersama-sama mengentaskan kemiskinan
C. memperingati hari besar keagamaan
bersama
D. menggunakan tempat peribadahan bersama
EBTANAS-SMP-01-13
Pentingnya kerjasama antarumat beragama di
Indonesia untuk ...
A. meningkatkan kualitas keimanan seseorang
B. menciptakan satu kesatuan ajaran
agama C. menjalin silaturahmi antarumat
beragama D.
memperkokoh jiwa
persatuan dan kesatuati
EBTANAS-SMP-01-14
Salah satu
contoh sikap
mencintai
kebersihan di
lingkungan masyarakat adalah ...
A. ikut kerja bakti membersihkan parit yang
tersumbat
B. melaksanakan
tugas kebersihan
di
kelas dengan
baik
C. membiasakan
mandi serta memakai pakaian yang bersih
D. mendiamkan orang lain membuang sampah
sembarangan
EBTANAS-SMP-01-15
Salah satu
contoh
hak asasi
manusia yang
terdapat
dalam Pembukaan
UUD 1945 alinea pertama adalah
... A. hak
hidup
B. hak kebahagiaan
C. hak keadilan
D. hak kebebasan
EBTANAS-SMP-01-16
Pasal 28 dalam UUD1945 mengatur
... A. kebebasan mengeluarkan pendapat
B. kebebasan memeiuk agama
C. hak memperoleh pendidikan
D. kewajiban membayar pajak
EBTANAS-SMP-01-17
Salah satu contoh sikap menghormati orang lain dalam masyarakat adalah tidak ...
A. semena-mena terhadap sesama
B. membeda-bedakan suku seseorang
C. menyombongkan diri di masyarakat
D. memperdulikan tindakan
orang
lain
Contoh perbuatan
yang bermanfaat
bagi
diri
sendiri
adalah ...
A. olah raga
secara teratur
B. merayakan pesta besar-besaran C.
istirahatkerja sepuas-puasnya D. selalu
makan yang bergizi
EBTANAS-SMP-01-19
Kesadaran bermasyarakat dalam kehidupan sehari-hari bagi
setiap insan sosial
sangat penting sebab ...
A. setiap orang selalu dibutuhkan orang lain
B. setiap
orang saling membutuhkan orang
lain
C. dalam kehidupan
ada
yang
kuat
dan
ada yang
lemah
D.
masyarakat berkembang karena ada kesadaran jjwa
yang kuat.
EBTANAS-SMP-01-20
Perilaku warga yang belum melaksanakan kesadaran
hukum adalah ...
A. mengkritik pejabat
negara
melalui media
massa
B. memanfaatkan
lahan kosong
untuk posyandu
C. seizin
yang berwajib melakukan aksi unjuk
rasa
D.
menyelesaikan berbagai permasalahan dengan
uang.
EBTANAS-SMP-01-21
Hak dan. kewajiban warga negara di dalam hukum dan
pemerintahan diatur
dalam UUD 1945 pada ... A. pasal
27 ayat 1
B. pasal
29 ayat 1
C. pasal
30 ayat 1
D. pasal 33 ayat
1
EBTANAS-SMP-01-22
Salah
satu contoh perilaku kepedulian
terhadap
lingkungan adalah ...
A. selalu memperhatikan tetangganya
B. turut menjaga keamanan di kampungnya C.
berpartisipasi dalam kegiatan ibadahnya
D. turut
memperbaiki
pagar rumahnya
EBTANAS-SMP-01-23
Kita harus
mengutamakan kewajiban daripada
hak
karena ...
A.
jika haknya didahulukan, orang akan malas
melakukan
kewajiban
B. membiasakan
seseorang
menderita dahulu,
baru
mengharapkan hasil
C. dapat
mewujudkan ketertiban dan keserasian dalam masyarakat
D.
seseorang
akan merasa
puas menerima haknya
setelah bekerja
Makna kepedulian terhadap hak dan kewajiban selaku
warga negara adalah seseorang warga negara harus ...
A. memperhatikan dan melaksanakan hak dan kewajibannya
B.
memperhatikan dan menghayati hak dan
kewajibannya
C. menghayati dan mendalami
hak dan kewajibannya
D. mempelajari dan menghayati hak dan kewajibannya
EBTANAS-SMP-01-25
Sikap
siswa yang mencefminkan persatuan
dan
kesatuah dalam, lingkungan sekolah adalah
...
A. memusuhi
teman yang suka tawuran
B. memilih teman yang baik akhlaknya
C. menghindarkan
diri dari permusuhan
D. selalu mengerjakan tugas bersama-sama
EBTANAS-SMP-01-26
Menjalin
persatuan
dan kesatuan bangsa dalam
kehidupan bermasyarakat
berguna untuk menghindari
...
A. perpecahan dalam masyarakat
B. pendapat masyarakat
yang berbeda
C. kebhinneka tunggal ikaan bangsa
D. perbedaan-perbedaan suku
dan
agama
EBTANAS-SMP-01-27
Manakah contoh perilaku cinta tanah
air?
A. Petinju profesional berjuang untuk
menjadi juara.
B. Pemain
bulu tangkis
berjuang mempertahankan
Thomas Cup
C. Penonton sepak
bola fanatik
mendukung tim
kesayangannya.
D. Petenis mengikuti
kejuaraan internasional.
EBTANAS-SMP-01-28
Wujud tanggung jawab sosial dari setiap warga dalam
masyarakat adalah ...
A. kerja keras
B. mengejar
cita-cita
C. rajin
belajar
D. saling membantu
EBTANAS-SMP-01-29
Salah satu ciri umum yang ada pada budaya daerah adalah ...
A. kegotongroyongan
B. bentuk
kesenian
C. kebiasaan berbahasa
D. sistem politik
EBTANAS-SMP-01-3
Manfaat diadakan pembinaan dan pelestarian budaya
daerah dan nasional agar ...
A. tidak:
tercemar dengan masuknya budaya asing
B. tetap ada dan lebih baik
dari budaya asing
C. tidak kehilangan jati
diri dan kepribadian
bangsa
D. tetap asli walaupun zaman terus
berkembang
Pengertian kedaulatan adalah ...
A. hak
setiap negara untuk memerintah B. kekuasaan berada di tangan
rakyat
C. kewajiban
negara untuk berkuasa
D. kekuasaan tertinggi suatu
negara
EBTANAS-SMP-01-32
Prinsip dasar bangsa Indonesia sebagai bangsa yang
merdeka dan berdaulat dituangkan dalam ...
A. batang tubuh UUD
1945
B. penjelasan UUD
1945
C. pembukaan UUD
1945
alinea
ketiga
D. pembukaan
UUD 1945 alinea
keempat
EBTANAS-SMP-01-33
Membina kehidupan yang demokratis berguna untuk
mengikutsertakan ...
A.
semua komponen bangsa dalam mencapai
tujuan
bersama
B. partai politik dalam menentukan arah
kebijakan pemermtah
C. para
pengambil kebijakan dalam menentukan
putusan
D.
elite politik dalam menentukan program
kerja partainya
EBTANAS-SMP-01-34
Contoh sikap
rela berkorban yang dapat dilakukan
siswa di sekolah adalah ...
A.
memberikan
hadiah
untuk teman
yang berulang tahun
B. selalu bertanggung jawab atas kesalahan
yang
dilakukan orang lain
C. mengikuti acara kerja.bakti membersihkan
sekolah
D.
memberikan hadiah kepada wall
kelas
pada kenaikan kelas
EBTANAS-SMP-01-35
Salah satu alasan yang dapat mendorong warga negara
untuk rela berkorban demi
kepentingan bangsa dan
negara dalam era pembangunan adalah ...
A.
mengetahui hak dan kewajiban asasi sebagai
warga
negara
B. keteguhan hati
menjadikan Indonesia
sebagai
tumpah darahnya
C. mengetahui dan
memahami
kebenaran
peraturan
yang berlaku
D. ketahanan diri yang tangguh dan semangat untuk
hidup
lebih baik
EBTANAS-SMP-01-36
Ikhlas
berkorban
demi kepentingan bangsa dapat
dibina
dengan
berbagai
cara, antara
lain
mendorong
siswa ...
A. menjadi pengunjung perpustakaan yang baik
B. menyukseskan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh
C. belajar
dengan sebaik-baiknya di sekolah
D. hormat kepada guru dan
orang tua
Prasyarat utama
bagi
terciptanya ketahanan nasional adalah
...
A.
kemajuan
B. kedisiplinan
C. ketaatan
D. kemakmuran
EBTANAS-SMP-01-38
Kedisiplinan nasional dapat diwujudkan terutama
dengan ..,.
A.
meningkatkan
wibawa
dan harga diri
B. mengawasi pelaksanaan
pembangunan
Nasional
C. mendukung
program-program pembangunan
D. mengoreksi jalannya pemerintahan negara
EBTANAS-SMP-01-39
Salah satu contoh perilaku disiplin
dalam lingkungan sekolah adalah ...
A.
selalu memperhatikan petunjuk
guru
B. memahami peraturan dan
tata tertib sekolah C.
selalu mengerjakan
tugas-tugas dari sekolah D. datang
dan pulang tepat pada
waktunya
EBTANAS-SMP-01-40
Menurut UUD 1945 MPR bertugas ...
A. mencabut mandat
dan
memberhentikan Presiden
B. memilih
dan mengangkat
Presiden dan Wakil
Presiden
C. mengubah
Undang-Undang Dasar
D. menetapkan peraturan tata tertib majelis
EBTANAS-SMP-01-41
Dasar hukum pelaksanaan Pemilu pada tanggal 7 Juni
1999 adalah ...
A. UU No.
1 tahun 1999
B. UU No.2 tahun
1999
C. UU No. 3 tahun
1999
D. UU No.
4 tahun 1999
EBTANAS-SMP-01-42
Tujuan Pemilu di Indonesia
adalah ... A. memilih seluruh anggota
DPR
B. menentukan
anggota
DPR dan MPR
C. memilih wakil rakyat untuk DPR dan DPRD
D. menentukan presiden dan wakil Presiden
EBTANAS-SMP-01-43
Pemilu di
Indonesia merupakan sarana ...
A. pemberantasan korupsi
dan nepotisme
B. pemilihan
presiden yang baru
C. penentuan
wakil rakyat di MPR
D. pelaksanaan
pendidikan
politik
rakyat
EBTANAS-SMP-01-44
Asas umum dalam pemilihan umum mengandung arti
...
A. dalam memberikan
suara tidak dapat diwakilkan
B. pemilih memberikan suaranya
tanpa ada paksaan
C. WNI
yang
telah
memenuhi syarat
berhak ikut
Pemilu
D. hasil pilihan tidak diketahui oleh orang
lain
Bekerja
keras sangatlah
bermanfaat
bagi
kehidupan
seseorang, karena dengan kerja keras kita dapat
...
A. menjadi
orang kaya
B. memenuhi
setiap keinginan
C. memiliki semua
kebutuhan
hidup
D. meningkatkan
kesejahteraan hidup
EBTANAS-SMP-01-46
Pengertian
hidup sederhana
adalah hidup ... A. pas-pasan tanpa ada kekurangan
B. seadanya tanpa
ada usaha
C. miskin dan serba kekurangan
D. wajar sesuai dengan
kemampuan
EBTANAS-SMP-01-47
Contoh perilaku bergotong royong dalam kegiatan di
masyarakat adalah bekerja ...
A.
sebagai hansip yang dibayar untuk menjaga toko orang lain
B. pada
proyek padat karya dan diberi upah
C. bersama-sama melakukan kegiatan siskamling
D. memperbaiki
atap rumah yang
gentengnya bocor
EBTANAS-SMP-01-48
Contoh perilaku yang mencerminkan pola hidup
sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
A. gemar menabung
di sekolah
B. wajar
dalam bertindak
C. ke
sekolah tidak berhias
D. hemat menggunakan air dan listrik
EBTANAS-SMP-01-49
Kita hendaknya menyadari bahwa walaupun kita kaya,
sebenarnya harta kekayaan dan segala hak milik kita
berfungsi sosial artinya ...
A.
sebagai orang yang
mampu
kita
harus
banyak membantu
B. dalam harta
kekayaan kita
itu ada hak orang lain
C. orang kuat ekonominya tidak boleh memeras orang miskin
D.
orang yang mampu dan tidak mampu hendaknya
saling membantu
EBTANAS-SMP-01-50
Contoh perilaku pengendalian dalam mengembangkan
sikap tenggang rasa adalah ...
A.
melaksanakan ibadah
bersama
dengan
pemeluk
agama lain
B. menolong orang lain agar mendapat pujian
C. memberikan
perlakuan yang adil terhadap sesama.
D. memberi perhatian terhadap lingkungan
EBTANAS-SMP-01-51
Contoh perilaku pengendalian
diri dalam
mengem-
bangkan sikap tidak memaksakan kehendak adalah …
A. menghargai pendapat orang lain yang dengan
kita
B. menganggap
pendapatnya paling benar
C. menghormati keputusan yang
telah ditetapkan
D.
mengutamakan kebersamaan dalam kelompoknya
Dampak positif sikap pengendalian diri dalam
masyarakat adalah ...
A. tercipta keadaan yang aman dan tentranr
B. berkurangnya ketegangan
dalam masyarakat
C. berkurangnya keserasian dalam masyarakat
D. masyarakat cepat menjadi
maju dan berkembang
EBTANAS-SMP-01-53
Wujud keadilan
sosial sesuai
GBHN tampak
dalam
pernyataan ...
A.
Pelaksanaan pembangunan nasional harus
berlandaskan pada
kemampuan seluruh
rakyat
Indonesia.
B. Pembangunan nasional dilaksanakan secara bertahap dan menyeluruh meliputi
segala aspek kehidupan
di seluruh
wilayah Indonesia.
C. Pemanfaatan
ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan harus dapat meningkatkan
kemajuan bangsa.
D.
Keberhasilan pembangunan
nasional terletak pada partisipasi rakyat dan para pemimpin.
EBTANAS-SMP-01-54
Kepedulian siswa SLTP terhadap sesama teman yang
nasibnya kurang
beruntung,
dapat
dilakukan
dengan
cara ...
A. mengumpulkan uang secara
rutin
B. membantu biaya sekolahnya
C. mengangkat
menjadi teman asuh
D. mencarikan bea
siswa untuknya
EBTANAS-SMP-01-55
Salah satu
akibat
jika rakyat tidak ikut
serta
dalam
pembangunan adalah ...
A. pembangunan tidak ada manfaatnya
bagi rakyat
B. rakyat
sendiri tidak dapat menikmati pembangunan
C. hasil
pembangunan tidak akan
bertahan lama
D. pembangunan tidak akan
berjalan lancar
EBTANAS-SMP-01-56
Contoh peran serta siswa dalam pembangunan adalah
...
A. mengerjakan tugas-tugas di rumah
B. mempergunakan telepon umum
C. menabung sebagian dari uang jajannya
D. ikut membangun
sarana pendidikan
EBTANAS-SMP-01-57
Salah satu
contoh
peran serta
siswa
SLTP
dalam
mengisi kemerdekaan adalah ...
A. menggalakkan gerakan tabungan masyarakat
B. aktif
menjadi pengurus karang-taruna
C. aktif
dalam kegiatan pengamanan
kampung
D. menjadi anggota koperasi
sekolah
Sistem ekonomi yang bertentangan dengan demokrasi
ekonomi berdasarkan Pancasila adalah ...
A.
sistem
ekonomi yang
seluruhnya
dikuasai oleh negara
B. cabang-cabang
produksi
yang penting
dikuasai
oleh negara
C. sistem
perekonomian
yang berdasarkan asas
kekeluaigaan
D.
kekayaan alam dipergunakan untuk kemakmuran rakyat
EBTANAS-SMP-01-59
Yang dimaksud dengan cabang produksi penting
"dikuasai oleh negara"
dalam pasal 33 ayat 2 UUD
1945 adalah
wewenang negara untuk ...
A. mengatur, merencanakan, mengawasi, dan
membina
B. merencanakan, melaksanakan, memanfaatkan, dan menguasai
C.
mengatur, melaksanakan, memanfaatkan, dan
mengelola
D.
mengelola, menguasai, memanfaatkan, dan
memiliki
EBTANAS-SMP-01-60
Contoh peran serta siswa dalam kegiatan
koperasi di sekolah adalah
...
A. menghargai dan menghormati
pengurus dan
anggota koperasi
B. ikut memelihara inventaris dan barang dagangan
koperasi
C. membeli
barang-barang keperluan
sekolah
di koperasi
D.
selalu memperhatikan ketentuan yang ada
di koperasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar